Sukses

3 Mahasiswa FE Unissula Meraih Paper Terbaik di Panggung Internasional

Selain konferensi Internasional, para Mahasiswa dan Dosen juga mengunjungi UKM untuk dijadikan subjek Kuliah Kerja Nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultang Agung (UNISSULA), Semarang, Jawa Tengah dalam mencetak generasi Sumber Daya Manusia  seperti mahasiswa yang mencetak generasi khairu ummah, kompetitif, berprestasi, dan berakhlak mulia kembali ditunjukkan.

Salah satunya dengan berpartisipasinya Dosen dan Mahasiswa FE Unissula pada konferensi internasional yang digelar oleh Universitas Kasesart, Bangkok, Thailand.  Acara tersebut bertajuk The 3rd National and International Conference 2022 - ‘Proactive Management of Cooperative and Social Enterprises Reacting to the Challenges of New Social Dynamics’.

Program Internasional FE Unissula ini terdiri dari rangkaian kegiatan yang cukup padat. Selain konferensi Internasional, para Mahasiswa dan Dosen juga mengunjungi UKM untuk dijadikan subjek Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta ragam layanan komunitas.

Pengalaman komprehensif ini tentu saja akan menjadi nilai tambah bagi para Mahasiswa setelah merasakan secara langsung berpartisipasi pada international conference, international community service, international company visit, international student discuss, international lecturer discuss.

Profesor Dr. Olivia Fachrunnisa, Dekan FE Unissula mengatakan kegiatan International Mobility Program ini merupakan salah satu keunggulan dari FE Unissula. “Sebelumnya kami juga telah melakukan kunjungan dan aktivitas Pendidikan di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia pada Juni lalu, dan bulan Juli ini di Universitas Kasesart, Bangkok, Thailand.

Partisipasi kami untuk berkolaborasi secara internasional antar lintas negara adalah bagian dari visi kami untuk memberikan pengalaman dan meningkatkan kualitas Mahasiswa dan Dosen FE Unissula, Dan mengenal berbagai culture serta academic atmosphere di perguruan tinggi partner yang memiliki budaya yang berbeda,” ucap Prof Olivia Fachrunnisa.

Kegiatan yang berlangsung pada 18 hingga 22 Juli lalu ini telah melibatkan 21 Mahasiswa yang terdiri dari 4 prodi yakni D3- Akutansi, S1 Akuntansi, S1 Manajemen, dan Mahasiswa Magister Manajemen. Para Mahasiswa ini didampingi oleh 5 Dosen FE Unissula yakni dipimpin oleh dekan Fakultas Ekonomi yakni Profesor. Olivia Fachrunnisa, dan seluruh pimpinan serta dosen di Fakultas Ekonomi Unissula.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paper Penelitian

Pada agenda Konferensi utama paparan dari tema ‘Proactive Management of Cooperative and Social Enterprises Reacting to the Challenges of New Social Dynamics’ dibawakan oleh narasumber Dr. Junichi Naito, President and CEO of the Shikumi Banks Association of Japan (SBAJ), salah satu institusi keuangan terbesar di Asia, lalu Prof. Masahiro Yamao, Pakar Sosial Ekonomi Pertanian dan Pengembangan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Ilmu Biosfer, Universitas Hiroshima.

Tiga Mahasiswa dari FE Unissula menyabet Paper Penelitian terbaik yakni Ernawati Setyo Nugraheni dengan Paper yang berjudul “Ethical Authentic Leadeship: A New Concept of Leader Style to Reduce Fraud in Education Sector”, lalu Alisia Suci Azizah dengan paper yang berjudul “Digital Business Transformation and Soft Selling Marketing Strategy to Increase MSME Product Sales: a conceptual paper”.

Kemudian Erna May Wulandari dengan paper yang berjudul “Diversification Strategy Towards Sustainable Entrepreneurial Orientation Performance Islamic”. Sedangkan untuk program Kuliah Kerja Nyata / KKN di Thailand, Mahasiswa dari FE UNISSULA Belajar tentang pengelolaan perusahaan yang dikelola KU, dari hulu ke hilir, peternakan sampai toko penyedia hasil ternak di Universitas Kasesart.

Setelah itu ke desa Rong Tan dimana desa ini memiliki UMKM produk varian macam di antaranya roti, pernak pernik, kue, dan kerajinan tangan dan terakhir Bangkok Soap Opera yakni sebuah perusahaan pembuatan sabun dari minyak.

“Harapan kami para Mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan masukan dalam melakukan eksplorasi kegiatan usaha UMKM di luar Indonesia,” terang Prof. Olivia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.