Sukses

Selundupkan Tas Kulit Buaya via Jastip, Desainer Langganan Selebritas Hollywood Ditangkap Polisi

Tas tangan kulit buaya karya desainer Nancy Gonzales sudah dipakai oleh pesohor Hollywood, seperti Britney Spears dan Victoria Beckham.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer busana Nancy Gonzalez ditangkap di kampung halamannya di Cali, Kolombia. Desainer yang aksesorinya digunakan oleh selebritas dan karakter dalam serial TV "Sex and the City" ini menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat atas tuduhan penyelundupan tas tangan kulit buaya, kata jaksa Kolombia, Jumat, 8 Juli 2022.

Dikutip dari AP, Rabu (13/7/2022), Nancy Gonzalez menghadapi dakwaan di Distrik Selatan Florida AS dengan ancaman hukuman maksimal 25 tahun penjara dan denda 500.000 dolar AS (Rp7,4 miliar). Meskipun legal, penjualan beberapa kulit buaya legal memerlukan sertifikat yang berbiaya tinggi dan sulit diperoleh.

Penyelidik di Amerika Serikat dan Kolombia mengatakan bahwa Gonzalez menyelundupkan ratusan tas dengan membayar penumpang untuk membawanya dalam bagasi pribadi mereka dalam penerbangan ke Amerika Serikat. Desainer itu juga menginstruksikan mereka untuk menyebut bahwa barang-barang itu adalah hadiah untuk kerabat mereka jika ditanyai oleh agen bea cukai.

Tas itu lalu dijual hingga 10.000 dolar AS (Rp149 juta) di toko-toko desainer di AS dan Eropa. Pada 2019, dua penyelidik yang bekerja dengan U.S. Fish and Wildlife Service mengatakan kepada The Associated Press bahwa sebanyak 12 orang yang membawa empat tas masing-masing naik satu penerbangan ke Amerika Serikat dengan tiket pulang-pergi yang dibayar oleh Gonzalez.

Para penyelidik meminta identitas mereka untuk tetap anonim agar tidak membahayakan penyelidikan mereka. Gonzalez memulai dengan membuat ikat pinggang dan beralih ke tas tangan pada akhir 1990-an setelah bepergian ke New York, ketika dia didukung oleh seorang eksekutif toko desainer untuk membuat koleksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Desainer

Salma Hayek, Britney Spears, dan Victoria Beckham dilaporkan membeli tas tangannya yang dibuat dengan hati-hati. Tidak jelas apakah tas yang mereka beli termasuk di antara tas yang diduga dibawa secara ilegal.

Karya Gonzales juga diikutsertakan dalam pameran 2008 di Metropolitan Museum of Art di New York. Dalam sebuah wawancara pada 2019, dia mengatakan kepada Miami Herald bahwa merasakan "tanggung jawab dan komitmen yang sangat besar" untuk meningkatkan produknya, setiap kali dia melihat gambar atau video seorang selebritas menggunakan salah satu tas tangannya.

Dikutip dari laman resmi Nancy Gonzalez, Nancy Gonzalez menjadi salah satu desainer tas tangan paling terkenal di dunia. Ia dikenal karena penggunaan kulitnya yang berharga dan palet warna yang berbeda, tas tangannya otomatis menjadi barang klasik.

Gonzalez tahu secara langsung apa yang diperlukan untuk berhasil. Ibu dua anak itu membuat pilihan yang berani bagi seorang perempuan Kolombia untuk terjun ke bisnis sendiri. 

3 dari 4 halaman

Desain Tas

Menggambar dari apa yang paling dia ketahui, inspirasi dari negara asalnya, Gonzalez menciptakan tas tangan yang merayakan keindahan alam dan kekayaan budaya Kolombia. Kualitas, eksklusivitas, keaslian, dan keabadian adalah merek dagang dari kemewahan sejati. Ini, bersama dengan kombinasi mimpi dan ketelitian, adalah pilar merek Nancy Gonzalez.

Desainer kelahiran Kolombia mulai menjual di AS pada 1998, memulai debut koleksi delapan potongnya di Bergdorf Goodman. Menurut Jim Gold, CEO The Neiman Marcus Group, "Nancy Gonzalez adalah salah satu merek utama di departemen aksesori kami. Kami memiliki hubungan yang sangat sukses dengannya selama bertahun-tahun. Dia adalah seorang visioner sejati yang telah merevolusi pasar kulit berharga dengan perpaduan warna dan desain yang tidak konvensional."

Selain desain yang inovatif, keunggulan mendasar dari keahlian yang khas adalah yang membedakan koleksi Nancy Gonzalez. Ia menerapkan desain dan kualitas yang cermat untuk semua produknya. Tasnya dibuat dengan tangan di negara asalnya oleh tim perajin lokal dengan kemampuan manual yang luar biasa dari asal leluhur dan keinginan yang mendalam untuk mencapai kualitas tertinggi.

Nancy berdedikasi untuk meningkatkan komunitas asalnya, berkomitmen terutama untuk memperkaya kesejahteraan karyawannya dan keluarga mereka. Ia adalah kekuatan pendorong untuk perubahan sosial, mempekerjakan hampir semua perempuan dan menyediakan penitipan anak untuk anak-anak mereka.

Nancy berusaha untuk menanamkan martabat, optimisme, dan struktur kepada karyawannya dengan menyediakan lingkungan kerja yang bermanfaat. Desain Nancy Gonzalez selalu modern, namun terinspirasi oleh elemen klasik.

4 dari 4 halaman

Elemen

"Alam adalah kaki tangan terbaik saya dan sumber inspirasi saya adalah kehidupan," katanya. "Saya selalu mencoba untuk mendorong batas dari apa yang bisa dilakukan dengan kulit yang berharga."

Kliennya adalah jantung dari mereknya. Tujuannya adalah untuk menyampaikan kegembiraan, kebajikan, dan kekuatan melalui desainnya untuk menciptakan hubungan emosional antara kliennya dan tas mereka.

"Saya memasukkan elemen ke dalam setiap bagian yang membuat kami tersenyum; warna, tekstur, detail, kejutan," katanya.

Di seluruh dunia, konsumen mengakui orisinalitas dan kualitas merek dagangnya. Koleksi ini dijual di lebih dari 300 pengecer mewah di seluruh dunia termasuk Bergdorf Goodman, Neiman Marcus, Saks Fifth Avenue, Harrod's, Tsum, Lane Crawford, Net-a-Porter untuk beberapa nama.

Selain itu, ia memiliki dua butik di Seoul, Korea dan baru-baru ini membuka pos ketiga di mal IFC di Hong Kong. Penghargaan baru-baru ini untuk Nancy Gonzalez termasuk dianugerahi sebagai Brand of the Year oleh Dewan Aksesoris pada November 2007. Pengakuan juga datang dari museum, seperti Institut Kostum Seni Museum Metropolitan dan Museum Seni Philadelphia, yang telah mengumpulkan kreasinya yang menggarisbawahi relevansi karyanya dalam konteks sejarah dan artistik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.