Sukses

Via Vallen Berbalut Kain Jumputan Saat Jalani Siraman Sebelum Pernikahan

Saat prosesi siraman, Via Vallen terlihat hanya memakai riasan tipis dan berbalut kain jumputan.

Liputan6.com, Jakarta - Usai menggelar pengajian pada Rabu, 13 Juli 2022, kini giliran prosesi siraman dari rangkaian acara menjelang pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi dilangsungkan. Acara tersebut masih dilakukan di kediaman Via di Sidoarjo, Jawa Timur di hari ini, Kamis (14/7/2022).

Sah! Via Vallen dan Chevra Yolandi Resmi Menikah, selengkapnya.

Momen siraman itu dimulai dari prosesi Bleketepe, matur penganten, sungkeman, sampai menuju siraman yang dilakukan oleh kedua orangtua Via serta keluarga dekat. Via Vallen yang sudah siap dengan dodot dan rompi melati mengikuti semua prosesi dengan khidmat dan teratur.

Dalam prosesi yang disiarkan langsung oleh Indosiar tersebut, Via terlihat hanya memakai riasan tipis dan siap untuk dimandikan. Sebelum prosesi siraman, Via Vallen sungkem terlebih dahulu dengan orangtuanya.

Pemilik nama asli Maulidia Octavia ini sudah mengenakan pakaian khusus yaitu kain jumputan yang memang menjadi ciri khas perempuan Jawa yang akan siraman. Dijelaskan host acara siraman tersebut, bahwa kain jumputan ini dibuat dalam waktu yang cukup lama.

Sebelum pelantun "Sayang" ini disiramkan ke tubuhnya, kedua orangtuanya mencampurkan tujuh air dari mata air dari tempat yang berbeda-beda. Setelah itu, barulah Via siraman. Sang ayah menjadi orang pertama yang menyiramnya dari atas hingga ke bawah.

Begitu juga dengan sang ibunda, melakukan hal yang sama. Usai disiram, Via langsung mencium tangan dan kedua pipi orangtuanya. Siraman ketiga dilakukan oleh kakak ibunya, Rosmayati. Rupanya, Via Vallen memiliki kenangan indah dengan budenya ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Menggendong

Saat tinggal bersama Rosmayati, Via pernah ngambek karena tidak diberi uang jajan. Via Vallen sampai ke luar rumah dan gelar tikar depan rumah sambil membawa barang-barang mewahnya.

Siraman ketiga hingga sembilan yang dilakukan kakak ibu dan kakak ayahnya memiliki cerita masing-masing saat Via kecil. Menjelang akhir prosesi siraman, sang ayah mengucurkan air dari kendi yang dipakai Via Vallen sebagai wudu. Setelah itu kedua orangtua Via memecahkan kendi tersebut atau disebut pecah pamor. Acara ditutup dengan prosesi menggendong pengantin perempuan oleh sang ayah.

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, siraman secara harfiah berarti mengguyur. Upacara ini merupakan simbol meluluhkan segala hal negatif dari calon pengantin untuk memasuki gerbang baru dalam kondisi suci.

Setelah Via Vallen melakukan siraman, kini giliran kedua orangtuanya melakukan prosesi selanjutnya yaitu dodolan dawet atau jualan dawet.  Sang ayah terlihat memayungi ibunda Via. 

Sementara, sang ibu asyik menuangkan es dawet untuk para tamu yang membeli dengan uang terbuat dari tanah liat atau disebut kleweng. Antrean panjang terlihat dalam acara tersebut, termasuk kedua host Ramzi dan Indra Bekti. 

3 dari 4 halaman

Disiarkan Indosiar

Sambil menikmati es dawet, para tamu pun dihibur oleh Rara LIDA dengan tembang "Gejolak Asmara". Dawet pun ludes dijual, dan menghasilkan Rp3 miliar, tentunya itu hanya candaan dari host lainnya, Irfan Hakim.

Indosiar akan menyiarkan secara langsung dan eksklusif seluruh rangkaian acara pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi. Acara pengajian jelang pernikahan akan digelar pada Rabu, 13 Juli 2022 pada pukul 15.00 WIB.

Lalu di hari Kamis, 14 Juli 2022 pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan acara Siraman. Sementara di hari Jumat, 15 Juli 2022 akan digelar acara akad nikah mulai pukul 07.00 WIB.

Acara dilanjutkan dengan prosesi Temu Manten yang juga disiarkan mulai pukul 09.45 WIB. Tak hanya itu di hari yang sama mulai pukul 13.30 WIB akan ada waancara eksklusif dari Indosiar dan Vidio.

Pada Sabtu, 16 Juli 2022, Indosiar menyiarkan Midodareni yang juga menjadi rangkaian acara pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi pada pukul 10.00 WIB. Malam harinya, dilanjutkan dengan acara resepsi pernikahan yang dimulai sejak 18.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Pengajian

Terakhir, yaitu pada Minggu, 17 Juli 2022 akan disiarkan juga prosesi Mapag Penganten yaitu upacara adat Sunda. Melalui unggahan di Instagram Via Vallen memohon doa dan restu kepada warganet untuk kelancaran rangkaian acara pernikahannya itu. "Bismillah, mohon do’a restunya," tulis Via Vallen singkat.

Sebelumnya, Via menggelar acara pengajian jelang pernikahnnya dengan Chevra Yolandi Ini merupakan bagian dari rangkaian pernikahan pelantun Meraih Bintang dengan calon suami yang disiarkan secara langsung oleh Indosiar.

Acara pengajian digelar di halaman rumah Via di Sidoarjo, Rabu, 13 Juli 2022, yang telah didekorasi secara apik. Dipimpin oleh seorang ustazah, pengajian berjalan secara khidmat yang dihadiri keluarga, orang terdekat, dan juga tamu undangan yang tak kurang dari 150 orang.

Dalam acara pengajian tersebut, warna ungu dan putih sangat mendominasi. Dekorasinya juga dipenuhi dengan bunga-bunga yang membuat suasana terlihat makin indah. Setelah melaksanakan pengajian, Via Vallen sempat melantunkan beberapa tembang untuk memeriahkan acara pengajiannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.