Sukses

Daftar Kota Terbaik se-Asia Tenggara di 2022, Bangkok Raih Posisi Puncak

Travel and Leisure merilis daftar kota terbaik di Asia Tenggara pada 2022, Jakarta nomor berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kota di dunia memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing. Terkhusus di Asia, Travel and Leisure telah merilis daftar kota terbaik se-Asia Tenggara di 2022.

Dikutip dari Travel and Leisure Asia, Minggu (10/7/2022), Bangkok berhasil meraih posisi puncak mengungguli sederet kota lain di Asia Tenggara. Kota kembali melanjutkan perjalanannya di tengah masa pandemi Covid-19.

Bangkok dikenal dengan suguhan sajian yang khas hingga wisatawan dapat berkeliling kota dengan sepeda motor atau tuk-tuk. Wisatawan juga dapat menghabiskan malam dalam perjalanan ke pulau-pulau yang cantik.

Lantas, mana saja kota terbaik se-Asia Tenggara?Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Bangkok, Thailand

2. Singapura, Singapura

3. Danang, Vietnam

4. Kuala Lumpur, Malaysia

5. Hanoi, Vietnam

6. Chiang Mai, Thailand

7. Hong Kong, Hong Kong

8. Saigon, Vietnam

9. Phnom Penh, Kamboja

10. Jakarta, Indonesia

 

10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara

Travel and Leisure juga merilis daftar pulau terbaik di Asia Tenggara dan Phuket berada di posisi pertama. Pulau paling terkenal di Laut Andaman ini menjadi tuan rumah program Sandbox pertama di kawasan itu. Ini memungkinkan wisatawan yang telah divaksinasi menikmati versi karantina yang lebih santai.

Destinasi di lepas pantai barat daya Thailand adalah liburan yang layak selama berbulan-bulan ketika liburan tropis lainnya ditutup. Ada banyak akomodasi unik, aktivitas luar ruangan, dan atraksi untuk dijelajahi di pulau terbesar di Thailand ini.

1. Phuket, Thailand

2. Koh Samui, Thailand

3. Bali, Indonesia

4. Phu Quoc, Vietnam

5. Langkawi, Malaysia

6. Lombok, Indonesia

7. Palawan, Filipina

8. Penang, Malaysia

9. Koh Phi Phi, Thailand

10. Con Dao, Vietnam

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kota Paling Layak Huni di Dunia

Ibu kota Austria, Wina, kembali dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia. Kabar tersebut diumumkan berdasarkan laporan tahunan dari Economist yang diterbitkan Kamis, 23 Juni 2022.

Dikutip dari Bangkok Post, Kamis, 23 Juni 2022, ibu kota Ukraina, Kiev, tidak masuk dalam daftar tahun ini setelah Rusia menginvasi negara itu pada akhir Februari lalu. Sedangkan kota-kota Rusia, seperti Moskow dan St Petersburg jatuh dalam peringkat karena "penyensoran" dan dampak sanksi Barat.

Wina merebut posisi teratas dari Auckland. Kota di Selandia Baru tersebut turun ke posisi 34 karena pembatasan pandemi virus corona, menurut laporan Economist Intelligence Unit (EIU).

"Wina, yang merosot ke posisi 12 dalam peringkat kami pada awal 2021 karena museum dan restorannya ditutup, telah naik kembali ke posisi pertama, posisi yang dipegangnya pada 2018 dan 2019," bunyi laporan tersebut.

Laporan juga menjelaskan," Stabilitas dan infrastruktur yang baik adalah daya tarik utama kota bagi penduduknya, didukung oleh layanan kesehatan yang baik dan banyak kesempatan untuk budaya dan hiburan."

3 dari 4 halaman

Sederet Kota

Kota-kota di Eropa berhasil menyabet enam posisi dari sepuluh kota teratas. Ibu kota Austria diikuti oleh ibu kota Denmark Kopenhagen dan Zurich Swiss. Sesama kota Swiss Jenewa berada di urutan keenam, Frankfurt Jerman ketujuh, dan Amsterdam Belanda kesembilan.

Kanada juga berhasil meraih pencapaian baik dengan tiga posisi. Kota Calgary duduk di posisi ketiga bersama, diikuti oleh Vancouver di tempat kelima dan Toronto di kedelapan.

Osaka Jepang dan Melbourne Australia berbagi tempat kesepuluh. Ibu kota Prancis, Paris, berada di urutan ke-19, naik 23 peringkat dari tahun lalu.

Ibu kota Belgia, Brussel, berada di urutan ke-24, tepat di belakang Montreal Kanada. Ibu kota Inggris Raya, London, adalah kota paling layak huni ke-33 di dunia, sementara Barcelona dan Madrid di Spanyol masing-masing berada di urutan ke-35 dan ke-43.

Milan Italia peringkat nomor 49, kota AS New York 51, dan Beijing Cina datang ke-71. Ibu kota Lebanon, Beirut, yang dirusak oleh ledakan pelabuhan pada 2020 dan sedang berjuang melawan krisis keuangan yang melumpuhkan, tidak termasuk dalam peringkat tujuan bisnis.

Begitu juga dengan ibu kota Ukraina, Kiev, setelah invasi Rusia pada 24 Februari memaksa EIU untuk membatalkan survei kota tersebut. Ibu kota Rusia, Moskow, mengalami penurunan peringkat kelayakan hidup sebanyak 15 peringkat, sementara St Petersburg turun 13 peringkat.

"Peningkatan sensor menyertai konflik yang sedang berlangsung," kata laporan itu. "Kota-kota Rusia juga melihat pembatasan budaya dan lingkungan sebagai akibat dari sanksi ekonomi Barat."

4 dari 4 halaman

Melbourne

Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews, mengatakan peringkat itu menunjukkan Melbourne kembali ke panggung dunia setelah bertahun-tahun dikunci dan dibatasi oleh Covid-19. "Sulit mendapatkan meja di restoran, sulit mendapatkan kamar di hotel," kata Andrews kepada wartawan, Kamis.

"Kota kembali. Kami berkembang dan warga Victoria bisa sangat bangga dengan apa yang telah mereka capai," lanjutnya seperti dilansir The Guardian.

Melbourne memegang gelar kota paling layak huni di dunia selama tujuh tahun sejak 2011, sebelum digeser pada 2018 oleh ibu kota Austria, Wina. Penurunan peringkat Auckland mencerminkan lanskap yang berubah dari pandemi virus corona selama setahun terakhir, dengan vaksinasi yang memungkinkan banyak masyarakat untuk dibuka kembali.

Sempat turun peringkat karena pembatasan Covid tahun ini, mereka bertanggung jawab untuk itu mendapatkan posisi teratas pada 2021, dengan Economist mengatakan pada saat itu, "Penguncian keras Selandia Baru memungkinkan masyarakat mereka untuk membuka kembali dan memungkinkan warga kota seperti Auckland dan Wellington untuk nikmati gaya hidup yang mirip dengan kehidupan sebelum pandemi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.