Apa Beda Cewek Mamba, Cewek Kue, Cewek Bumi hingga Cewek Seblak?

Oleh Putu Elmira pada 05 Jul 2022, 19:01 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 19:01 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi cewek mamba (dok. Unsplash.com/Ving Cam)

Liputan6.com, Jakarta - Sebutan cewek mamba, cewek kue, sampai cewek bumi belakangan sangat ramai diperbincangkan di jagat maya. Istilah yang diberikan untuk perempuan tersebut begitu viral di platform TikTok.

Belum reda ketiga istilah itu, kini hadir pula sebutan lainnya, yakni cewek seblak. Lantas, apa sebenarnya makna di baliknya?

Pembagian ini ternyata berdasarkan tampilan perempuan yang dibagi menjadi tiga, yakni cewek mamba, cewek kue, dan cewek bumi atau cebum. Masing-masing istilah merujuk pada warna pakaian yang dikenakan perempuan.

Cewek Mamba

Istilah cewek mamba awalnya merujuk pada ular mamba yang erat kaitannya dengan warna hitam. Penampilan cewek mamba biasanya akan didominasi warna hitam atau warna gelap lainnya.

Selain pakaian, perempuan tipe ini juga kerap mengenakan ragam aksesori yang juga berwarna hitam. Meski monokrom, mereka memadukan ragam outfit dengan kece dan effortless.

Dikutip dari Color Psychology Meaning, Selasa (5/7/2022), warna hitam kerap dikaitkan dengan kekuatan, kekayaan, keanggunan, kecerdasan, keseriusan, kenegatifan, kejahatan, yang tidak diketahui, formalitas, kematian, dan kekuasaan. Warna hitam juga dikaitkan dengan gaya.

Jas hitam sering dikenakan oleh pria dan perempuan yang berbisnis, jas hitam menyiratkan keseriusan dan profesionalisme. Hitam adalah warna yang sangat serbaguna yang sangat cocok untuk banyak situasi, seperti dalam bisnis, pernikahan dan dalam kehidupan sosial dan pribadi.

Kepribadian penyuka warna hitam adalah mereka yang serius, sangat mandiri, suka melakukan sesuatu sendiri dan jarang minta bantuan orang lain. Mereka juga dikenal kuar, tidak mudah mendekati orang dan mampu melindungi diri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cewek Kue

saudara
Perbesar
ilustrasi cewek kue/Photo by Bùi Thanh Tâm on Unsplash

Cewek kue merujuk pada perempuan yang kerap mengenakan busana cerah layaknya kue. Biasanya, mereka yang menggunakan busana dengan sentuhan warna terang namun, tetap manis, seperti hijau, pink, lilac, kuning, oranye, dan lainnya.

Selain itu, mereka yang suka berpakaian cerah juga tak jarang jadi sorotan banyak orang. Hal tersebut tentu karena pilihan warna busana ditambah pakaian yang hadir dengan motif beragam dalam busana hingga aksesori yang mereka kenakan.

Dikutip dari Bigthink, psikologi warna digunakan di sekitar kita setiap hari dan tidak hanya dalam merek apa yang kita beli, tetapi juga dalam bagaimana kita bereaksi terhadap lingkungan kita. Memperluas psikologi warna ke dalam ranah kepribadian adalah tentang membuktikan bahwa warna bukan hanya tentang apa yang terlihat terbaik, tetapi tentang makna apa yang secara tidak sadar kita lekatkan pada warna-warna itu, dan bagaimana menggunakannya untuk memberi manfaat bagi kehidupan kita.

Penyuka warna-warna cerah biasanya memiliki kepribadian yang berani, petualang, kreatif, bebas, ekstrovert, menyenangkan, hingga dikagumi orang sekitar. Mereka juga sangat bersemangat, optimis, menenangkan orang sekitar dan menyebarkan senyum dan kebahagiaan.


Cewek Bumi

perempuan putus cinta
Perbesar
ilustrasi cewek bumi/Photo by jing xiu on Unsplash

Sedangkan untuk cewek bumi juga erat dengan pilihan warna busana yang earth tone. Mereka tak jarang mengenakan pakaian dengan sentuhan cokelat muda, khaki, coffee, apricot, beige, navy blue hingga olive.

Warna-warna ini sangat dekat dengan kesan elemen yang ada di Bumi. Dikutip dari Personality List, tipe kepribadian penyuka eart tone adalah ISTP (singkatan dari Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving).

ISTP dikenal karena efisiensi waktu dan energinya. Mereka cepat melihat pilihan dan alternatif, dan cenderung tetap pada satu solusi sampai terbukti menjadi pilihan terbaik. Karena ISTP berorientasi pada proses, keputusan mereka sering dibuat dengan cepat dan tanpa banyak pemikiran.

Mereka sering digambarkan sebagai orang yang praktis dan efisien dalam pendekatan mereka terhadap kehidupan. Mereka juga dikenal cepat marah atau membuat kesal orang lain karena kecenderungan mereka untuk fokus pada detail dari suatu situasi.

ISTP dikenal praktis dan efisien dalam pendekatan mereka terhadap kehidupan, salah satu dari berbagai warna kaya yang mengandung sedikit cokelat atau bisa juga merujuk pada "warna alami" (warna yang ditemukan di alam) seperti tanah cokelat, daun hijau, langit mendung, serta matahari merah. Palet ini dapat menciptakan suasana yang hangat dan ramah alam. Banyak eart tone berasal dari pigmen tanah liat, seperti umber, oker, dan sienna.


Cewek Seblak

Cewek Seblak
Perbesar
Ilustrasi Cewek Seblak (Tangkapan Layar TikTok/fhrlalhmdhfz_)

Bukan hanya mamba, kue, dan bumi, istilah lain yang tengah jadi perbincangan adalah cewek seblak. Sementara, seblak sendiri adalah sajian khas Sunda yang berisi kerupuk basah, makaroni, bakso, sosis, ceker, hingga bumbu lainnya.

Lantas, apa itu cewek seblak? Istilah ini populer dari akun TikTok @fhrlalhmdhfz_. Akun tersebut menjelaskan bahwa istilah ini adalah perempuan yang senang mengenakan daster, cardigan, sampai celana panjang training yang sangat simpel digunakan. Ia juga menyebut terkadang cewek seblak juga mengenakan training sekolah yang digantung di belakang pintu hingga daster yang mudah dipakai.

Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia
Perbesar
Infografis desainer Indonesia di pentas fesyen dunia (Liputan6.com/Trie Yasni))
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya