Ahli Prediksi Pangeran Harry Bakal Botak Sepenuhnya di Usia 40 Tahun

Oleh Dinny Mutiah pada 04 Jul 2022, 10:32 WIB
Diperbarui 09 Jul 2022, 11:01 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool)
Perbesar
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry diprediksi akan botak sepenuhnya saat ia berusia 40 tahun. Hal itu diutarakan oleh Dr. Manish Mittal, seorang ahli bedah transplantasi rambut ternama, dikutip dari laman The Sun, Senin (4/7/2022).

Dr. Mittal mengatakan Duke of Sussex harus bertindak cepat jika ingin menghentikan atau bahkan membalikkan kerontokan. Opsi lainnya, Harry bisa menerima kebotakannya seperti sang kakak, William dan ayahnya, Charles, atau menjalani transplantasi rambut, maupun memasang wig.

"Dengan kecepatan pertumbuhan rambut yang semakin lambat, kemungkinan Harry akan benar-benar botak dalam dua tahun, tentu saja pada saat dia berusia 40 tahun," ujar Mittal.

Dia mengatakan jika Harry menginginkan operasi rambut, dia perlu meminum obat penstabil kerontokan rambut sebelum dua operasi untuk mentransplantasi sekitar 2.000 cangkok rambut individu, dalam jangka waktu 18 bulan. Biaya untuk VIP adalah sekitar 40.000 pound sterling atau sekitar Rp723 juta.

Sementara, William lebih dulu disorot publik atas kebotakan yang dialaminya. Sorotan tajam terutama tertuju pada fisiknya saat ia menikahi Kate Middleton pada April 2011. Padahal, usianya baru mendekati 29 tahun.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa kebotakan pada pria diwariskan oleh keluarga pihak ibu, tetapi kebotakan yang dialami William dan Harry nyata merupakan warisan genetik sang ayah. William bahkan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penipisan rambut ketika usianya baru 21 tahun. 

Walau bagi sebagian perempuan, pria yang mengalami kebotakan menurun pesonanya, tidak demikian dengan Pangeran William. Ia sempat dinobatkan sebagai pria botak terseksi sedunia berdasarkan hasil studi oleh spesialis bedah kosmetik Longevita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sempat Diolok Warganet

Kate Middleton dan Pangeran William
Perbesar
Kate Middleton dan Pangeran William tiba untuk peluncuran kampanye Hold Still di Stasiun Waterloo di pusat kota London pada 20 Oktober 2020. (JEREMY SELWYN / POOL / AFP)

Riset dilakukan lewat pencarian Google yang menemukan bahwa 17,6 juta kali pemberitaan online, baik blog, artikel, maupun laman, mendeskripsikan bapak tiga anak itu dengan kata 'seksi'. Di posisi kedua terdapat petinju legendaris Mike Tyson yang disebut 'seksi' atau 'menarik', sebanyak 8,8 juta kali. Sementara, bintang film Fast & Furious, Jason Statham, menempati posisi ketiga dengan 7,4 juta kali penyebutan.

Namun, tak semua orang setuju dengan hasil riset tersebut. Salah satu aspirasi datang dari Stanley Tucci. Dikutip dari People, aktor The Hunger Games itu sempat menuliskan, "Whose crown should wear this crown? So many wonderful choices. (Siapa yang semestinya mengenakan mahkota ini? Begitu banyak pilihan yang menakjubkan)."

Ia juga mengunggah kolase foto pesohor berkepala plontos yang dinilainya layak jadi nominasi pria botak terseksi. Hal itu pun mengusik warganet untuk berkomentar.

"Apa yang Stanley Tucci lakukan hingga (William) layak diperlakukan tidak hormat?" cuitan salah satu warga Twitter.

Sementara, pengguna media sosial lain menganggap hasil riset tersebut lucu dan mengolok-oloknya. "April Mop masih minggu depan. Hapus ini, tidak terlambat untuk melakukannya," komentar salah satu warganet.


Prosedur Transplantasi Rambut

Pangeran William dan Kate Middleton
Perbesar
Pangeran William dan Kate Middleton saat hendak kebaktian di gereja (Dok. HENRY NICHOLLS / POOL / AFP)

Lalu, apa yang dimaksud dengan prosedur transplantasi rambut yang disarankan sebagai jalan keluar bagi kebotakan Pangeran Harry? Dilansir dari Healthline, prosedur itu diterangkan sebagai tindakan memindahkan rambut ke area kepala yang botak. Dokter bedah biasanya menggerakkan rambut dari belakang atau samping kepala ke depan atau atas kepala.

Transplantasi rambut biasanya dilakukan di klinik kecantikan dengan anestesi lokal. Umumnya ada dua jenis prosedur transplantasi, yakni cangkok celah dan cangkok mikro. Cangkok celah mengandung empat sampai 10 rambut per cangkok.

Sementara, Micrografts mengandung satu sampai dua helai rambut per graft, tergantung jumlah cakupan yang dibutuhkan. Prosedur ini dilakukan dengan, pertama, membersihkan kulit kepala pasien secara menyeluruh. Dalam hal ini, ahli bedah menggunakan jarum kecil untuk mematikan rasa di area kepala dengan anestesi lokal.

Dalam transplantasi unit folikel (FUT), dokter bedah akan menggunakan pisau bedah untuk memotong potongan kulit kepala dari bagian belakang kepala. Sayatan biasanya sepanjang beberapa sentimeter yang akan ditutup dengan jahitan.

Ahli bedah selanjutnya memisahkan bagian kulit kepala yang dibuang jadi bagian-bagian kecil menggunakan lensa pembesar dan pisau bedah. Saat ditanamkan, bagian ini akan membantu pertumbuhan rambut tampak alami.


8--12 Bulan

Layanan Kesehatan Online Khusus untuk Atasi Masalah Pria
Perbesar
Ilustrasi pria botak. (dok. Foto Sholto Ramsay/Unsplash.com)

Sesi transplantasi rambut bisa memakan waktu empat jam atau lebih. Jahitan tersebut akan dilepas sekitar 10 hari setelah operasi. Pasien rata-rata memerlukan tiga atau empat sesi untuk mendapatkan rambut penuh yang diinginkan. Sesi terjadi beberapa bulan terpisah untuk memungkinkan setiap transplantasi sembuh sepenuhnya.

Usai menjalani prosedur, kulit kepala pasien kemungkinan akan sakit dan perlu minum obat. Di antaranya adalah obat nyeri antibiotik untuk mengurangi risiko infeksiobat dan obat anti-inflamasi guna menjaga pembengkakan turun. Namun, kebanyakan orang dapat kembali bekerja beberapa hari setelah operasi.

Lalu, normal untuk rambut yang ditransplantasikan rontok dua hingga tiga minggu setelah prosedur. Ini membuka jalan bagi pertumbuhan rambut baru. Kebanyakan orang akan melihat sejumlah pertumbuhan rambut baru 8 sampai 12 bulan setelah operasi.

Banyak dokter meresepkan minoxidil (Rogaine) atau obat penumbuh rambut finasteride (Propecia) untuk meningkatkan pertumbuhan rambut kembali. Obat-obatan ini juga membantu memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut di masa depan.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi
Perbesar
Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya