Sukses

Ubud Terpilih Jadi Kota Terbaik ke-3 di Dunia Tahun 2022 Versi Travel + Leisure

Daftar kota terbaik di dunia tahun 2022 dari Travel + Leisure ini memastikan Ubud, Bali tetap masuk dalam posisi lima besar.

Liputan6.com, Jakarta - Daftar tahunan World's Best Awards 2022, termasuk dalam kategori kota, dari Travel + Leisure telah secara resmi dirilis. Mengutip situs webnya, Sabtu, 16 Juli 2022, Indonesia diwakili Ubud, Bali yang bertengger di posisi ke-3 dalam kategori Kota Terbaik di Dunia Tahun 2022.

Wilayah di bagian tengah Pulau Dewata itu mencatat skor 91,73, hanya kalah dari San Miguel de Allende di Meksiko yang menempati peringkat ke-2, disusul juara tahun ini: Oaxaca, juga di Meksiko. Masing-masing kota itu mencatat skor 91,77 dan 92,96.

[bacajuga:Baca Juga](5015763 5012693 5005150)

Dalam mendeklarasikan kota-kota terbaik di dunia, pembaca Travel + Leisure mempertimbangkan hotel, restoran berperingkat Michelin, kekayaan warisan budaya, atraksi utama dan, dalam beberapa tahun terakhir, protokol COVID-19. Suara dihitung, nomor diurutkan, dan akhirnya sampai pada skor untuk setiap kota.

Setiap tahun untuk survei World's Best Awards, Travel + Leisure telah meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia. Mereka diminta berbagi pendapat tentang kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan, dan banyak lagi.

Pembaca menilai kota berdasarkan pemandangan dan landmark, budaya, makanan, keramahan, wisata belanja, serta nilai keseluruhannya. Membandingkan daftar kota terbaik di dunia 2022 dengan peringkat tahun lalu menghasilkan beberapa pengamatan yang menarik, publikasi itu mencatat.

Florence kembali ke lima kota teratas tahun ini, naik dari nomor enam ke posisi empat, sementara Udaipur, India turun ke peringkat ke-10 dari nomor dua. Kota pemenang tahun lalu, San Miguel de Allende, bertengger di posisi ke-2 tahun ini. Satu responden mengatakan, "Cuacanya sempurna, adegan musiknya luar biasa, dan makanannya luar biasa."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rekomendasi Lainnya

Kyoto, Jepang, juga turun dari daftar, dari peringkat lima ke-14. Istanbul, yang kini bertengger di posisi ke-5 dan Ubud Indonesia tetap berada di lima besar. Pembaca Travel + Leisure juga menunjukkan apresiasi baru untuk beberapa kota yang tidak hadir tahun lalu.

Ini termasuk Mérida, Meksiko yang berada di peringkat ke-12. Ini disebut sebagai sebuah hub yang dipuji sebagai "salah satu kota terbaik untuk dikunjungi penikmat musik, tarian, dan masakan." Di antara kota-kota Spanyol yang kembali tahun ini adalah Seville, yang menempati peringkat ke-11.

Seorang pemilih WBA menyebut ibu kota Andalusia itu "kota besar untuk tersesat," sementara yang lain menggambarkannya sebagai "memesona."

Tapi, comeback sejati dari daftar ini dicatat Oaxaca, yang melonjak dari posisi delapan tahun lalu untuk mencapai peringkat teratas tahun ini. Ini adalah tujuan gastronomi impian. Budaya Zapotec yang dominan memengaruhi masakan lokal, yang ditampilkan sepenuhnya di Kota Oaxaca. 

3 dari 5 halaman

Daftar Lengkapnya

Satu responden survei secara khusus memuji Oaxaca, Meksiko sebagai lokasi "makanan lokal yang luar biasa." Banyak pembaca juga memuji arsitektur abad ke-17 kota ini, pemandangan koktail yang memikat, dan pasar kerajinan nan semarak, serta keramahan penduduknya.

"Orang-orang berusaha keras untuk membuat Anda merasa istimewa," kata seorang pemilih. "Museum, jalan, kafe, dan restoran yang indah" di kota itu, menurut responden lain, juga jadi faktor kemenangan. Secara lengkap, berikut daftar kota terbaik di dunia tahun 2022:

1. Oaxaca, Meksiko. (Skor: 92,96)

2. San Miguel de Allende, Meksiko. (Skor: 91,77)

3. Ubud, Indonesia. (Skor: 91,73)

4. Florence, Italia. (Penerima Penghargaan Hall of Fame WBA. Skor: 91,06)

5. Istanbul, Turki. (Skor: 90,97)

6. Kota Meksiko, Meksiko. (Skor: 90,9)

7. Chiang Mai, Thailand. (Skor: 90,7)

8. Jaipur, India. (Skor: 90,67)

9. Osaka, Jepang. (Skor: 90,35)

10. Udaipur, India. (Skor: 90,22)

11. Sevilla, Spanyol. (Skor: 90,12)

12. Mérida, Meksiko. (Skor: 90)

12. Tokyo, Jepang. (Skor: 90)

14. Kyoto, Jepang. (Skor: 89,77)

15. Siem Reap, Kamboja. (Skor: 89,66)

16. Seoul, Korea Selatan. (Skor: 89,31)

17. Bodrum, Turki. (Skor: 89,31)

18. Roma, Italia. (Penerima Penghargaan Hall of Fame WBA. Skor: 89,29)

19. Muskat, Oman. (Skor: 89,21)

20. Hoi An, Vietnam. (Skor: 88,92)

21. Cuzco, Peru. (Skor: 88,79)

22. Cape Town, Afrika Selatan. (Skor: 88,76)

23. Charleston, Carolina Selatan. (Penerima Penghargaan Hall of Fame WBA. Skor: 88,7)

24. Bangkok, Thailand. (Skor: 88,62)

25. Ljubljana, Slovenia. (Skor: 88,49)

4 dari 5 halaman

Tempat Terindah di Dunia Tahun 2022

Sebelum ini, Bali telah membuktikan diri sebagai salah satu destinasi primadona di Indonesia. Pulau Dewata tercatat masuk dalam daftar tempat terindah di 2022 versi publikasi bergengsi, TIME.

Melansir situs webnya, daftar ini disusun berdasarkan rekomendasi jaringan koresponden dan kontributor internasional mereka. Kunjungan ke tempat-tempat tersebut dijanjikan "menawarkan pengalaman baru dan menarik."

Sebanyak 50 destinasi yang masuk dalam daftar mencakup, baik tempat-tempat hits maupun kurang dijelajah. Tempat-tempat ini, kendati dalam kategori berbeda, menyatu karena mereka "berkembang, tumbuh, dan berubah," kata TIME, mengutip CNN.

Destinasi-destinasi tersebut juga "memetakan jalan menuju pemulihan ekonomi" dan "berinvestasi dalam keberlanjutan," pihaknya melanjutkan. TIME mendeskripsikan Bali sebagai "resortapalooza."

Destinasi itu menarik perhatian dengan banyak pembukaan di masa pandemi COVID-19, termasuk jenis resor mewah dan pengalaman wellness yang menjadikannya pelarian ideal bagi mereka yang ingin terhubung kembali dengan alam dan diri mereka sendiri.

Raffles Bali yang telah lama ditunggu-tunggu dibuka akhir tahun lalu di Teluk Jimbaran, di mana para tamu menikmati "pelayan wellness," mulai dari menggambar bak mandi dengan kelopak mawar hingga menyediakan lidah buaya untuk kulit yang terkena sinar matahari. Pemandangan matahari terbenam di teras luar ruangan yang spektakuler di Writers Bar, Bali Sling, juga disebut jangan terlewat.

5 dari 5 halaman

Destinasi Lain di Asia-Pasifik

Kemudian, dengan sekitar 40 menit berkendara ke utara Ubud, Buahan, sebuah Banyan Tree Escape, yang menawarkan vila-vila terbuka untuk pengalaman hutan off-the-grid juga menarik perhatian. Untuk tipe yang berseni, menginap di Desa Potato Head yang berfokus pada keberlanjutan di Seminyak adalah suatu keharusan.

Andaz Sanur Bali, dirancang untuk meniru vila tradisional Bali, menawarkan tiga kolam renang dan pantai yang indah di sebelah tenggara pulau. Penggemar kebugaran akan menemukan kebahagiaan mereka di Angsana Saranam Wellbeing Resort baru yang terletak di dataran tinggi di tengah pegunungan Bedugul. Tidak ketinggalan, Anantara Ubud Bali Resort yang baru akan memiliki 15 tempat tinggal untuk dijual, jika Anda ingin membuat masa tinggal Anda di Bali sedikit lebih permanen.

Bali berbagi tempat dengan destinasi lain di kategori Asia-Pasifik. Kerala dan Ahmedabad di India termasuk di antara rekomendasi Asia, seperti halnya Pulau Setouchi dan Kyushu di Jepang. Ibu kota Korea Selatan, Seoul, masuk dalam jajaran rekomedasi teratas bersama Bali di Indonesia dan Pulau Boracay di Filipina.

Great Barrier Reef Australia dan kota pelabuhan Fremantle sama-sama mendapat perhatian, seperti halnya Queenstown Selandia Baru, pusat olahraga petualangan di South Island. Terakhir, jalur Trans-Bhutan Bhutan dan jalur sutra Uzbekistan yang bersejarah adalah beberapa tempat yang jarang dilalui dalam pilihan tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.