Sukses

Adinda Cresheilla Menang Runner-up 3 Miss Supranational 2022, Hasil Persiapan Kurang dari Sebulan

Adinda Cresheilla mengungkap kebanggaannya bisa menang runner-up 3 Miss Supranational 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Indonesia, Adinda Cresheilla, menorehkan prestasi gemilang di ajang Miss Supranational 2022. Pada malam final kontes kecantikan tersebut, Jumat, 15 Juli 2022, waktu Nowy Sącz, Malopolska, Polandia, Dinda dinobatkan sebagai runner-up 3.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram Yayasan Puteri Indonesia, Dinda pun mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan padanya. "Sekarang saya telah berhasil membawa Indonesia pada peringkat ke-4 di Miss Supranational 2022," tuturnya.

Ia melanjutkan, "Saya bangga membawa bangsa Indonesia maju ke depan dan bersama kita tunjukan semangat Indonesia melalui keharmonisan dan peace in humanity. Thank you so much. I love you."

Sementara, gelar Miss Supranational 2022 diberikan pada finalis asal Afrika Selatan, Lalela Mswane. Disusul wakil Thailand, Praewwanich Ruangthong; finalis asal Vietnam, Nguyen Huynh Kim Duyen; dan Ismelys Velasquez dari Venezuela yang masing-masing menepati posisi 1st runner-up, 2nd runner-up, dan 4th runner up.

Di penyisihan lima besar, Dinda menjawab pertanyaan, "Mana yang lebih penting, kekhawatiran terhadap anak muda atau orang lanjut usia?" Ia pun menjawab dengan berkata, "Terima kasih atas pertanyaannya. Saya percaya anak muda adalah pemimpin-pemimpin dunia di masa mendatang."

"Jadi, dari para pemimpin muda, kita bisa mulai mengubah dunia, dari faktor kecil yang kemudian bisa ubah ke faktor lebih besar, dan bersama-sama kita mengubah dunia. Terima kasih," Puteri Indonesia Pariwisata 2022 itu melanjutkan jawabannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaun Malam

Adinda Cresheilla meraih gelar runner-up 3 saat memakai busana dari sesi gaun malam Miss Supranational 2022. Bertajuk "Wastra Samoedra," itu merupakan potongan mode rancangan MAISON BAAZ COUTURE yang terinspirasi dari lautan Indonesia.

Dalam sebuah unggahan, Yayasan Puteri Indonesia menulis, "Setelah 'Le Krakatau' (gaun Dinda sebelumnya) meletus, inilah ombak yang begitu dahsyat dan luar biasa dari lautan Indonesia."

"Sebuah mahakarya yang diciptakan untuk Adinda Cresheilla yang terinspirasi dari laut biru misterius Indonesia dengan kekuatan ombak yang maha dahsyat, namun memberi kemakmuran bagi setiap orang sejak dahulu kala, dan menyatukan Indonesia dari Sabang sampai Marauke dengan keagungannya," mereka menyambung.

Pihaknya mengungkap, "Kami membayangkan Adinda Cresheilla seperti seorang dewi yang muncul dari lautan, menggambarkan ombak di tubuhnya dalam pola abstrak dan terpecah-pecah pada selembar kain tulle kosong. Dilengkapi detail yang seolah membuatnya bergerak, sehingga memberi keagungan ketika dikenakan Adinda Cresheilla saat berjalan di panggung @misssupranational."

3 dari 4 halaman

Persiapan Kilat

Sebelum Adinda Cresheilla berangkat ke Polandia, Anggota Dewan Penasehat Yayasan Putri Indonesia, Putri Kuswisnuwardhani, mengaku sempat khawatir. Pasalnya, Dinda merupakan wakil Indonesia yang dikirim dengan persiapan terkilat.

"Ada rasa khawatir juga karena untuk pertama kalinya wakil Indonesia (persiapannya) tidak sampai sebulan, kami berangkatkan. Kami persiapkan Dinda (untuk mengikuti Miss Supranational 2022) dengan cara kilat," Putri mengatakan di sela jumpa pers di Jakarta pada 20 Juni 2022.

Meski semua serba singkat, pembekalan Dinda dilakukan semaksimal mungkin, seperti latihan jalan di catwalk, berbicara di depan umum, serta berdandan. Sejumlah seniornya, termasuk Miss Supranational Indonesia 2020 Jihane Almira Chedid, ikut membantu. 

"Mereka (Top 3 Puteri Indonesia 2022) cukup piawai berkomunikasi (dalam bahasa Inggris) secara umum. Tapi, masih ada PR speech yang akan dibawakan di Miss Supranational. Juga, fisik dan mental dipersiapkan dalam tiga minggu ini," Putri menuturkan.

Dinda pun mengaku bersyukur didampingi tim yang solid dari Yayasan Puteri Indonesia. Selain pelatihan fisik dan mental, ia juga harus mengirimkan materi video untuk diputar di kontes kecantikan tersebut. "Harus siap. Actually, itu sebuah challenge. Tapi, aku excited, apalagi this competition once in a lifetime," ia berkata.

4 dari 4 halaman

Kostum Nasional

Sementara dalam rangkaian agenda Miss Supranational 2022, Adinda Cresheilla salah satunya harus membawakan Kostum Nasional sebelum puncak acara malam final. Ia mengenakan Kostum Nasional bertajuk "Puspa Kusuma Negara - The Exquisite of Indonesian Flower" yang didominasi detail bunga rancangan Narania.

Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan alam, khususnya flora di Indonesia, menurut keterangan Yayasan Puteri Indonesia. "Terletak di ekuator zamrud menjadikan Indonesia sebagai paru-paru dunia yang memiliki keanekaragaman hayati dan flora yang indah, beragam, dan unik," demikian bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Helaian bunga, akar, dan pohon dalam kostum ini disebut menggambarkan jenis bunga yang jadi karakter dan identitas bangsa. Beberapa bunga tersebut meliputi bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai bunga bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai bunga pesona dan bunga padma raksasa (Rafflessia arnoldi) sebagai bunga langka.

Kostum Nasional ini hadir dengan dominasi warna merah muda yang melambangkan keanggunan dan keindahan flora Indonesia. Nuansa tersebut bersinergi dengan keramahan, keanggunan, dan beragam kecantikan perempuan Indonesia yang tercermin dalam sosok Adinda Cresheilla.

"Kami berharap Puspa Kusuma Negara jadi daya tarik internasional untuk datang ke Indonesia dan mendorong mereka melestarikan flora. Selain wangi bunganya, semoga bisa membanggakan Indonesia di mata dunia," lanjut keterangan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.