Rizal Rama Eksis di Runway Paris Fashion Week 2023, Tampil untuk 5 Label Fashion Berbeda

Oleh Asnida Riani pada 06 Jul 2022, 13:03 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 13:03 WIB
Paris Fashion Week 2023
Perbesar
Rizal Rama memeragakan busana koleksi merek Etude di Paris Fashion Week 2023. (dok. Instagram @rizal_ramaa/https://www.instagram.com/p/CfFfHilqcvV/)

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Rizal Rama, model asal Surabaya yang menambah panjang portofolionya di runway pekan mode beken dunia. Lewat sederet unggahan di akun Instagram-nya, baru-baru ini, ia berbagi momen keikutsertaan memeragakan busana sederet jenama mewah di Paris Fashion Week 2023

Pertama, Rizal berbagi momen pertunjukan busana Etude, dengan menulis dalam bahasa Inggris, "Terima kasih @etudes sudah menyertakan saya dalam pertunjukan luar biasa mereka untuk Paris Fashion Week SS23. Juga, terima kasih banyak karena membuat ini jadi kenyataan @_hlsa_ @selectmodelparis @3mmodels @persona_mgt @jonathanqtn @pauline.pzn @joanacalas."

Di kesempatan itu, Rizal tampak memakai jaket, yang sepenuhnya terbuka, dan celana panjang serasi berpadu topi baseball. Pertunjukan busana koleksi Spring/Summer 2023 itu sendiri bertajuk  "PRIPHÉRIE," melansir jtdapperfashionweek.

Rangkaiannya mengungkap era baru identitas jenama tersebut. Namun, mereka tetap setia pada jejak gayanya yang menggabungkan fungsionalitas pakaian kerja dan patina dengan pakaian formal berdetail teliti.

Celana panjang dan kemeja klasik Carpenter, jumpsuit dan jas, jaket kerja multi-saku, serta mantel parit koleksi ini memadukan pola dasar dari kedua dunia untuk menciptakan siluet santai dan kontemporer khas merek. Melambangkan ciri khasnya, busana-busana ini diwujudkan dengan bahan baku, seperti denim dan kanvas katun, serta logo berbentuk berlian.

Mengingatkan pada Petite Ceinture, palet warna koleksi yang salah satunya diperagakan Rizal Rama ini terbentang dari kayu merah hingga hijau pucat dan cokelat, sampai abu-abu-krem, yang seolah memudar seiring waktu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Solid Homme

Paris Fashion Week 2023
Perbesar
Rizal Rama memeragakan busana koleksi merek Solid Homme di Paris Fashion Week 2023. (dok. Instagram @rizal_ramaa/https://www.instagram.com/p/CfHTRKPKB0Q/)

Rizal Rama juga melenggang di runway Paris Fashion Week 2022 untuk lini mode Korea Selatan, Solid Homme. Koleksi busana ini terinspirasi spektrum cahaya buatan di lantai bawah Palais de Tokyo, di mana lapisan oranye di jendela mengubah sinar matahari pagi jadi sapuan api menurut WWD.

Desainer Woo Young Mi menambang estetika kontemporer, menawarkan gaya instan dari jaket crop, kaos polo, windbreaker, dan celana pendek. Sementara siluetnya terasa longgar, tali, gesper, dan elastik menyesuaikan potongan lebih dekat ke tubuh, mencapai tampilan yang lebih disesuaikan tanpa menambahkan batasan.

Kesan masa muda yang riang semakin disorot dalam rangkaian warna semilir biru, hijau, oranye, merah muda, dan ungu muda yang dijuluki "Digital Lavender." Itu digunakan dalam gradien, garis-garis buram atau tampilan berlapis. Juga, dimanfaatkan pada aksen seperti topi ember, slip-on, dan bakiak kanvas yang semuanya terasa seperti singkatan untuk estetika Gen-Z. Di sisi lain, hitam pekat dan krem ​​berfungsi sebagai "pembersih" tampilan, memberikan gaya yang lebih urban.


Woo Young Mi

Paris Fashion Week 2023
Perbesar
Rizal Rama memeragakan busana rancangan WOOYOUNGMI di Paris Fashion Week 2023. (dok. Instagram @rizal_ramaa/https://www.instagram.com/p/CfRIAUpq_3E/)

Rizal Rama juga jadi bagian pertunjukan busana untuk menandai 20 tahun desainer Woo Young Mi berkarya lewat labelnya, WOOYOUNGMI. Di runway Paris Fashion Show 2023, jenama tersebut menggelar pertunjukan di Musee Arts Decoratifs, menurut Hypebeast

Koleksinya mengambil inspirasi dari arsip desainer dari awal 2000-an. Pada peringatan dua dekade merek, Woo didorong nostalgia, merancang koleksi yang menghormati tren Y2K. Label melihat ke arah milenium dan minimalis kasar membawa rendisi modern ke landasan.

