Sukses

Bali Masuk 50 Tempat Terindah di 2022 Versi TIME

Khusus untuk Bali, TIME mendeskripsikannya sebagai "resortapalooza."

Liputan6.com, Jakarta - Bali kembali membuktikan diri sebagai salah satu destinasi primadona di Indonesia. Dalam prestasi terbarunya, Pulau Dewata tercatat masuk dalam daftar tempat terindah di 2022 versi publikasi bergengsi, TIME.

Melansir situs webnya, Rabu (13/7/2022), daftar ini disusun berdasarkan rekomendasi jaringan koresponden dan kontributor internasional mereka. Kunjungan ke tempat-tempat tersebut dijanjikan "menawarkan pengalaman baru dan menarik."

Sebanyak 50 destinasi yang masuk dalam daftar mencakup, baik tempat-tempat hits maupun kurang dijelajah. Tempat-tempat ini, kendati dalam kategori berbeda, menyatu karena mereka "berkembang, tumbuh, dan berubah," kata TIME, mengutip CNN.

Destinasi-destinasi tersebut juga "memetakan jalan menuju pemulihan ekonomi" dan "berinvestasi dalam keberlanjutan," pihaknya melanjutkan. Daftarnya pun bisa dibagi sesuai wilayah, berikut rangkumannya.

Amerika Utara

Di Amerika Serikat, TIME merekomendasikan pusat pesisir barat yang trendi di Portland, Oregon, dan San Francisco. Pantai Miami yang sejuk di Florida dan Detroit "Comeback City" Michigan pun melengkapi daftar tersebut. Disusul destinasi ski musim dingin Park City, Utah, yang juga mendapat anggukan.

Di Kanada, ibu kota Provinsi Ontario, Toronto, dan kota selancar kecil Tofino di British Columbia adalah pilihan lain yang dipilih publikasi tersebut. Sementara lebih jauh ke utara, Illuissat, di daratan Greenland pun memastikan namanya dalam daftar. Destinasi pantai yang selalu populer: Riviera Nayarit, Meksiko, juga masuk dalam daftar tempat terindah tahun 2022 menurut TIME.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Amerika Selatan

Kota Salta, di barat laut pegunungan Argentina, dan Desa El Chaltén, di Taman Nasional Los Glaciares negara itu, menarik perhatian TIME tahun ini. Rapa Nui di Chili, atau yang lebih dikenal sebagai Pulau Paskah, dan Kepulauan Galapagos di Ekuador adalah dua keajaiban gunung berapi yang masuk dalam daftar. Tidak ketinggalan kota metropolitan yang ramai di Bogotá, Kolombia, dan São Paulo, Brasil, adalah dua lagi rekomendasi perkotaan TIME.

Eropa

Di Inggris, pesona pedesaan di wilayah Inggris Devon dan Kota Portree, di Isle of Skye Skotlandia, mendapat acungan jempol tahun ini. Kota-kota Eropa Barat Marseilles (Prancis), Kopenhagen (Denmark), Skellefte (Swedia), dan València (Spanyol) semuanya menerima anggukan serupa.

Lalu, ada wilayah Italia, Calabria; kota Yunani kuno, Thessaloniki; wilayah Portugal, Alentejo; dan Kepulauan Madeira yang melengkapi wakil Eropa dalam daftar. Resor ski kecil Dolni Morava di Ceko dan kota benteng Kaunas di Lituania masuk dalam daftar, seperti halnya kemegahan bersejarah ibu kota Turki, Istanbul.

3 dari 5 halaman

Asia-Pasifik

Kerala dan Ahmedabad di India termasuk di antara rekomendasi Asia, seperti halnya Pulau Setouchi dan Kyushu di Jepang. Ibu kota Korea Selatan, Seoul, masuk dalam jajaran rekomedasi teratas bersama Bali di Indonesia dan Pulau Boracay di Filipina.

Great Barrier Reef Australia dan kota pelabuhan Fremantle sama-sama mendapat perhatian, seperti halnya Queenstown Selandia Baru, pusat olahraga petualangan di South Island. Terakhir, jalur Trans-Bhutan Bhutan dan jalur sutra Uzbekistan yang bersejarah adalah beberapa tempat yang jarang dilalui dalam pilihan tahun ini.

Khusus untuk Bali, TIME mendeskripsikannya sebagai "resortapalooza." Destinasi itu menarik perhatian dengan banyak pembukaan di masa pandemi COVID-19, termasuk jenis resor mewah dan pengalaman wellness yang menjadikannya pelarian ideal bagi mereka yang ingin terhubung kembali dengan alam dan diri mereka sendiri.

Raffles Bali yang telah lama ditunggu-tunggu dibuka akhir tahun lalu di Teluk Jimbaran, di mana para tamu menikmati "pelayan wellness," mulai dari menggambar bak mandi dengan kelopak mawar hingga menyediakan lidah buaya untuk kulit yang terkena sinar matahari. Pemandangan matahari terbenam di teras luar ruangan yang spektakuler di Writers Bar, Bali Sling, juga disebut jangan terlewat.

4 dari 5 halaman

Banyaknya Pilihan Resort

Kemudian, dengan sekitar 40 menit berkendara ke utara Ubud, Buahan, sebuah Banyan Tree Escape, yang menawarkan vila-vila terbuka untuk pengalaman hutan off-the-grid juga menarik perhatian. Untuk tipe yang berseni, menginap di Desa Potato Head yang berfokus pada keberlanjutan di Seminyak adalah suatu keharusan.

Andaz Sanur Bali, dirancang untuk meniru vila tradisional Bali, menawarkan tiga kolam renang dan pantai yang indah di sebelah tenggara pulau. Penggemar kebugaran akan menemukan kebahagiaan mereka di Angsana Saranam Wellbeing Resort baru yang terletak di dataran tinggi di tengah pegunungan Bedugul. Tidak ketinggalan, Anantara Ubud Bali Resort yang baru akan memiliki 15 tempat tinggal untuk dijual, jika Anda ingin membuat masa tinggal Anda di Bali sedikit lebih permanen.

Timur Tengah

Daftarnya pun berlanjut ke Timur Tengah. Qatar dan ibu kotanya, Doha, mendapat perhatian semua orang tahun ini, karena jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 Desember ini. Sementara tujuan pelabuhan petualangan yang baru muncul, Ras Al Khaimah di Uni Emirat Arab, juga berhasil mencuri perhatian TIME.

5 dari 5 halaman

Afrika

Ibu kota Kenya, Nairobi dan ibu kota Rwanda, Kigali, adalah pilihan perkotaan TIME dari Afrika. Franschhoek Afrika Selatan, yang terkenal dengan kilang anggurnya, dan Taman Nasional Zambia Bawah Zambezi juga direkomendasikan. Taman Nasional Hwange Zimbabwe adalah pilihan terakhir dari benua tersebut.

"The Great Beyond"

Untuk pelancong yang paling pemberani, pilihan TIME 2022 juga mencakup wilayah kutub Arktik dan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Stasiun Luar Angkasa Internasional sebenarnya bukan destinasi baru.

Pasalnya, selama 24 tahun, tempat ini telah menampung segelintir wisatawan yang membayar lebih dari 20 juta dolar AS per kursi untuk terbang di atas pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia. Pada 8 April 2022, AS ikut serta dalam "bisnis" saat Axiom Space yang berbasis di Houston meluncurkan kru pertamanya yang terdiri dari tiga turis dan seorang komandan misi (karyawan Axiom) untuk tinggal di ISS selama 15 hari.

Ketiga turis itu masing-masing membayar 55 juta dolar AS untuk dua minggu perjalanan mereka di luar angkasa. Axiom merencanakan lebih banyak penerbangan wisata luar angkasa semacam itu di masa depan. Harganya memang mahal, tapi bagi petualang berkantong tebal, pemandangan tidak tertandingi, belum lagi sensasi tanpa gravitasi, membuatnya sepadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.