Sukses

Warung di Pantai Canggu Bali Digusur dan Diduga Bakal Dibangun Hotel, Turis Asing Ikut Prihatin

Warung- warung di kawasan pantai di Canggu Bali tersebut merupakan pendapatan utama bagi warga sekitar.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya dikenal dengan keindahan alam terutama pantainya, kehidupan warga lokal di Bali juga banyak disukai para wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing.

Salah satunya adalah warung lokal yang berjejeran di sepanjang pantai di Canggu, Bali. Di sana, para wisman banyak yang berinteraksi dengan warga lokal, terutama mereka yang berada di berbagai warung pantai.

Warung-warung tersebut banyak diminati wisatawan baik domestik maupun mancangera karena banyak tersedia warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang normal dan terjangkau.

Warung- warung tersebut merupakan pendapatan utama bagi warga sekitar yang memang mencari nafkah dari potensi wisata di kawasan pantai Canggu. Namun kini para pemilik warung lokal sekitar pantai itu sedang waswas karena lapaknya berjualan terancam dibongkar pemerintah setempat.

Keprhatinan diungkap berbagai pihak, termasuk dua wisman dan traveler dari Amerika Serikat (AS), Rob dan Cheyne. Mereka membagikan video seputar warung pantai di Canggu lewat akun Youtube mereka, The Lost Boys pada 16 Juli 2022.

"Warung pantai di Canggu sedang lama proses penggusuran yang sudah dimulai di Batu Belig dan Pantai Echo, sedangkan di kawasan Batu Bolong dijadwalkan akan dihancurkan pada awal September 2022," tulis mereka dalam keterangan videonya dalam bahasa Inggris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyelamatkan Warung Pantai

"Kami berasumsi penggurusan ini dilakukan untuk membangun lebih banyak klub pantai dan hotel. Padahal, menurut kami warung-warung pantai tersebut sangat penting artinya bagi warga lokal maupun turis asing. Silakan bagikan video ini dan kami kami berharap bisa menyelamatkan warung-warung pantai agar tidak dihancurkan," lanjutnya.

Rob dan Cheyne mengaku jatuh cinta dengan Bali sejak awal masa pandemi. Mereka memutuskan untuk tetap berwisata di Bali dan juga menjelajahi daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Tak hanya penduduk setempat, sejumlah warga dari daerah lain seperti Sumatra, Bogor dan Sumba juga banyak yang tinggal atau membuka usaha di sana. Ada juga yang mengajar selancar atau menjadi pemusik. Salah satunya adalah Agus dari Bogor, Jawa Barat.

Agus berteman baik dengan Rob dan Cheyne sejak dua tahun belakangan ini. Selain suka memasak, pria yang sudah tinggal di Bali sejak 2012 ini menjadi pengajar selancar dan bermain musik. Agus mahir bermain gitar sekaligus menyanyi.

3 dari 4 halaman

Wisman dan Warga Membaur

"Kami sangat senang di sini, warga lokal dan para turis berbaur dan bahkan sering makan bersama dalam satu meja. Kami sendiri suka bermain catur, minum air kelapa, makan makanan lokal dan kini suka makan pakai tangan," ucap Rob.

Sementara Agus juga menyatakan keprihatinannya kalau warung pantai di kawasan Canggu harus digusur karena selama ini banyak mendatangkan pendapatan bagi warga setempat.

Selain Rob dan Cheyne, banyak wisman yang betah dan kerasan berada di sana karena suasananya yang akrab, bisa membaur dengan warga setempat dan tentunya harga makanan maupun kebutuhan lainnya yang terjangkau.

Situasi seperti itu dianggap akan sulit atau mungkin tak akan dijumpai lagi kalau semua warung digusur dan diganti dan hunian yang lebih mewah seperti klub pantai dan hotel. 

4 dari 4 halaman

Destinasi Favorit

Canggu termasuk salah satu destinasi wisata favorit di Bali. Berbeda dengan destinasi wisata di Bali pada umumnya, desa yang berlokasi di Kabupaten Badung ini hadir dengan suasana kekinian.

Hampir setiap sudut-sudut lokasinya begitu menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Meski begitu, Canggu digemari karena suasananya yang lebih tenang dibandingkan lokasi populer di dekatnya, seperti Seminyak.

Melansir laman merdeka.com, hampir sebagian besar wisatawan yang datang ke Canggu memang sengaja ingin menikmati ketenangan. Selain menawarkan keindahan pantai, Canggu juga menjadi surga kuliner dengan beragam cita rasa.

Moda transportasi yang memadai, kian membuat Canggu semakin digemari sebagai destinasi favorit. Hal inilah yang bikin Canggu juga kerap dijuluki sebagai ‘Seminyak Baru’.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.