Sukses

Istri Ridwan Kamil Bagikan Kenangan Eril Pernah Tertidur di Tangga Saat Jadi Sopir Mobil Pengantin

Atalia Praratya membagikan momen saat Eril bekerja menyewakan mobil antik kesayangannya sebagai mobil pengantin.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeninggal anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, cerita tentang kebaikannya terus mengalir di media sosial. Selama hidupnya, mendiang Eril aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan.

Walau menyandang status putra seorang gubernur, dia rela menjalani berbagai pekerjaan untuk menghasilkan uang yang dipakainya dalam kegiatan sosial. Eril bahkan rela menyediakan waktu untuk menjadi sopir mobil pengantin.

Melalui akun Instagramnya, istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya membagikan momen saat sang anak bekerja menyewakan mobil antik kesayangannya sebagai mobil pengantin. Eril bahkan menyopiri sendiri mobil yang disewakannya itu.

Meski terlihat lelah, ia tetap bekerja dengan sepenuh hati bahkan sampai sempat tertidur di pinggiran tangga. "Dari pernikahan ke pernikahan......." tulis Atalia mengenang Eril yang semasa hidup sempat menyewakan mobil kesayangannya untuk jadi mobil pernikahan seperti dikutip dari akun Instagram miliknya, Senin (4/7/2022).

Sang ibu juga menuturkan, mobil itu akan terus disewakan untuk melanjutkan perjuangan Eril di bidang kemanusiaan. Kelak, hasilnya juga akan digunakan untuk mendukung pembangunan Masjid Al Mumtadz.

Seperti diketahui, mendiang Eril dikebumikan di dekat Masjid Al Mumtadz di Cimaung, Bandung, Jawa Barat yang tengah dibangun oleh sang ayah, Ridwan Kamil.

"Agar amal jariyahnya terus mengalir, meskipun A Eril sudah tiada, mobil kesayangannya ini tetap disewakan untuk melanjutkan perjuangannya dibidang kemanusiaan termasuk pembangunan mesjid Al-Mumtadz," terang Atalia Praratya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Canggung Jadi Sopir

Unggahan Atalia ini pun banjir doa dan komentar dari warganet. Banyak dari mereka yang salut pada perjuangan Eril untuk kemanusiaan. Ia tak canggung menjadi sopir dan tertidur di emperan tangga meski menyandang status sebagai anak pemimpin daerah.

"Masya Allah... Aa eril soleh n rendah hati. Semoga Allah memberikan tempat terindah di syurgaNya..," komentar seorang warganet. "Moga amal jariyahnya mengalir deras....Husnul khotimah Aa Eril,bahagia di surga Allah.aamiin," tulis warganet lainnya.

Baru sehari dibagikan, unggahan tentang Eril itu sudah disukai lebih dari 403 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 4.085 komentar.

Beberapa hari lalu, keluarga Ridwan Kamil berbagi kebaikan bertepatan dengan hari lahir Eril pada Sabtu, 25 Juni 2022. Aksi ini dinamakan Geberkahn atau Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan disertai dengan tagar JejakEril.

"Meneruskan #JejakEril di hari lahirnya, 25 Juni 2022 ❤ #Geberkahn," demikian tulis Atalia Praratya, dalam unggahan di akun Instagram pribadi pada Sabtu, 25 Juni 2022.

3 dari 4 halaman

Berbagi Kebaikan

Atalia terlihat membagikan sebuah video singkat yang mengabadikan keluarga Ridwan Kamil beramai-ramai menaiki motor meninggalkan Gedung Pakuan. Video yang diiringi lagu bertajuk "Somewhere Over The Rainbow" disertai dengan tagar Geberkahn dan JejakEril.

Atalia terlihat membagikan beberapa tangkai bunga di ketika berhenti di lampu merah dengan pengendara lainnya. Terdengar pula backsound suara Atalia yang menjelaskan makna di balik aksi tersebut.

"Geberkahn, jadi gerakan berbagi kebaikan dan keberkahan, hari ini hadir, karena kecintaan masyarakat kepada masyarakat lainnya, anak muda kepada anak muda lainnya," kata Atalia.

Dalam video juga terlihat rombongan Gubernur Jawa Barat itu menuju sebuah panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak, LKSA Restu Ibu yang berlokasi di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Atalia terlihat kembali membagikan bunga kepada warga sekitar.

"A Eril, almarhum, sudah meninggalkan JEJAKnya bagi kita semua. Jadi jangan mengukur kebaikan dari besar kecilnya. Tapi ketika kamu mampu untuk membahagiakan orang lain maka doanya akan mengetuk pintu langit nanti Allah akan sayang kepada kita semua," lanjut Atalia dalam video.

4 dari 4 halaman

Panti Asuhan

Acara diramaikan dengan potong tumpeng nasi kuning oleh keluarga Ridwan Kamil. Adik mendiang Eril, Zara tampak membagikan potongan tumpeng kepada anak di panti asuhan tersebut. Keseruan lain adalah anak-anak yang bersorak riang dengan dibagikannya hadiah-hadiah.

Seluruh keluarga Ridwan Kamil, pihak dan anak-anak panti asuhan berpotret bersama mengabadikan momen di hari lahir mendiang Eril.  Video diakhiri dengan berbagai kebaikan di seluruh Jawa Barat. Kang Emil, demikian Ridwan Kamil akrab disapa juga menuju makam Eril untuk sama-sama menaburkan bunga. "Kami siap melanjutkan #JejakEril," demikian bunyi keterangan di akhir video.

Di momen ulang tahun ke-23 mendiang Eril, Atalia juga sempat membagikan video singkat yang mengabadikan memori manis kelahiran dan tumbuh kembang Eril yang lahir di New York.  Video dibuka dengan potret kecil Eril dengan keterangan "Selamat Ulang Tahun Emmeril Kahn Mumtadz NYC, 25 Juni 1999 - Bern, 26 Mei 2022 #JejakEril 25 Juni".

Ada pula potret Atalia yang tengah hamil besar saat mengandung Eril. Potret selanjutnya menunjukkan Ridwan Kamil dan Atalia tengah bersama putranya yang baru berusia dua hari, potret usia 1,5 tahun, 2 tahun saat merayakan ulang tahun, hingga masuk playgroup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.