SS23 adalah pendekatan halus terhadap cita-cita yang telah dikembangkan Woo selama 20 tahun terakhir, menyempurnakan estetika label. Kali ini, koleksinya sangat kontras dengan siluet luas dari bagian awal perjalanan mereknya.

Artikelnya berupa atasan semi-mesh yang ketat, dipasangkan celana baggy yang dirancang khusus. Membangkitkan kode berpakaian skateboard dari 1990-an, koleksi ini hadir dalam skema warna yang tetap setia pada pakaian warisan pria hitam, biru tua, cokelat, dan krem.

Jas dan pakaian luar yang disesuaikan juga dipasangkan dengan pakaian rajut dengan warna biru royal, hijau, cokelat, merah muda mengejutkan, dan lavender digital. Campuran kulit dan denim menginformasikan potongan pakaian kerja, sedangkan pakaian olahraga dikemas dalam penjahitan tradisional.


Comme des Garçons

Paris Fashion Week 2023
Perbesar
Rizal Rama memeragakan busana koleksi Comme des Garçons di Paris Fashion Week 2023. (dok. Instagram @rizal_ramaa/https://www.instagram.com/p/CfMdLfvKPh7/)

Rizal Rama juga memastikan keikutsertaannya dalam salah satu pertunjukan mode paling menyita perhatian selama Paris Fashion Week 2023. Ia berjalan untuk memeragakan koleksi Comme des Garçons oleh Rei Kawakubo yang disebut "membangun pinggul dengan jahitan yang menakjubkan."

Ia merepresentasi busana pria yang menggelitik mata dengan pola yang berani dan berwarna-warni. Juga, memberi semua orang sedikit heebie-jeebies dengan rambut menakutkan, yang juga ditampilkan pada Rizal, topeng vintage yang menyeramkan, dan potongan soundtrack Psycho, lapor WWD.

Potongan busananya berupa keliman mantel berbentuk lonceng; kemeja kotak-kotak dan kaus putih yang melebar di bagian pinggul; serta membuat celana pendek yang kebesaran menyerupai nozel pendorong pesawat ulang-alik.

Kawakubo juga menambahkan volume di bagian bawah jaket dan mantel yang disesuaikan dengan lapisan peplum berkerut. Ritsleting di punggung beberapa mantel dan jaket dapat menampung atau melepaskan kain ekstra ini, dan sentuhan industri menumpulkan bentuknya yang melebar.

Dalam catatan yang dibagikan sesudahnya, Comme Des Garçons menyebut bahwa pertunjukan tersebut merujuk pada para pelawak istana Abad Pertengahan, yang memiliki hak untuk berbicara dengan bebas dan memberikan wawasan, serta nasihat yang jujur. Kawakubo membayangkan "pelawak ini mungkin memiliki semangat punk."


Namacheko

Paris Fashion Week 2023
Perbesar
Rizal Rama memeragakan busana koleksi Comme des Garçons di Paris Fashion Week 2023. (dok. Instagram @rizal_ramaa/https://www.instagram.com/p/CfTa9FEA_OK/)

Rizal Rama menggenapi penampilannya di runway Paris Fashion Week 2023 dengan berjalan untuk Namacheko. Bertajuk "Tabula Rasa," koleksi jenama ini melahirkan kembali pendekatan merek yang berbasis di Belgia untuk membuat pakaian.

Entah itu melihat orang yang dicintai, kenangan yang jauh, atau kolaborasi koleksi ini dengan desainer parfum Lorestan Barnabé Fillion, hasil desain merek ini dimaksudkan untuk mewujudkan kehidupan. "Dalam banyak hal, ini benar-benar terasa seperti pertunjukan debut saya, seperti tabula rasa,” kata Dilan Lurr, melansir Hypebeast. "Dan tabula rasa saya ada di Timur Tengah. Ini Kurdistan dan Irak, dari mana saya berasal."

Dijiwai dengan garis memanjang, jahitan diagonal, draping bengkok, dan fabrikasi yang direkonstruksi, koleksi ini menghadirkan pandangan sentimentalitas yang diperluas. Potongan pakaian rajut jadi hidup melalui polo tercetak, rompi sweater dengan aplikasi pinggiran warna-warni dicelupkan ke dalam warna oranye matahari terbenam, biru kobalt, hijau lumut laut, dan banyak lagi.

Atasan memanjang dengan kancing terbuka, lengan terputus, dan mantel tebal menambah lapisan daya tarik multifaset lainn. Rangkaiannya juga berupa celana, celana pendek, dan rok yang tampil dengan konstruksi santai. Tindakan penyeimbang dalam koleksi "Tabula Rasa" adalah penyertaan body-con dan pakaian santai dalam tampilan yang sama.

Merenungkan gagasan tentang batu tulis kosong, koleksi terbaru Namacheko menyambut kebaruan dengan kegembiraan dan kekaguman akan kehidupan.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya