Kisah Pelayan Hotel Dicari Petinggi AirAsia untuk Dijadikan Awak Kabin

Oleh Dinny Mutiah pada 06 Jul 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 16:03 WIB
Pesawat Air Asia
Perbesar
Pesawat Air Asia (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Liputan6.com, Jakarta - Rezeki datang tak terduga. Hal itu juga dialami oleh seorang pelayan di sebuah hotel bintang lima. Sosoknya mendadak dicari bos AirAsia untuk diberikan pekerjaan.

Adalah Arman Rashid, seorang Manajer Komunikasi dan Budaya Grup Awak Kabin AirAsia. Ia membuat surat terbuka sedang mencari sosok pelayan hotel yang dalam foto berpakaian serba hitam dan wajah ditutupi masker warna senada. Pemuda dengan rambut belah tengah itu terlihat sedang membersihkan piring bekas tamu.

"Siapa yang pernah melihat adik di atas ini, tolong tag saya sebab AirAsia tengah mencarinya. Kami ingin menawarkan pekerjaan untuknya," ucap Arman dalam video yang diunggah via TikTok, beberapa hari lalu.

Tawaran itu bukan tiba-tiba. Ia menuturkan bosnya tak sengaja menemui pelayan hotel itu di sebuah acara. Menurut bosnya, pria itu berperilaku sangat baik.

"Sangat penuh perhatian, sopan. Setelah itu, bos hendak menawarinya pekerjaan," sambung dia. Video pencarian orang itu berhasil diputar hingga 749ribu kali.

Tak diduga, pelayan hotel yang dicari mengetahui kabar tersebut. Lewat kolom komentar, ia memperkenalkan diri sebagai Izz Ahmad Danial yang bekerja di Hotel Concorde.

"Maaf baru menjawab TikTok abang. alhamdulillah syukur," tulis Izz.

Dilansir dari laman mStar, Izz menceritakan pengalaman sebelum ia dilamar AirAsia sebagai awak kabin. Menurut pria 21 tahun itu, ia sempat melayani tamu saat bekerja sebagai pelayan paruh waktu di hotel yang berada di Selangor, Malaysia, pada akhir Juni 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertemuan dengan Bos AirAsia

Kisah Pelayan Hotel Dicari Petinggi AirAsia untuk Ditawari Pekerjaan Jadi Awak Kabin
Perbesar
Izz Ahmad Danial, pelayan hotel yang dicari-cari bos AirAsia untuk dijadikan awak kabin. (dok. TikTok @izzdanial769)

Kejadian itu tepatnya berlangsung pada 29 Juni 2022. Saat sedang bekerja, bos AirAsia bernama Suhaila Hassan menegur dan menanyai latar belakangnya.

"Satu per satu pertanyaan saya jawab dengan agak malu. Secara tiba-tiba, dia menawari pekerjaan, tapi saya tak memenuhi syarat untuk bekerja di sana," tutur Izz.

Anak kedua dari tiga bersaudara itu mengaku tidak memiliki Sertifikat Pendidikan Malaysia yang merupakan syarat dasar untuk bisa melamar sebagai awak kabin. Namun, ia terkejut pihak AirAsia tetap menawarinya lowongan pekerjaan itu.

"Dulu saya belajar di sekolah tahfiz di Pokok Sena, Kedah. Pada usia 16 tahun, saya diantar ibu belajar di Hadramaut, Sana'a, Yaman, hingga 2019," ia menjelaskan.

Meski begitu, kata Izz, Suhaila bersikeras untuk menjadikannya sebagai awak kabin. Bos AirAsia itu bahkan berjanji akan membantunya berlatih sampai siap, termasuk menguasai Bahasa Inggris.

"Setelah menjawab pertanyaan itu, saya kembali bekerja sampai selesai acara. Tak lama setelah itu, Arman Rashid membuat video viral yang menyatakan ingin menemui saya. Kemudian, dia hubungi saya dan suruh saya datang wawancara pada Selasa, 5 Juli," sambung Izz.


Terkejut

Air Asia.
Perbesar
Air Asia. (dok. Instagram @airasia/https://www.instagram.com/p/B7iuD7sHMRo//Tri Ayu Lutfiani)

Izz mengaku terkejut dengan tawaran yang datang kepadanya. Ia mengaku tidak tahu mengapa maskapai itu memberinya kesempatan bekerja sebagai pramugara meski ia tidak memenuhi syarat administratif.

"Saya anggap tawaran ini sebagai tantangan baru untuk saya sendiri. Saya sangat bersyukur karena tidak semua orang dapat peluang seperti yang ditunjukkan Allah pada saya," ucap Izz.

Izz pun berbagi tips kepada warganet perihal kejutan yang tak disangkanya. "Dalam hal apapun, kita hendaknya berbuat baik kepada siapapun walaupun sedang tidak bekerja. Tak sangka tempat kerja saya sekarang ini tidak semata-mata melayani tamu, tetapi membuka peluang karir yang lebih jauh," ujarnya.

Warganet yang mendengar cerita Izz mayoritas menyelamatinya. "Pasti ada sikap dia yang sangat spesial," tulis seorang warganet.

"Kalau kita baik dan ikhlas.. rezeki datang tanpa diduga. Semoga dilimpahkan lagi rezekinya," imbuh yang lain.

"The real masuk kerja pakai orang dalam. Bos sendiri yang hendak tarik masuk AirAsia," warganet lain berkomentar.


Aktifkan Rute Lama

Pesawat Air Asia
Perbesar
Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terlepas dari kisah di atas, AirAsia baru saja mengumumkan untuk membuka kembali rute Banda Aceh - Kualanamu (pp) yang beroperasi mulai 3 Juni 2022. Rute ini jadi salah satu yang dinantikan mengingat operatornya sebelum itu hanyalah Wings Air. 

Dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menjelaskan, AirAsia Indonesia berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Gubernur Aceh untuk membuka layanan penerbangan di rute Banda Aceh-Kualanamu ini.

Veranita menjelaskan pembukaan rute Banda Aceh - Kualanamu PP ini sejalan dengan rencana pengembangan konektivitas domestik di Kualanamu sekaligus optimalisasi utilitas armada AriAsia yang ada. Tiket rute ini sudah dapat dipesan mulai 18 Mei 2022 di airasia Super App, airasia.com, online travel agent, dan agen penjualan resmi lainnya dan sudah termasuk jatah bagasi gratis 20kg.

Untuk tahap pengenalan, AirAsia akan melayani rute Banda Aceh - Kualanamu tiga kali seminggu setiap hari Selasa, Jumat dan Minggu dengan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang. "Tidak menutup kemungkinan AirAsia akan menambah frekuensi atau mengoperasikan rute lainnya sesuai dengan permintaan masyarakat di Aceh atau Sumatera Utara nantinya," kata dia.

Infografis Penumpang Pesawat Domestik Wajib Isi e-HAC Sebelum Penerbangan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Penumpang Pesawat Domestik Wajib Isi e-HAC Sebelum Penerbangan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya