9 Potret Putri Leonor, Calon Ratu Spanyol Bermata Biru

Oleh Henry pada 05 Jul 2022, 18:03 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 18:03 WIB
Putri Leonor
Perbesar
Foto terbaru Putri Leonor bersama sang ibu, Ratu Letizia.  foto: Instagram @spanish_monarchy

Liputan6.com, Jakarta - Putri Leonor ini adalah putri dari pasangan King Felipe VI dan Queen Letizia dari kerajaan Spanyol. Setelah ayahnya naik takhta pada 2014, Putri Leonor mendapat gelar Princess of Asturias.

Berdasarkan undang-undang yang berlaku, Monarki Spanyol beroperasi di bawah sistem male-preference cognatic primogeniture. Artinya jika tidak ada anak laki-laki, maka anak sulung perempuan lah yang akan meneruskan kepemimpinan kerajaan.

Dengan demikian, Putri Leonor yang kelak akan mewarisi takhta kerajaan Spanyol dan menduduki posisi ratu. Dilansir dari berbagai sumber, Putri Leonor lahir pada 31 Oktober 2005 di Ruber International Clinic di Madrid melalui proses caesar.

Ia dibaptis beberapa hari kemudian di Istana Zarzuela. Putri Leonor mempunyai adik bernama Infanta Sofia, yang mengikutinya dalam garis suksesi. Meski anak seorang raja, Sofia tak punya gelar 'Princess' seperti sang kakak. Gelar Sofia adalah Infanta.

Calon pewaris takhta Kerajaan Spanyol ini juga memiliki sejumlah gelar lain, di antara itu ada Countess of Cervera, Duchess of Montblanc, Lady of Balaguer, serta Putri Viana dan Girona. Melansir berbagai akun Instagram berikut sederet potret Putri Leonor yang memancarkan aura kecantikannya.

Raja Felipe VI, Ratu Letizia, Putri Leonor, dan Putri Infanta Sofia dari Spanyol
Perbesar
Putri Leonor, Raja Felipe VI, Ratu Letizia, dan Putri Infanta Sofia dari Spanyol tiba untuk upacara pembukaan badan legislatif ke-14 Spanyol di the lower house of parliament, pada 03 Februari 2020 di Madrid. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Putri Leonor bersama keluarganya, Raja Felipe VI, Ratu Letizia, dan Putri Infanta Sofia, tiba untuk upacara pembukaan badan legislatif ke-14 Spanyol di The Lower House of Parliament, pada 3 Februari 2020 di Madrid. Mereka kompak mengenakan outfit berwarna hitam. Leonor bersama ibu dan adiknya memakai gaun berwarna hitam dan Raja Felipe mengenakan jas hitam yang dipadukan dengan kemeja putih dan dasi biru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gaun Pink dan Masker

Putri Leonor
Perbesar
Putri Leonor (dok.Instagram/@princes.of.asturias/https://www.instagram.com/https://www.instagram.com/p/CSpO4zghqi-/Komarudin)

Putri Leonor tampil stunning dengan gaun warna pink. Meski mengenakan masker dan riasan simpel, tetap tak bisa menyembunyikan kecantikannya terutama mata birunya yang memesona. Rambutnya panjangnya hampir selalu dibiarkan tergerai tapi tetap terkesan rapi dan elegan.

 
Putri Leonor dari Spanyol
Perbesar
Putri Leonor dari Spanyol, Putri Asturias, memberikan pidato resmi pertamanya pada upacara Princess of Asturias Awards 2019 di Teater Campoamor di Oviedo, pada 18 Oktober 2019. MIGUEL RIOPA / AFP

Putri Leonor emberikan pidato resmi pertamanya pada upacara Princess of Asturias Awards 2019 di Teater Campoamor di Oviedo, pada 18 Oktober 2019. Gadis berusia 16 tahun ini tetap terlihat memukau dengan dress abu-abu dan rambut panjangnya yang tergerai dan sedikit bergelombang di bagian bawah.

Putri Leonor
Perbesar
Putri Leonor dikenal ramah dan murah senyum. Ini potretnya di kartu ucapan Natal.  foto: Instagram @royalfavourites

Putri Leonor dikenal ramah dan murah senyum. Hal ini juga terlihat dalam potretnya di kartu ucapan Natal bersama keluarganya.  Kali ini penamplannya lebih kasual dengan memakai sweater dan rambut kembali dibiarkan terurai tapi terlihat lebih tertata.


Bak Putri Disney

Putri Leonor
Perbesar
Banyak yang menyebut Putri Leonor ini merupakan gambaran nyata putri dalam dongeng Disney.  foto; Instagram @royalfavourites

Banyak yang menyebut Putri Leonor ini merupakan gambaran nyata putri dalam dongeng Disney. Selain sebagai putri kerajaan dan kecantikan seperti dalam dongeng, kepribadiannya juga dikenal ramah, rendah hati dan terbuka.

Putri Leonor
Perbesar
Putri Leonor melambai tangan saat dia mengunjungi Klub Bahari Palma selama lomba layar Copa del Rey (Piala Raja) ke-39 di Palma de Mallorca pada 7 Agustus 2021. JAIME REINA / AFP

Putri Leonor melambai tangan saat dia mengunjungi Klub Bahari Palma selama lomba layar Copa del Rey (Piala Raja) ke-39 di Palma de Mallorca pada 7 Agustus 2021. 

Leonor terlihat mengenakan gaun tangan pendek warna cokelat muda bermotif floral. Ia kembali mengenakan masker yang kembali tidak dapat menutupi aura kecantikannya.

Potret Terbaru Putri Leonor pada Juni 2022
Perbesar
Potret Terbaru Putri Leonor pada Juni 2022. foto: Instagram @princesaleonordeasturias

Potret Terbaru Putri Leonor yang diambil pada Juni 2022. Ia terlihat semakin dewasa dan tentunya semakin memesona dengan mata biru dan rambut panjangnya yang indah.


Putri Berbakat

Putri Leonor
Perbesar
Putri Leonor (dok.Instagram/@princes.of.asturias/https://www.instagram.com/p/CVnnWv9vSko/Komarudin)

Melansir Hello Magazine, Putri Leonor termasuk berbakat dalam mempelajari bahasa asing. Selain bahasa Spanyol, ia diketahui fasih berbahasa Inggris dan dia bahkan telah belajar bahasa Mandarin selama sekolahnya.

Saat ini, Putri Leonor tengah menempuh pendidikan di UWC Atlantic College di Wales, Inggris. Putri Leonor memberikan pidato publik pertamanya pada 31 Oktober 2018. Putri Asturias, yang saat itu juga menyambut ulang tahunnya ke-13, menyampaikan pidato publik pertamanya untuk peringatan 40 tahun Konstitusi Spanyol.

Acara tersebut diadakan di Cervantes Institute di Madrid. Saat menuntut ilmu di sekolah Santa Maria de los Rosales di Madrid, Spanyol, ia harus melanjutkan sekolahnya secara online karena negaranya sempat menjalani lockdown. Hal tersebut terjadi pada Jumat, 11 September 2020, hanya tiga hari setelah ia memulai sekolah di sana.

Langkah ini dijalankan sembari menunggu hasil tes PCR yang telah dilakukan Putri Leonor. "Mengingat terdeteksinya kasus positif COVID-19 pada salah satu siswa di kelas Putri Asturias, School Center merekomendasikan kepada orangtua siswa agar siswa kelas tersebut tidak hadir selama 14 hari ke depan," demikian bunyi pernyataan Royal House.

Pada 9 September 2020, Putri Leonor tiba di sekolahnya dengan mengenakan masker, yang wajib dikenakan di Spanyol. Ia dan sang adik datang kompak mengenakan tas hitam. Staf sekolah juga mengukur suhu tubuhnya sebelum memasuki gedung. Protokol kesehatan ini untuk menghilangkan kemungkinan gejala penyakit, seperti yang direkomendasikan oleh protokol anti-Covid.

Putri Leonor tiba dengan kendaraan yang dikemudikan oleh sang ayah Felipe. Sementara, saudara perempuannya, Sofia, duduk di belakang dan juga mengenakan masker. Ratu Letizia tidak dapat ikut mengantarkan kedua putrinya berangkat ke sekolah. Hal ini karena pedoman baru mencegah dua orangtua untuk menghindari keramaian yang tak perlu.

Infografis Raja Malaysia Turun Takhta demi Cinta
Perbesar
Infografis Raja Malaysia Turun Takhta demi Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya