Pakaian Pria Kembali Bergeliat di Paris Fashion Week

Oleh Putu Elmira pada 27 Jun 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 17:30 WIB
Pakaian Pria Kembali Bergeliat di Catwalk Paris Fashion Week
Perbesar
Seorang Model mempersembahkan kreasi untuk Celine dalam Menswear Ready-to-wear Spring-Summer 2023 Fashion Week di Paris pada 26 Juni 2022. (JULIEN DE ROSA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pakaian pria terbukti dalam bentuk yang dihidupkan kembali saat Paris Fashion Week berakhir pada Minggu, 26 Juni 2022. Hal tersebut ditunjukkan dengan tontonan, inovasi, dan kembalinya desainer ternama ke catwalk.

Dikutip dari AFP, Senin (27/6/2022), fashion show pakaian pria ini ditutup dengan kejutan kembalinya Hedi Slimane, mantan desainer Dior dan Saint Laurent, yang kini dengan merek Prancis Celine. Dua tahun lalu dia mengumumkan bahwa telah selesai dengan kalender mode resmi.

Stylist di belakang band-band seperti The Libertines dan Daft Punk di era 2000-an ini tidak menampilkan pertunjukan langsung di Paris sejak Februari 2020. Dia telah mengabaikannya sebagai hal "kuno", lebih memilih untuk menyajikan koleksi dengan video yang diambil di tempat-tempat mewah Prancis.

Ia tidak menjelaskan tentang kemunculannya kembali di atas catwalk. Slimane kembali ketika ada rasa kebangkitan dalam pakaian pria.

Beberapa musim terakhir sering melihat pertunjukan pria dan perempuan bergabung menjadi satu dengan London Fashion Week menghilangkan perbedaan itu sama sekali. Tapi minggu ini di Paris tampaknya menegaskan kembali kesenjangan, dengan rumah-rumah ingin meningkatkan fokus mereka pada pakaian pria pada saat permintaan sedang booming.

Perancang AS Matthew Williams mempersembahkan pertunjukan pakaian pria mandiri pertamanya untuk Givenchy minggu ini. "Adalah baik untuk memberikan ruang kepada pria dan perempuan, untuk masing-masing dan semua orang platform mereka untuk menceritakan sebuah kisah," kata Williams kepada situs mode WWD. "Ada lebih banyak ruang untuk lebih banyak penampilan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berkembang Pesat

Pakaian Pria Kembali Bergeliat di Catwalk Paris Fashion Week
Perbesar
Model menampilkan kreasi perancang busana AS Matthew Williams selama pertunjukan Givenchy Menswear Spring/Summer 2023 tampil sebagai bagian dari Paris Fashion Week, di Paris, pada 22 Juni 2022. (JULIEN DE ROSA / AFP)

Pertunjukannya didasarkan pada gaya kehidupan nyata dari negara asalnya California, katanya. Ini ditunjukkan dengan banyak celana pendek selutut, celana kargo, dan pakaian rajut santai, sebagian besar dalam monokrom dengan sedikit percikan warna pastel.

"Secara komersial, pakaian pria adalah pasar yang telah berkembang pesat dengan dinamika yang sangat kuat di Asia yang telah menciptakan ledakan bagi desainer pria pret-a-porter," kata Serge Carreira, pakar mode di Sciences Po University.

Juga menandai pertunjukan pakaian pria pertamanya adalah France's Marine Serre, salah satu nama terbesar yang muncul dalam beberapa tahun terakhir. Perempuan berusia 30 tahun ini telah menjadikan keberlanjutan dan inklusivitas sebagai pusat mereknya, dan itu terbukti di acara bertema olahraganya di sebuah stadion di luar Paris pada Sabtu.

Banyak potongan didaur ulang dari syal dan linen tua, yang telah diubah menjadi segalanya mulai dari speedo hingga bendera dan baju ketat. Modelnya datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari anak-anak hingga orang tua, bersama selebritas seperti mantan pesepakbola Djibril Cisse dan peraih medali emas Paralimpiade Alexis Hanquinquant, serta putri Madonna Lourdes Leon dalam salah satu bodysuit bermotif bulan yang menjadi ciri khas rumah tersebut.


Lebih Mudah Diakses

Pakaian Pria Kembali Bergeliat di Catwalk Paris Fashion Week
Perbesar
Para model memamerkan kreasi Marine Serre selama Menswear Ready-to-wear Spring-Summer 2023 Fashion Week di Paris pada 25 Juni 2022. (JULIEN DE ROSA / AFP)

"Tiga puluh persen dari penjualan kami adalah untuk pakaian pria dalam koleksi terakhir -- kami tidak mencapai 50/50 tetapi kami melakukan sedikit penjualan untuk pria dan kami tidak berniat untuk menguranginya," kata Serre kepada AFP setelah pertunjukan.

"Upcycling cukup langka di pria tetapi ruang ganti sangat cocok untuk itu," tambahnya. "Ini adalah bentuk yang tidak terlalu rumit: lebih mudah dan kami dapat memiliki harga yang lebih baik yang berarti lebih mudah diakses oleh semua orang untuk memakai pakaian daur ulang."

Sementara itu, nama-nama akrab juga mencuri perhatian minggu ini. Dior mengambil inspirasi dari rumah masa kecil Normandia dari pendiri label. Hal tersebut diwujudkan dengan landasan pacu taman yang dipenuhi bunga dan beberapa topi jerami dan pakaian santai luar ruangan yang apik di antara pakaiannya. Hermes juga dalam suasana santai yang diresapi pastel, yang menurut desainer Veronique Nichanian kepada AFP terinspirasi oleh "ringan, kenyamanan, kesenangan, dan warna yang menonjol."


Hermes

Pakaian Pria Kembali Bergeliat di Catwalk Paris Fashion Week
Perbesar
Model menampilkan kreasi selama show Hermes Menswear Spring Summer 2023 sebagai bagian dari Paris Fashion Week, di Paris, pada 25 Juni 2022. (JULIEN DE ROSA / AFP)

Dikutip dari WWD, Senin (27/6/2022), Hermes memamerkan koleksi warna gelato musim panas dan sinar matahari yang terpancar di hari Paris yang abu-abu dan gerimis. Véronique Nichanian mengatakan dia ingin koleksi ini menjadi "semua tentang liburan — bukan kota. Ini tentang ringan dan bersenang-senang, warna pop dan alam."

Pertunjukan berlangsung di luar, di halaman pabrik permadani bersejarah Manufacture des Gobelins, adalah pelarian murni bagi para tamu, banyak dari mereka mengenakan jas hujan khaki berkerudung yang dibagikan staf Herms di pintu masuk pertunjukan. Sebaliknya, model berpakaian untuk déjeuner di Hotel du Cap-Eden-Roc, atau jam aperitivo di Villa d'Este.

Mereka mengenakan setelan kembar kuning cerah, dan atasan bertema laut, termasuk sweater kasmir lengan pendek dengan crayfish di bagian depan, dan kemeja putih lapang dengan kuda laut biru besar. Jaket katun pendek datang dengan pola rumput laut dan tas kanvas katun cerah pantai memiliki cetakan pohon palem dan pegangan tali. Jaket penahan angin, parka ringan mengkilap, dan bucket hat hadir dalam berbagai warna pelangi, termasuk lilac, grapefruit, dan aqua.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya