Sukses

6 Tampilan Adinda Cresheilla Jadi Wakil Indonesia di Miss Supranational 2022

Adinda Cresheilla berhasil kampiun sebagai 3th runner-up Miss Supranational 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Indonesia di Miss Supranational 2022, Adinda Cresheilla, berhasil kampiun sebagai runner-up 3. Prestasi membanggakan itu diumumkan di malam final yang berlangsung di kota Nowy Sacz, Malopolska, Polandia, Jumat, 15 Juli 2022, waktu setempat.

Di balik keberhasilannya, perempuan yang akrab disapa Dinda ini jadi wakil Indonesia dengan persiapan cukup mendadak, kurang dari sebulan. Ia terbang dari Indonesia menuju Malopolska pada 25 Juni 2022 dan harus menjalani karantina dalam kompetisi tersebut selama tiga pekan.

Ia bergabung dengan 85 kontestan dari berbagai negara di dunia. Dalam rangkaian agenda kontes kecantikan bergengsi tersebut  Puteri Indonesia Lingkungan 2022 telah memperlihatkan sederet penampilan memukau. Berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum Sabtu (16/7/2022).

1. Gaun malam “Wastra Samoedra" di puncak malam final

Dilihat dari unggahan @officialputeriindonesia, di sesi gaun malam di puncak penyelenggaraan Miss Supranational 2022, Dinda mengenakan busana bertajuk "Wastra Samoedra" karya Maison Baaz Couture.

Keterangan unggahan busana tersebut berupa, "Setelah 'Le Krakatau' (gaun Dinda sebelumnya) meletus, inilah ombak yang begitu dahsyat dan luar biasa dari lautan Indonesia."

"Sebuah mahakarya yang diciptakan untuk Adinda Cresheilla yang terinspirasi dari laut biru misterius Indonesia dengan kekuatan ombak yang maha dahsyat, namun memberi kemakmuran bagi setiap orang sejak dahulu kala, dan menyatukan Indonesia dari Sabang sampai Marauke dengan keagungannya," mereka menyambung.

Pihaknya mengungkap, "Kami membayangkan Adinda Cresheilla seperti seorang dewi yang muncul dari lautan, menggambarkan ombak di tubuhnya dalam pola abstrak dan terpecah-pecah pada selembar kain tulle kosong. Dilengkapi detail yang seolah membuatnya bergerak, sehingga memberi keagungan ketika dikenakan Adinda Cresheilla saat berjalan di panggung Miss Supranational (2022)."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gaun Cocktail “The Spirit of Kabasaran”

Adinda Cresheilla mengenakan gaun berbeda di salah satu sesi catwalk di ajang Miss Supranational 2022. Ia terlihat anggun dengan gaun berumbai merah bertajuk "The Spirit of Kabasaran."

Yayasan Puteri Indonesia menjelaskan bahwa gaun cocktail ini terinspirasi dari tari kabasaran. Tari tersebut merupakan salah satu jenis tarian perang masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara. Tari kabasaran, atau yang juga disebut kawasaran, menggambarkan sosok yang kuat, disegani, ditakuti, dan sakti.

Seiring dengan tidak adanya perang seperti di masa lalu, tarian ini tidak lagi digunakan sebagai tarian perang. Tarian ini kemudian berkembang jadi tarian yang dipertunjukan dalam upacara adat, penyambutan, dan acara budaya lain.

Saat ini, tari kabasaran lebih banyak ditampilkan sebagai tarian untuk menghormati keberanian leluhur yang gugur di medan perang dalam mempertahankan Tanah Air. Pakaian penari kabasaran sendiri didominasi warna merah sebagai simbol semangat, keberanian, dan ketangguhan.

Tema "Kabasaran" dipilih karena mewakili semangat dan keberanian Dinda untuk berjuang mengharumkan nama Indonesia. Itu merupakan buah karya desainer Phanji Purboasmoro.

 

3 dari 5 halaman

3. Kostum Nasional

Adinda Cresheilla juga telah membawakan Kostum Nasional sebelum puncak acara malam final. Ia mengenakan Kostum Nasional bertajuk "Puspa Kusuma Negara - The Exquisite of Indonesian Flower" yang didominasi detail bunga rancangan Narania.

Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan alam, khususnya flora di Indonesia, menurut keterangan Yayasan Puteri Indonesia. "Terletak di ekuator zamrud menjadikan Indonesia sebagai paru-paru dunia yang memiliki keanekaragaman hayati dan flora yang indah, beragam, dan unik," demikian bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Helaian bunga, akar, dan pohon dalam kostum ini disebut menggambarkan jenis bunga yang jadi karakter dan identitas bangsa. Beberapa bunga tersebut meliputi bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai bunga bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai bunga pesona dan bunga padma raksasa (Rafflessia arnoldi) sebagai bunga langka.

Kostum Nasional ini hadir dengan dominasi warna merah muda yang melambangkan keanggunan dan keindahan flora Indonesia. Nuansa tersebut bersinergi dengan keramahan, keanggunan, dan beragam kecantikan perempuan Indonesia yang tercermin dalam sosok Adinda Cresheilla.

"Kami berharap Puspa Kusuma Negara jadi daya tarik internasional untuk datang ke Indonesia dan mendorong mereka melestarikan flora. Selain wangi bunganya, semoga bisa membanggakan Indonesia di mata dunia," lanjut keterangan itu.

 

4 dari 5 halaman

4. Gaun Krakatau

Di Preliminary Competition ajang Miss Supranational 2022, Selasa malam, 12 Juli 2022, waktu Nowy Sącz, Malopolska, Polandia, Adinda Cresheilla tampak berbalut gaun Krakatau bertajuk "Le Krakatoa." Saat dipanggil, Dinda melangkah penuh keanggunan berlenggak-lenggok di panggung dengan gaun berdominasi warna merah tersebut.

Gaun malam persembahan Maison Baaz Couture itu pun memiliki makna khusus. "Terinspirasi dari letusan Gunung Krakatau yang pernah mengguncang seluruh dunia dengan kekuatan yang maha dahsyat, dan kami berharap Dinda akan mengguncang dunia saat mengenakan dan berjalan di (ajang) Miss Supranational dengan gaun ini," demikian keterangan dalam unggahan di Instagram resmi Yayasan Puteri Indonesia.

YPI melanjutkan, pihaknya mencoba menuangkan kekuatan tersebut ke dalam sebuah karya berupa gaun yang pihaknya "lukis." Gaun tersebut dijelaskan hadir dengan detail merah pada selembar kain tulle yang seolah menyatu dengan kulit Dinda. "Yang menggambarkan lahar yang dimuntahkan Gunung Krakatau dengan keindahannya yang megah," tambah keterangan unggahan itu.

 

5 dari 5 halaman

5. Berbikini di The Preliminary Swimsuit

Tidak ketinggalan, Adinda Cresheilla juga tampil di sesi baju renang pada Preliminary Competition. Ia mengenakan baju renang warna merah muda dari Je suis FLIRT di panggung acara. Penampilannya ditata stylist Reva Marchellin dan terlihat mengenakan cape dari Naraya.

Setelah menyelesaikan sesi baju renang, Dinda membagikan antusiasme di akun Instagram pribadinya. "Baru saja menyelesaikan sesi baju renang saya untuk preliminary @misssupranational 2022)," begitu bunyi keterangan dalam unggahan pada Rabu, 13 Juli 2022.

Dinda melanjutkan, "Bagi saya, pentingnya berjalan dengan pakaian renang adalah tentang bersyukur atas apa yang kita miliki, menjadi percaya diri, dan menggetarkannya melalui senyuman kita. Saya diberkati dengan semua yang saya miliki. Semoga Anda menikmati pertunjukannya!"

6.Kebaya Modern di Miss Elegance Competition

Dilihat dari potretnya, kali ini Dinda mengenakan kebaya modern berwarna ungu legam dan golden brown yang memukau. Kebaya itu hasil karya Intan Avantie. Dalam keterangan unggahannya, Dinda menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Kebaya adalah pakaian tradisional dari Indonesia dan dikenakan wanita di Indonesia. Merupakan suatu kehormatan untuk memakai ini di acara spesial kami."

Selendang batik panjang bermotif Candi Borobudur dan karakter Srikandi yang dijahit di pundak menambah pesonanya. Kebaya itu berpadu dengan rok batik berbelahan panjang di samping kanan. Berkat penampilannya, Dinda berhasil menempati Top 15 Miss Elegance. (Natalia Adinda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.