Pamer Koleksi Denim Lebih Ramah Lingkungan, Coach Kembali Boyong Suasana Stasiun Subway New York ke Jakarta

Oleh Asnida Riani pada 24 Jun 2022, 11:03 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 11:03 WIB
Coach
Perbesar
New York Subway pop-up store Coach di Grand Indonesia, Jakarta. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Tongkat estafet dalam menggagas ide fesyen lebih ramah lingkungan kembali diambil Coach. Ini terlihat saat pihaknya membuka New York Subway pop-up store di Grand Indonesia, Jakarta, pada 22 Juni--3 Juli 2022.

Sesuai namanya, pop-up store ini terinspirasi dari energi dinamis kampung halaman Coach, yang mana kali ini mereka memboyong sepenggal nuansa stasiun subway New York yang ikonis ke jantung kota Jakarta. Bersamaan dengan itu, pihaknya membawa serta koleksi Musim Panas 2022 teranyar dan denim Signature styles.

Rangakain produk, dari ragam model tas sampai sepatu ini, dirampungkan dengan detail kulit halus dan perangkat keras Signature sebagai tambahan sentuhan ikonis. Juga, melanjutkan komitmen untuk mengurangi dampak bisnis fesyen mereka pada ibu Bumi, koleksi denim kali ini terbuat sepenuhnya dari katun organik.

Ditemui di lokasi pop-up store, Kamis (23/6/2022), brand manager Coach Indonesia, Valencia Feby, mengatakan pada Liputan6.com, "Katun organik ini sebenarnya sama-sama denim. Hanya saja, proses pengolahan dan materialnya berbeda. Ini tidak ada pestisida dan pupuk kimia. (Dengan kata lain) materialnya non-toksik."

Dengan memakai katun organik, pihaknya juga secara otomatis mengurangi penggunaan air yang memang sudah dikenal boros untuk pengolahan material denim. "Itu salah satunya juga (mengurangi penggunaan air dalam produksi)," Feby menambahkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, total ada empat tas tangan wanita dan dua tas pria rilisan Coach yang disoroti di kesempatan ini. "Selain itu, ada juga tiga jenis dompet yang juga bermaterial katun organik," ia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Daily Bag

Coach
Perbesar
New York Subway pop-up store Coach di Grand Indonesia, Jakarta. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Lebih lanjut Feby mengatakan, Coach memang sengaja tidak membawa terlalu banyak item ke New York Subway pop-up store-nya. "Hanya barang-barang terpilih, yang best seller," katanya.

"Tapi, kalau tas cowok yang cross body itu baru (rilis) musim ini," Feby menambahkan. "Jadi kalau dalam koleksi kapsul, Coach biasanya akan menyoroti kembali produk berpenjualan terbaik yang diaplikasikan ke material berbeda atau barang kolaborasi."

Karena itu, pengunjung akan tetap merasa familiar dengan desainnya, terlebih secara visual dilengkapi monokrom mereka yang khas. "Semuanya daily bag banget," Feby menyebut. "Denim itu durable banget. Enggak perlu takut kotor."

Selain, pihaknya juga memformulasikan sedemikian rupa agar koleksi denim lebih ramah lingkungan mereka terbilang enteng. "Denim itu on trend lagi, termasuk everlasting item juga. Kami juga paham bahwa orang sekarang bawaan banyak, karena harus bawa hand sanitizer dan segala macam, jadi secara desain,  Coach sudah mengarah ke sana," ia menyebut.

Feby menambahkan, "Jadi, walau (tasnya) kecil, tapi specious. Kompartemennya banyak."


Perawatannya?

Coach
Perbesar
New York Subway pop-up store Coach di Grand Indonesia, Jakarta. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Feby juga mengatakan bahwa barang-barang berbahan denim rilisan Coach tidak memerlukan perawatan khusus. "Beda dengan (tas bermaterial) kulit yang harus dibersihkan setiap tiga bulan sekali. Itu harus dibersihkan dibawa ke toko. (Dibersihkan) pakai cleaner dan moisturizer," tuturnya.

Sementara, barang-barang berbahan denim lebih ramah lingkungan ini tidak perlu dibersihkan. "Ini sebenarnya susah banget buat kotor. Warnanya akan menggelap saja kalau sudah lama dipakai," ia mengatakan.

Pun kotor, Feby menyebut, barang tersebut tinggal dibersihkan pakai lap basah, "tanpa menambahkan cairan kimia apapun." "Lebih kayak bahan baju. Mudah banget dibersihkan misalnya memang kotor," imbuhnya.

Dalam keterangannya, VP General Manager Tapestry Southeast Asia and Oceania, Campbell O'Shea, mengatakan, "Kami sangat senang membawa kembali subway pop-up store ke Grand Indonesia. Kami percaya ini akan menghadirkan pengalaman berbelanja terbaik pada pelanggan kami, sekaligus memberi energi imaginatif dari kampung halaman Coach tanpa perlu pergi langsung ke sana."


Bukan Kali Pertama

Coach
Perbesar
Media preview New York Subway pop-up store Coach di Grand Indonesia, Jakarta, 23 Juni 2022. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Aktris Indonesia, Aghniny Haque, juga menghadiri media preview New York Subway pop-up store dari Coach. Saat itu, ia memakai busana denim on denim berpadu swinger bag dari jenama tersebut. "Monokrom Coach-nya dapet banget," katanya mengomentasi fashion item tersebut.

Selama pop-up store berlangsung, pelanggan dapat menikmati "Digital Spin of Wheel" yang memungkinkan mereka memenangkan hadiah. Ini termasuk pin Rexy, parfum mini, bahkan voucer belanja. Pelanggan jua berhak menikmati susuhan New York pizza eksklusif di gerai pizza pihaknya.

Pop-up store bernuansa subway New York ini nyatanya bukan yang pertama untuk Coach, Tahun lalu, mereka menampilkan koleksi Coach Pre Fall 2021 yang menggabungkan Jacquard Denim dengan material chambray. Itu hadir dalam beberapa bentuk, dari swinger mini hingga tote bag berukuran sedang. Ada pula sepatu kets yang terkesan kasual, tapi estetis.

Denim Jacquard sendiri dijelaskan terinspirasi koleksi arsip dan tas vintage yang menyatukan warisan budaya Coach dan warisan otentik kota New York. Tas ini didesain ulang agar lebih ringkas, sesuai siluet ikonis yang diperkenalkan Coach pada 1997.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya