Sukses

6 Gaya Seleb Dukung Gerakan Kebaya ke UNESCO, dari Dian Sastrowardoyo sampai Tissa Biani

Dian Sastrowardoyo mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam pengajuan kebaya ke UNESCO.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat untuk melestarikan kebaya terus digaungkan berbagai pihak, termasuk Dian Sastrowardoyo. Ia mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam pengajuan kebaya ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Dian Sastrowardoyo pada Kamis, 14 Juli 2022.  "Caranya, foto pakai kebaya lalu unggah pada website tradisikebaya.id. Gerakan ini akan dimulai pada tanggal 9 Agustus hingga 9 Desember 2022. Jangan lupa untuk ajak kerabat dan saudara kalian ya," tulisnya dalam keterangan unggahanya.

"Mari lestarikan kebaya menjadi warisan luhur Bangsa dan turut bangga menjadikannya bagian dari warisan budaya tak benda dari Indonesia untuk dunia," sambung aktris kelahiran 40 tahun lalu itu.

Dalam unggahan itu, Dian Sastrowardoyo terlihat mengenakan kebaya hitam, kain batik sogan, dan selendang warna hijau tosca. Penampilannya semakin elegan dan bernuansa modern dengan kacamata hitam dan menenteng tas kecil di lengan kirinya.

Seruan serupa juga sudah beredar beberapa pekan sebelumnya. Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) berkolaborasi dengan sejumlah Komunitas Pelestari Budaya, seperti Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI), Yayasan Budaya Nusantara Digital (YBND), Yayasan Kebudayaan Rancage, dan Seluas Tanah Merah (STM) meluncurkan situs web tradisikebaya.id.

Dikutip dari kanal Tekno Liputan6.com, peluncuran Situs tersebut merupakan sebuah dukungan terhadap gerakan Kebaya Goes to UNESCO yang diputuskan pada Kongres Berkebaya Nasional yang diselenggarakan oleh PBI pada 5 dan 6 April 2021. Selain itu, komunitas pelestari budaya juga mendorong agar pemerintah menetapkan Hari Berkebaya Nasional. Gerakan ini juga didukung oleh berbagai komunitas perempuan pecinta budaya, khususnya kebaya.

Selain didukung oleh komunitas pelestari budaya, gerakan Kebaya Goes to Unesco juga mendapatkan dukungan dari berbagai selebritas Indonesia di berbagai kesempatan. Ada yang membuat sesi foto khusus mengenakan kebaya seperti dilakukan Dian, ada juga yang memakai kebaya saat menghadiri sebuah acara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Andien Aisyah

Andien Aisyah termasuk yang merespons ajakan Dian untuk berkebaya. Unggahan teranyarnya soal kebaya adalah yang dikenakannya di Prambanan Jazz. Ia sengaja memakainya karena mengaku jatuh cinta dengan elemen Jawa yang merupakan akar keluarga.

Kebaya brokat klasik berbahan lilac dengan twist itu dirancang oleh Jonathan Andy Tan. Ia memadukannya dengan kain berwarna dasar senada dan sepatu berhak tinggi.

"Look ini merupakan terjemahan @jonathandytan sebagai respon permintaanku untuk menyeleraskan tema dan nuansa dengan para pemain musik di pertunjukan Melodi Monolog: Dan Lalu 22 Tahun Berkarya-ku," tulis Andien di akun Instagramnya.

Asmara Abigail

Beberapa kali, Asmara Abigail tampil dengan mengenakan kebaya. Bukan sekadar kebaya, tapi bisa dibilang kebaya modern atau modifikasi karena memadukan desain kekinian tapi tetap mempertahankan unsur-unsur tradisional. Aktris yang juga berkiprah di dunia fesyen ini cukup sering mengunggah sejumlah foto dirinya mengenakan kebaya.

Dalam salah satu foto, Asmara terlihat sedang menari dengan mengenakan kebaya. Ia memakai kebaya panjang berwarna putih yang dipadukan dengan korset putih.,

Ia tampil cantik memerankan sosok penari. Untuk bawahan, Asmara mengenakan rok beraksen balloon berwarna olive yang selaras dengan warna kulitnya yang eksotis.

3 dari 4 halaman

Adinda Creheilla

Adinda Cresheilla adalah wakil Indonesia di kompetisi Miss Supranational 2022 yang berlangsung di Nowy SÄ…cz, Malopolska, Polandia. Pada Sabtu (9/7/2022), ia terlihat memakai kebaya untuk kontes Miss Elegance sebagai bagian dari ajang kecantikan tersebut.

Puteri Indonesia Pariwisata 2022 itu tampil anggun dalam balutan kebaya merah marun rancangan Intan Avantie. Selendang batik panjang bermotif Candi Borobudur dan karakter Srikandi yang dijahit di pundak menambah pesonanya. Kebaya itu berpadu dengan rok batik berbelahan panjang di samping kanan.

Kontes yang diikuti 70 peserta dari berbagai negara itu dianggap kesempatan baik untuk mengenalkan kebaya kepada dunia. Berkat penampilannya, Dinda berhasil menempati Top 15 Miss Elegance.

Anya Geraldine

Sebagai seorang influencer, penampilan Anya Geraldine tentu tak lepas dari perhatian para pengikutnya. Begutu juga sewaktu dirinya mengenakan kebaya saat malam final pemilihan Puteri Indonesia 2022 pada 27 Mei lalu di Jakarta.

Anya tampil anggun dengan balutan kebaya brokat bernuansa emas dan hijau dengan rambut yang disanggul. Wanita yang juga berkiprah di dunia akting ini memakai kebaya rancangan desainer Anne Avantie. Penampilannya semakin memukau dengan rambut yang disanggul dan diberi hiasan bunga mawar merah.

4 dari 4 halaman

Maudy Ayunda

Maudy Ayunda termasuk artis yang kerap mengenakan di berbagai acara penting, termasuk penikahannya pada Mei lalu.Salah satunya penampilannya memakai kebaya adalah mengenakan kebaya kutubaru karya desainer Didiet Maulana.

Lewat akun Instagram pribadinya, Didiet mengunggah potret Maudy yang tampak bersahaja mengenakan kebaya dengan warna dasar merah muda dan bawahan kain batik bernuansa hitam tersebut.

Dalam unggahan itu, Didiet Maulana menjelaskan bahwa kebaya menurut modelnya secara garis besar dibagi menjadi dua. Pertama, Kebaya Kartini: berpotongan V, model ini sering dipakai Ibu Kartini. Kedua, Kebaya Kutubaru: kebaya dengan potongan bahan yang menghubungkan sisi kanan dan kiri badan.

"Untuk Maudy, kami terinspirasi dari kebaya kutubaru berpotongan pendek, yang zaman dahulu sering dipakai sebagai busana sehari-hari oleh perempuan Indonesia di beberapa daerah," tulis Didiet. Ia juga menjelaskan bahwa bagian bahan yang menutupi stagen disebut angkin.

Tissa Biani

Tissa Biani dalam beberapa kesempatan juga suka mengenakan kebaya. Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2022, Tissa menjadi host di salah satu stasiun televisi bersama Raffi Ahmad.

Pada acara tersebut pemain film KKN di Desa Penari ini tampak mengenakan kebaya warna putih dan rok motif batik serta kain merah yang melingkari pinggangnya. Foto itu dibagikan kekasih Dul Jaelani tersebut melalui unggahan di akun instagram pribadinya. Tak lupa pemain Tissa menuliskan perancang kebaya yang ia kenakan adalah Fadlan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.