Sukses

Prototipe Kota Terapung Pertama di Dunia Dipamerkan di Markas PBB, Bakal Dibangun pada 2023

Konsep kota terapung diperkenalkan sebagai solusi atas kenaikan permukaan laut akibat perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta - Gambar konsep baru dari prototipe kota terapung pertama di dunia telah diresmikan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. Sekitar 40 persen umat manusia hidup dalam jarak 60 mil dari pantai, menurut Bloomberg.

Dikutip dari The Sun, Selasa (28/6/2022), ketika permukaan air laut terus naik, para ahli semakin mengkhawatirkan kondisi masyarakat yang tinggal dengan cara tersebut. Menurut fakta, lebih dari 800 juta orang berisiko terdampak kenaikan permukaan laut pada 2050, menurut World Economic Forum.

Beberapa ahli kini mengusulkan agar manusia beradaptasi dengan masalah ini dengan membangun kota terapung. Salah satu perusahaan yang berbasis di New York, Oceanix Inc. berencana melakukan hal tersebut di lepas pantai Busan, Korea Selatan.

Dijuluki Oceanix Busan, prototipe kota terapung ini merupakan kolaborasi antara UN-Habitat, Busan Metropolitan City, dan Oceanix Inc. Setelah selesai, ini akan menjadi "prototipe kota terapung berkelanjutan pertama di dunia", serta "infrastruktur tahan banjir yang menjulang bersama laut".

Beberapa gedung apartemen, restoran, dan bahkan taman musim dingin akan membentang di 15,5 hektare. Ada tiga area utama, yakni tempat tinggal, penginapan, dan penelitian, yang akan dihubungkan oleh jembatan.

"Kita tidak dapat menyelesaikan masalah hari ini dengan alat kemarin. Kita perlu berinovasi untuk solusi tantangan global," kata Direktur Eksekutif UN-Habitat, Maimunah Mohd Sharif saat peluncuran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembangunan

Maimunah melanjutkan, "Tetapi dalam dorongan untuk inovasi ini, mari kita menjadi inklusif dan adil dan memastikan kita tidak meninggalkan siapa pun dan tidak ada tempat di belakang."

Awalnya, kompleks tersebut akan menampung komunitas 12.000 orang dengan potensi bisa menampung sekitar 100.000 orang. Enam sistem yang berfokus pada energi, makanan, air, limbah, mobilitas, dan regenerasi habitat pesisir akan diintegrasikan ke dalam kota. Sistem ini akan memastikan bahwa kota terapung sepenuhnya berkelanjutan dan mengeluarkan limbah sesedikit mungkin.

Panel fotovoltaik terapung dan atap akan menghasilkan 100 persen energi operasional yang dibutuhkan untuk memberi daya pada kota. Konstruksi diharapkan akan dimulai sekitar 2023 dan harus selesai dalam waktu tiga tahun.

Konsep terapung ini tentu bukan yang pertama. Dikutip dari Mothership, Selasa (28/6/2022), Sky Island Tower dirancang terapung 268 meter di atas air. Ini adalah struktur yang dirancang oleh oleh Arsitek Sou Fujimoto Jepang, menurut situs berita arsitektur Archinect.

3 dari 4 halaman

Menara Terapung

Ini adalah desain pemenang dari Landmark Pusat Kota Baru untuk distrik bisnis baru di Shenzhen yang disebut Qianhai. Dari kejauhan, Sky Island Tower setinggi 268 meter tampak melayang tinggi di atas Teluk Qianhai, seperti film fiksi ilmiah yang hidup kembali.

Menara terapung futuristik ini terdiri dari 99 pilar seperti menara individu ("pulau"), yang terhubung ke dek atas gedung pencakar langit. Banyaknya menara dikelompokkan untuk tampil sebagai satu struktur yang menghadap ke tepi laut, untuk "melambangkan masa depan masyarakat di zaman keragaman".

Menurut ArchDaily, pilar-pilar itu berangsur-angsur menghilang saat turun, memberikan kualitas sementara pada strukturnya. Inti terpusat menahan menara landmark dengan kuat di tempatnya. Di dek pandang atasnya, ada restoran, jalan setapak, lobi langit, dan ruang pameran tiga dimensi. Pengunjung juga dapat mengagumi ruang acara tari air di dasar menara.

Dikutip Tatler Asia, kompetisi Landmark Pusat Kota Baru membuat keputusan tahun ini untuk tidak memiliki pemenang pertama. Sebaliknya, mereka memutuskan menempatkan posisi kedua dalam peringkat teratas.

4 dari 4 halaman

Terinspirasi Kekhasan Landmark

Penghargaan bergengsi ini diberikan pada Sou Fujimoto untuk "desain futuristik mereka." Strukturnya tidak hanya dirancang untuk memungkinkan publik melihat masa depan kehidupan perkotaan dan arsitektur berdesain futuristik, tapi juga fungsional dan menyatu dengan lanskap kota.

Untuk desain skema, tim perancang mengungkap bagaiman tipologi "menara" dapat ditata ulang di abad ke-21. Mereka mengambil inspirasi dari kekhasan landmark, seperti Menara Eiffel di Paris.

Berita tentang skema ini muncul beberapa minggu setelah Sou Fujimoto Architects meluncurkan desain mereka untuk Reformasi Shenzhen dan Aula Pameran Pembukaan. Dirancang atas kerja sama dengan Donghua Chen Studio, aula pameran ini dibayangkan sebagai "taman di dalam kotak" dengan ruang dalam ruangan seperti desa yang terselubung di bawah fasad transparan berlapis-lapis.

Awal bulan ini, kota ini juga melihat selesainya Hanking Center yang dirancang Morphosis, yang memecahkan rekor dunia sebagai bangunan inti terpisah tertinggi di dunia. Sou Fujimoto Architects juga telah bergabung dengan berbagai perusahaan terkemuka yang baru-baru ini meluncurkan pengembangan yang diusulkan di Shenzhen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.