60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Murni Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai

Oleh Henry pada 05 Jul 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 05:02 WIB
60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai
Perbesar
60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai.  foto: TikTok @tukangreviewsemarang

Liputan6.com, Jakarta - Usaha kuliner dianggap tidak lekang oleh waktu dan tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi maupun yang lainnya. Meski begitu, sebuah usaha kuliner yang sudah bertahan puluhan tahun tentu perlu diacungi jempol. Terlebih saat usaha kuliner di Semarang itu tetap ramai meski sudah dijalankan sangat lama.

Hal ini diketahui dalam unggahan akun TikTok @tukangreviewsemarang. Dalam unggahan pada 2 Juli 2022 itu, seorang warganet membagikan video sebuah warung susu murni legendaris di Semarang.

Kedai susu itu adalah STMJ Karangdoro yang berlokasi di Jalan Raden Patah, Rejomulyo, Semarang. Siapa sangka, warung ini ternyata sudah berdiri selama lebih dari 60 tahun.

Dengan warung yang didominasi warna biru dan putih ini, STMJ Karangdoro memang terlihat sederhana namun tetap nyaman. Tempatnya bersih dan cukup luas sehingga bisa membuat para pelanggan betah.

Anda bisa duduk di bagian dalam atau di bagian luar yang berada di sebagian trotoar jalan. Beragam susu bisa dibeli di tempat ini mulai dari es susu cokelat hingga es susu kopi.

Anda juga bisa memesan beragam varian lain sesuai dengan selera. Selain menyajikan susu, STMJ Karangdoro juga menyajikan aneka jajanan. Ada aneka kacang, kerupuk, hingga kue yang disediakan di setiap meja untuk dibeli oleh pembeli sembari menikmati susu

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jam Buka

60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai
Perbesar
60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai. foto: TikTok @tukangreviewsemarang

STMJ Karangdoro buka tiap hari mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Pelanggan yang datang bisa mencicipi kenikmatan susu legendaris di sini baik untuk diminum langsung di tempat atau dibawa pulang.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Andalan pokoknya. Pagi-pagi ke situ minum STMJ sama makan arem-aremnya," komentar seorang warganet.

"Tiap akhir pekan selalu ke sini bareng keluarga. Dari zaman saya SD sampai sekarang anak saya sudah kuliah," tulis warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video itu sudah ditonton sebanyak lebih dari 198 ribu kali di TikTok dan disukai lebih dari 12 ribu kali.

Saat pergi berlibur ke Semarang, Anda akan bisa menikmati aneka tempat wisata khas yang ada di kota tersebut. Selain menikmati beraneka ragam tempat wisata yang ada di Semarang, jangan lupa untuk mengisi perut dengan sesuatu yang khas juga dari kota ini.

Selain tempat wisata yang keren-keren, Semarang juga memiliki beragam kuliner khas nan legendaris yang perlu Anda coba.


Lekker

60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai
Perbesar
60 Tahun Berjualan, Kedai Susu Legendaris di Semarang Masih Tetap Ramai. foto: TikTok @tukangreviewsemarang

Tiga menu wisata kuliner Semarang yang terkenal adalah lumpia, tahu gimbal, dan tahu pong. Selain itu, ada wisata kuliner Semarang lainnya yang unik dan enak. Salah satunya adalah Lekker Paimo.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, lekker Paimo ini banyak disukai karena isiannya yang enak dan sambal pedasnya yang nikmat. Lekker Paimo ini terbagi menjadi dua varian, tipis dan tebal. Untuk lekker yang tipis, ada rasa caramel dan cokelat. Sedangkan, lekker yang tebal memiliki varian isi seperti telur sosis keju, keju abon, jagung manis, hingga telur sosis tuna keju.

Selain itu ada Nasi Gandul Pak Memed yang hingga kini masih diburu para penggemarnya. Meski sudah beberapa puluh tahun hadir, cita rasa kuah kaldunya masih yang menjadi andalan. Nasi gandul merupakan sajian nasi putih biasa yang disajikan dengan menggunakan mangkuk daun pisang.

Kuah kecokelatan disiramkan di atasnya, yang ditambah dengan daging, jeroan sapi, dan telur ayam. Sajian ini bakal makin nikmat jika dimakan dengan menggunakan Suru atau sendok dari daun pisang.


Nuansa Belanda

[Bintang] Malang
Perbesar
Toko Oen, Malang. (deniantasyah/Instagram)

Kalau Anda penikmat sajian aneka mi, patut cobain Mie Sang Kie. Kedai mie ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial. Walaupun begitu, hingga kini wisata kuliner Semarang ini masih punya banyak penikmat setia.

Menu andalan yang bisa Anda coba adalah mie godok alias mie rebus. Seporsi hidangan mi ini terdiri dari mie, potongan kecil telur dadar, dan kekian. Semua bahan tersebut kemudian disajikan bersama dengan kuah kaldu hangat.

Kalau Anda ingin merasakan sajian kuliner dengan ditemani nuansa Belanda, Anda patut berkunjung ke Toko Oen ini. Di sini Anda bisa menikmati sajian khas Eropa seperti uitsmijter, kaasstengels, huzarensalade, dan masih banyak lagi.  Saat Anda ke sini, jangan kaget kalau banyak turis dari luar negeri yang berkunjung, terutama mereka yang berasal dari Belanda.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya