Sukses

Busana Pengantin Via Vallen dan Chevra Yolandi, Anggun dalam Kesederhanaan

Busana pengantin Via Vallen dan Chevra Yolandi ini merupakan persembahan Svarna By IKAT Indonesia rancangan desainer Didiet Maulana.

Liputan6.com, Jakarta - Sah sudah Via Vallen dan Chevra Yolandi jadi pasangan suami istri. Keduanya menikah di Surabaya hari ini, Jumat (15/7/2022). Sambil terus tersenyum, penampilan pasangan pengantin ini kian menawan dalam busana pilihan mereka.

Itu merupakan persembahan Svarna By IKAT Indonesia rancangan desainer kenamaan, Didiet Maulana. Kepada Liputan6.com, Didiet bercerita bahwa demi bertemu dengannya, Via dan Chevra rela terbang ke Jakarta dari Surabaya.

"Awalnya mba Via hubungi aku lewat DM Instagram. Menanyakan apa kabar, kemudian kami janjian untuk bertemu di Jakarta," desainer itu mengatakan. "Mba Via bela-belain datang dari Surabaya ke Jakarta untuk meeting busana pernikahan."

Didiet melanjutkan, "Saat itu, saya langsung sketsa (desain busana pengantin). Alhamdulillah dua-duanya cocok. Jadi sketsa awal langsung dijadikan sketsa final. Setelahnya, mereka menyerahkan sepenuhnya, dari bahan, batik, dan semuanya itu ke kami."

Jadi, dalam satu jam pertemuan, mereka sudah menyepakati desain busana pengantin tersebut. "Pembuatannya lima bulan," imbuh Didiet.

Sorotan utama dalam busana ini, menurut Didiet, adalah "keanggunan dalam kesederhanaan." "Ini benar-benar memakai inspirasi busana klasik. Untuk mas Chevra itu (berupa) beskap sikepan dengan kemeja di dalamnya dan dasi kupu-kupu," tuturnya.

"Kemudian, mba Via pakai kebaya kutubaru dengan angkin berwarna merah hati," Didiet Maulana menuturkan. "Dua-duanya memakai kain batik Sidomulyo. Sido artinya jadi, Mulyo artinya mulia, penuh rezeki. Diharapkan orang yang memakainya jadi makmur."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Pernikahan

Nuansa "keanggunan dalam kesederhanaan" itu kemudian dimaknai Didiet Mulana sebagai perpanjangan tangan dari arti pernikahan. "Setelah pesta, kemudian di situ akan ada kesederhanaan dalam membangun rumah tangga," tuturnya.

"Semoga ini bisa jadi doa untuk mba Via dan mas Chevra agar dalam kesederhanaan membangun rumah tangga selalu ada keanggunan, pun sebaliknya. Karena mereka berdua ini orangnya sangat tulus, jadi saya juga membuat sesuatu yang jujur, tidak neko-neko, lugas, dan berkarakter seperti kedua mempelai," ia menyambung.

Jarak Surabaya-Jakarta disebut Didiet sempat jadi tantangan dalam menyelesaikan busana pengantin Via an Chevra. "Jadi benar-benar memanfaatkan waktu. Dua kali fitting saja (Via dan Chevra kembali datang ke Jakarta)," ucap Didiet.

Sementara itu, akad nikah mereka berlangsung lancar. Dalam satu tarikan napas, personel Papinka Band tersebut mengucapkan ijab kabul, yang kemudian disahkan dua menteri yang bertindak sebagai saksi, menurut kanal Showbiz Liputan6.com.

Ya, pernikahan wanita bernama asli Maulidia Octavia itu disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perumahan Rakyat Muhammad Basuki Hadimuljono. Keinginan Erick Tohir hadir sebagai saksi datang dari pelantun Sayang itu sendiri.

3 dari 4 halaman

Nasihat Menteri yang Jadi Saksi Pernikahan

Saat ditanya Indra Bekti dan Ramzi, Erick Thohir menjelaskan bagaimana ia bisa jadi saksi pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi, terlihat dalam siaran langsung Indosiar. "Saya ditelepon langsung oleh Via. 'Pak, mau ketemuan dengan tim ASEAN Games dong.' Saya bilang, pak Jokowi juga termasuk dong. Langsung saya hubungi pak Basuki," ungkapnya sambil tertawa.

Seperti diketahui, pedangdut 30 tahun itu memang sempat jadi artis yang manggung di acara perhelatan olahraga akbar tersebut. Basuki Hadimuljono mengaku senang bisa jadi bagian prosesi pernikahan Via dan Chevra. Apalagi, ia pernah bekerja sama dengan Via.

"Semoga kehadiran saya di sini bisa jadi kenangan juga buat Via Vallen," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Basuki juga memberi nasihat khusus pada Via dalam mengarungi rumah tangga dengan Chevra. "Sekarang sudah menikah, jadi sudah punya dua orangtua, jangan dibeda-bedakan. Kalau ada masalah dalam rumah tangga, jangan keluar rumah. Semuanya diselesaikan di dalam rumah," ia menuturkan.

4 dari 4 halaman

Tidak Kuasa Menahan Air Mata

Di prosesi akad nikah, ayah Via Vallen, Muhammad Arifin, jadi pihak menikahkan Chevra Yolandi dengan putrinya. Disebutkan Chevra memberi maskawin berupa uang sebesar 1.507 euro, emas seberat 157 gram, dan seperangkat alat salat yang dibayar tunai.

Setelah dinyatakan sah oleh para saksi, Via yang menyaksikan dari dalam ruangan tidak kuasa menahan air mata bahagia. Tidak lama kemudian, wanita kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 itu didampingi kedua budenya keluar ruangan untuk bergabung dengan suaminya.

Sebelumnya, usai menggelar pengajian pada Rabu, 13 Juli 2022, prosesi siraman telah dilakukan Via dan Chevra. Acara tersebut dilakukan di kediaman Via di Sidoarjo, Jawa Timur pada Kamis, 14 Juli 2022.

Momen siraman itu dimulai dari prosesi bleketepe, matur penganten, sungkeman, sampai menuju siraman yang dilakukan kedua orangtua Via, serta keluarga dekat. Via yang sudah siap dengan dodot dan rompi melati mengikuti semua prosesi dengan khidmat.

Dalam prosesi yang disiarkan langsung oleh Indosiar tersebut, Via terlihat hanya memulas riasan tipis. Ia pun mengenakan pakaian khusus, yaitu kain jumputan yang memang jadi ciri khas perempuan yang akan melakukan prosesi siraman. Dijelaskan host acara siraman tersebut, kain jumputan ini dibuat dalam waktu yang cukup lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.