3 Resep Praktis Es Krim, Camilan untuk Si Kecil

Oleh Putu Elmira pada 27 Jun 2022, 06:03 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 06:03 WIB
Ilustrasi Es Krim Kelapa
Perbesar
Ilustrasi Es Krim Kelapa (dok. Unsplash.com/@alexagorn)

Liputan6.com, Jakarta - Camilan si kecil dapat dikreasikan dari beragam bahan. Salah satu menu manis sekaligus dingin yang biasanya jadi favorit anak-anak adalah menyajikan ragam es krim.

Resep praktis es krim berikut ini dapat menjadi inspirasi untuk camilan anak di rumah. Tak melulu cokelat atau stroberi, namun es krim bisa dibuat dari kelapa, kiwi, bahkan matcha.

Lantas, apa saja resep membuat kreasi es krim? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari Times of India, Minggu, 26 Juni 2022, berikut ini.

Es Krim Kelapa

Bahan-bahan:

4 cup santan

1 cup daging kelapa

1 cup gula

4 sdm tepung jagung

1 cup krim segar

 

Langkah pembuatan:

1. Cincang halus daging kelapa di atas talenan. Tambahkan daging kelapa cincang ke dalam mangkuk besar dan tambahkan 1/2 cangkir santan dingin ke dalamnya bersama dengan tepung jagung. Aduk rata dan sisihkan mangkuk.

2. Letakkan panci di atas api sedang, tambahkan sisa susu ke dalam panci dan didihkan. Tambahkan gula ke dalam panci dan aduk sampai gula larut sepenuhnya, dan rebus campuran selama 4--5 menit. Terus aduk campuran secara berkala.

3. Selanjutnya, pindahkan campuran santan dan tepung jagung ke dalam wajan, dan aduk secara bersamaan. Matikan api jika sudah matang. Biarkan dingin dan tambahkan krim segar.

4. Bawa piring aluminium dan tuangkan campuran ke dalamnya. Tutup campuran dengan lembaran aluminium foil dan tempatkan piring ke dalam lemari es. Biarkan campuran membeku selama sekitar 6--7 jam.

5. Pindahkan campuran ke dalam blender dan haluskan sampai mendapatkan bentuk yang halus. Tuang adonan lagi ke dalam loyang aluminium dan campurkan daging kelapa cincang halus di dalamnya. Tutup dengan lembaran aluminium foil dan bekukan sampai campuran mengeras. Ambil es krimnya setelah selesai.


Es Krim Matcha

Ilustrasi Es Krim Matcha
Perbesar
Ilustrasi Es Krim Matcha (dok. Pixabay.com/@igorovsyannykov)

Bahan-bahan:

1 sdm bubuk teh hijau matcha

2 cup krim kocok

2 butir telur

1 cup susu

3/4 cup gula

2 sdt air mendidih

 

Langkah pembuatan:

1. Kocok bubuk matcha dalam mangkuk bersama dengan sedikit air hangat untuk menghilangkan gumpalan. Kemudian, tambahkan sedikit susu dan kocok sampai bubuk matcha benar-benar larut dan dibuat menjadi pasta cair. Secara bertahap kocok sisa susu ke dalam campuran matcha.

2. Campurkan krim kocok dan campuran matcha dalam panci dan masak dengan api kecil sampai sedang, aduk sesekali, sampai mulai mendidih selama sekitar 5 menit.

3. Kocok gula dan telur bersama-sama dalam mangkuk besar. Tuang 1/2 cangkir campuran matcha panas ke dalam satu telur dan kocok rata. Ulangi dengan sisa campuran matcha dan tuangkan campuran kembali ke dalam panci.

4. Masak dan aduk campuran matcha di atas api sedang ke rendah selama sekitar 3 menit sampai mulai mendidih. Setelah selesai, keluarkan dari kompor dan biarkan dingin pada suhu kamar. Kemudian dinginkan hingga dingin, minimal selama 4 jam.

5. Tuang campuran matcha dingin ke dalam cetakan es krim dan bekukan semalaman.


Es Krim Kiwi

ilustrasi kiwi
Perbesar
ilustrasi kiwi (sumber: Unsplash)

Bahan-bahan:

4 buah kiwi

1/4 cup gula

3 cup krim kental

1/2 sdt esens vanila

 

Langkah pembuatan:

1. Kupas lapisan luar kiwi dan cuci sekali. Selanjutnya, potong menjadi potongan-potongan kecil dan campur menjadi pasta halus. Sisakan sebagian untuk hiasan. Simpan campuran di lemari es.

2. Selanjutnya, ambil mangkuk besar, tambahkan krim kental dingin bersama gula dan esens vanila, menggunakan pengocok blender tangan hingga berbusa.

3. Selanjutnya, campur pasta kiwi beku yang dingin dan menggunakan blender, kocok hingga berbusa. Tuang ke dalam nampan dan hiasi dengan kiwi segar dan bekukan selama 7--8 jam. Angkat dan sajikan.

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional
Perbesar
Infografis tampilan kekinian camilan tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya