Sukses

Kasus Omicron Meningkat, Selandia Baru Gratiskan Masker dan Tes Antigen

Langkah tersebut dilakukan saat Selandia Baru tersebut tengah memerangi gelombang infeksi Omicron yang semakin meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Selandia Baru akan menggratiskan akses masker medis dan tes antigen cepat, demikian diumumkan pemerintah setempat. Langkah tersebut dilakukan saat Negeri Kiwi tersebut tengah memerangi gelombang infeksi Omicron yang semakin meningkat.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (15/7/2022), serangkaian langkah-langkah baru yang diumumkan Kamis, 14 Juli 2022, termasuk memperluas akses ke obat antivirus untuk siapa pun yang berusia di atas 75 tahun, menyediakan masker medis gratis, dan menyediakan paket tes antigen cepat (RAT) gratis bahkan jika orang tidak mengalami gejala. Sebelumnya, orang harus terpapar atau bergejala agar memenuhi syarat untuk tes.

Perluasan akses ke antivirus berarti sekitar 10 persen dari populasi akan memenuhi syarat, dibandingkan dengan 2 persen sebelumnya. Rencana kebijakan masker gratis akan mencakup masker N-95 atau P2 untuk siapa saja yang dianggap rentan secara klinis, dan masker medis standar untuk orang lain.

Menteri tanggapan Covid Ayesha Verrall mengatakan ini adalah "langkah-langkah paling efektif yang kita miliki. Mereka sederhana, tetapi jika kita semua melakukannya, kita dapat mengurangi beban penyakit dan beban sistem kesehatan kita."

RAT dan masker akan tersedia dari penyedia komunitas, termasuk marae, stasiun pengujian, apotek lokal, dan lainnya. Langkah-langkah itu dilakukan ketika Selandia Baru memperhitungkan gelombang kedua infeksi Omicron yang berkembang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus

Awal pekan ini, 923 dokter di klinik dan rumah sakit GP menandatangani surat terbuka kepada pemerintah yang mengatakan negara itu "berisiko runtuhnya tenaga kerja kesehatan". Dalam survei dokter yang dilakukan oleh New Zealand Women in Medicine Trust, hampir semua responden mengatakan pasti (93,5 persen) atau mungkin (6,3 persen) krisis dalam tenaga kerja kesehatan.

Pada Kamis, Selandia Baru melaporkan 11.382 kasus, 23 kematian, dan 765 orang di rumah sakit dengan Covid-19 dan rata-rata tujuh hari yang meningkat dari ketiga metrik. Jumlah orang di rumah sakit kemungkinan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah.

Hal ini dikarenakan di tengah musim dingin yang sudah tertekan, dengan sistem kesehatan berjuang untuk mengatasi masuknya penyakit musim dingin. Direktur Jenderal Kesehatan, Dr Ashley Bloomfield, mengatakan jika lintasan saat ini terus berlanjut, pemodelan pemerintah memproyeksikannya akan mencapai puncaknya pada sekitar 1.200 rawat inap sehari.

"Anda semua akan menyadari tekanan rumah sakit kami, memang sistem kesehatan kami yang lebih luas, berada di bawah," katanya. "Jika semua orang melakukan bagian mereka, kita akan melewati musim dingin."

3 dari 4 halaman

Pembatasan

Meningkatnya jumlah rawat inap sebagian merupakan akibat dari berkurangnya kekebalan dari booster, penyebaran varian yang lebih menular, dan lebih banyak infeksi di antara kelompok yang lebih tua, yang lebih mungkin mengalami penyakit serius atau yang mengancam jiwa. Tingkat infeksi untuk mereka yang berusia 70 tahun ke atas sekarang jauh lebih tinggi daripada gelombang Omicron pertama di Selandia Baru, pada Maret.

Dengan langkah-langkah terbaru, pemerintah berharap untuk mengurangi lonjakan infeksi dan rawat inap, tanpa bertindakan lebih keras, seperti penutupan sekolah, persyaratan vaksinasi, atau pembatasan pertemuan. Sementara,  Selandia Baru secara resmi membuka kembali perbatasannya untuk perjalanan internasinal, seperti diumumkan oleh Menteri Pariwisata Stuart Nash dan Menteri Imigrasi Kris Faafoi pada Senin, 2 Mei 2022.

Dikutip dari Travel and Leisure, Selasa, 3 Mei 2022 ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh turis asing yang datang ke Selandia Baru. Mereka harus sudah divaksinasi dan tiba dengan bukti tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 48 jam setelah keberangkatan mereka atau bukti tes antigen yang diambil dalam waktu 24 jam setelah keberangkatan mereka, menurut pemerintah.

4 dari 4 halaman

Berkumpul

Turis juga akan diminta untuk tes kembali pada saat kedatangan. Nash begitu antusias dengan kembalinya para turis asing ke Selandia Baru.

"Hari ini menandai tonggak sejarah bagi pengunjung dari pasar utama belahan bumi utara kami di AS, Inggris, Jerman, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia, Kanada, dan lainnya, yang sekarang dapat naik pesawat untuk datang ke sini," kata Nash dalam sebuah pernyataan pada Senin, 2 Mei 2022.

Dengan perbatasannya yang baru dibuka, Selandia Baru menerima turis-turis dari negara-negara bebas visa, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. Menurut pemerintah di akhir tahun, Selandia Baru akan menyambut maskapai internasional Emirates, Air Canada, Malaysian Airlines, Hawaiian Airlines, LATAM Airlines, dan Air Tahiti Nui saat mereka memulai kembali rute mereka.

"Air New Zealand juga menambah rute jarak jauh dari San Francisco, Honolulu, Houston, New York, dan Chicago," kata Nash soal buka perjalanan internasional.

Dikutip dari BBC, Selasa, 3 Mei 2022, Selandia Baru telah membuka kembali perbatasannya untuk lebih banyak turis internasional setelah penguncian pandemi lebih dari dua tahun. Turis mendarat di Bandara Auckland pada Senin, banyak untuk reuni emosional dengan keluarga dan teman.

Orang-orang dari lebih dari 60 negara kini dapat memasuki negara itu jika mereka divaksinasi dan negatif Covid-19. Warga negara (citizen) dapat bepergian masuk dan keluar sejak Maret, sementara warga Australia diizinkan masuk sejak April.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.