Sukses

4 Hotel Indonesia Masuk Daftar Terbaik Dunia 2022 Versi Travel + Leisure, Ada di Bali dan Sumba

Travel + Leisure merilis daftar hotel terbaik dunia 2022 dan empat di antaranya adalah hotel ternama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kebangkitan dunia perjalanan internasional dan pariwisata dunia turut beriringan dengan meningkatnya tingkat hunian hotel. Momen ini mendorong dirilisnya daftar hotel terbaik dunia 2022 menurut pembaca Travel + Leisure.

Dikutip dari laman resmi Travel + Leisure, Senin (18/7/2022), terpilih 100 hotel sebagai pemenang dalam kategori ini. Hotel yang menyabet gelar "terbaik" ini dipilih melalui suara dan komentar para pembaca.

"Pembaca kami memperjuangkan hotel yang memberikan layanan hebat dan fasilitas yang bijaksana, yang membuat perjalanan tidak hanya lebih mudah tetapi juga lebih berkesan," demikian bunyi keterangan tersebut.

Setiap tahunnya untuk survei Penghargaan Terbaik Dunia, pihak Travel + Leisure meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia. Hal ini lebih spesifik kepada membagikan pendapat mereka mengenai hotel, resor, kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan, dan lainnya.

Hotel (termasuk safari lodges atau pondok safari) dinilai berdasarkan fasilitas, lokasi, layanan, makanan, dan nilai keseluruhannya. Properti diklasifikasikan sebagai kota atau resor berdasarkan lokasi dan fasilitasnya.

Selain itu, daftar ini kembalinya wisatawan ke Eropa tercermin dalam seberapa tinggi hotel di beberapa kota besar di Benua Eropa yang ditempatkan dalam daftar tahun ini. Dua pendatang baru ditempatkan di antara properti tersebut, yakni Hôtel Madame Rêve, di Paris, di posisi ke-9 dan Rosewood Villa Magna, di Madrid, di posisi ke-10.

Di antara 100 hotel dalam daftar terbaik dunia 2022, ada empat hotel Indonesia yang berhasil bersaing dengan lainnya. Keempat hotel tersebut berlokasi di Ubud, Bali serta Sumba.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hotel Eropa di Posisi Pertama

Lebih mengesankan lagi adalah bahwa untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, pihaknya pembaca memilih hotel Eropa sebagai nomor satu di dunia, yakni Rosewood Castiglion del Bosco, di pedesaan Tuscan yang ikonik di Italia, adalah hotel terbaik 2022. Itu bukan satu-satunya perubahan besar dalam peringkat 100 teratas tahun ini.

Tahun lalu, India jelas adalah "pemenang negara", dengan 12 hotel menempati 100 besar. Sementara India masih bernasib baik tahun ini, dengan 11 properti (jumlah yang sama dengan Italia), negara yang paling terwakili pada tahun 2022 adalah Amerika Serikat , dengan 19 properti.

Pembaca Travel + Leisure menyukai berbagai hotel dari laut hingga laut yang bersinar. Pickering House Inn yang menawan, di New Hampshire, menempati posisi tertinggi di posisi ke-4, diikuti oleh Lowell yang ikonik di New York City di posisi ke-8. Konsep glamping Under Canvas Mount Rushmore menduduki peringkat 30, sedangkan resor pulau pribadi Little Palm Island Resort & Spa, di Florida, adalah posisi ke-94.

3 dari 4 halaman

4 Hotel Indonesia

Ubud, Bali tidak hanya terkenal denga pesona alamnya yang indah, tetapi juga hotel yang tak kalah memukai. Salah satunya adalah Capella Ubud yang berhasil menyabet posisi ke-7 sebagai hotel terbaik dunia 2022 versi Travel + Leisure dengan skor 98,87.

Berlanjut dengan Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve, Bali yang berada di posisi ke-13 dengan skor 98,31. Hotel ini membentang di 24 hektare sepanjang Sungai Ayung dan dikelilingi oleh sawah. Hotel ini juga dilengkapi spa cantik, empat restoran dan bar, dan taman organik.

Kemudian, Nihi Sumba menduduki posisi ke-37 dengan skor 97,33. Hotel bintang lima ini dilengkapi dengan 28 vila pedesaan yang terletak di pantai pribadi di tepi hutan. Hotel difasilitasi dengan canopy beds, bak mandi luar ruangan, dan kolam renang kecil (salah satunya memiliki air terjun), yang semuanya berkontribusi pada suasana yang sangat romantis.

Hotel keempat adalah Alila Villas Uluwatu yang berada di peringkat ke-49 dengan skor 96,88. Hotel bergaya modern ini terletak di di Bukit Peninsula Bali.

Resor tepi tebing ini memiliki 65 vila yang oleh seorang pembaca disebut "villa terbaik di dunia" berkat desain yang cermat dan pemandangan laut yang memukau. Kolam renang setinggi 182 kaki adalah sorotan properti lain yang siap memanjakan tamu.

4 dari 4 halaman

Capella Ubud

Ini bukan kali pertama Capella Ubud dinobatkan dengan gelar terbaik di dunia. Sebelumnya pada Januari 2019, CNN Travel melansir dua hotel di Bali masuk dalam jajaran 10 besar hotel mewah terbaik di dunia pada 2018 berdasarkan penilaian Luxury Travel Intelligence (LTI), salah satunya Capella Ubud.

Capella terinsipirasi tempat tinggal penjelajah Eropa pada 1800-an. Arsiteknya, Bill Bensley, merancang hotel mewah itu sebagai penghormatan kepada mereka yang berjiwa petualang. Dikutip dari laman capellahotels.com, konstruksi bangunan hotel yang menduduki peringkat 8 dunia ini dibangun di sela-sela pepohonan dan terkesan tersembunyi. Dikelilingi alam, Anda bisa memilih kamar yang menawarkan pemandangan sungai, hutan, Bukit Keliki, atau sawah.

Berlanjut pada 2020, Capella Ubud masuk dalam daftar 10 hotel terbaik dunia 2020 versi Travel + Leisure. Berlanjut ke 2021, Capella Ubud Bali masuk daftar akomodasi bergengsi.

Kali ini, resor mewah ini mengamankan posisi dalam daftar resor terbaik di dunia Penghargaan Pilihan Pembaca 2021 Conde Nast Traveler. Dikutip dari laman majalah perjalanan itu, Rabu, 6 Oktober 2021, penginapan ini jadi perwakilan Indonesia di wilayah Asia dalam indeks tersebut. Di daftar yang sama, ada juga Anantara Chiang Mai Resort, Thailand.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.