Warganet Bagikan Tips Murah Pergi ke Bali dari Surabaya, Tak sampai Rp70 Ribu

Oleh Henry pada 23 Jun 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 16:19 WIB
Pantai Kuta, Bali
Perbesar
Potret Jumat, 1 Januari 2021 di Pantai Kuta, Bali, yang biasanya dipadati pelancong sepanjang tahun, kini tampak sepi karena dampak pandemi corona Covid-19. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka liburan ke Bali? Pulau Dewata termasuk salah satu destinasi yang banyak disukai orang untuk liburan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelum berangkat ke Bali, termasuk biaya perjalanan.

Soal biaya, tak jadi masalah bagi Anda yang punya bujet berlebih, tapi bagaimana kalau justru sebaliknya? Belum lagi pengeluaran saat sudah berada di Bali yang juga harus dihitung dengan cermat. Akun TikTok @muhammadezrap pun membagikan tips liburan yang mungkin berguna bagi Anda yang punya bujet terbatas dan berangkat ke Bali dari Surabaya.

Ia menyebutkan hanya mengeluarkan uang tak sampai Rp70 ribu untuk sampai ke Pulau Dewata.

Pertama, ia datang ke Stasiun Waru dan menaiki KA Probowangi untuk sampai ke Stasiun Ketapang, Banyuwangi. Harga tiket kereta ini adalah Rp56 ribu. Setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh jam, ia akhirnya sampai di Stasiun Ketapang. Pria yang diketahui bernama Ezra ini kemudian berjalan ke Pelabuhan Ketapang yang berjarak sekitar 500 meter dari stasiun.

Ia lalu memesan tiket kapal feri seharga Rp8.500 dengan tujuan Pelabuhan Gilimanuk. Penyeberangan ini memakan waktu sekitar satu sampai dua jam. Selama menyebrang, Anda akan menikmati pemandangan laut biru nan memesona ketika cuaca cerah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lebih Lama

Warganet Bagikan Tips Murah Pergi ke Bali dari Surabaya, Tak Sampai Rp100 Ribu
Perbesar
Warganet Bagikan Tips Murah Pergi ke Bali dari Surabaya, Tak Sampai Rp100 Ribu. foto: TikTok @muhammadezrap

Perjalanan ini memang memakan waktu lebih lama dari naik pesawat, tapi harga yang murah dan pemandangan yang cantik akan sangat sayang untuk dilewatkan. Saat turun di Pelabuhan Gilimanuk, itu menandakan Anda sudah sampai di Bali. Uang yang dikeluarkan pun tak sampai Rp70 ribu.

Jika ingin melanjutkan perjalanan ke Denpasar, Anda bisa menaiki bus dan menempuh perjalanan selama sekitar lima jam. Total harga yang dikeluarkan pun tetap lebih murah dibandingkan naik pesawat.

Video yang diunggah pada 21 Juni 2022 ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Murah tapi lebih lama ya sampainya huhu," komentar seorang warganet.

"Nah ini bisa jadi opsi pas budget kurang tapi mau liburan," komentar warganet lainnya. "Wah makasih kak. Bisa nih aku coba pas lagi libur panjang," tulis warganet lainnya.


Liburan ala Backpacker

Warganet Bagikan Tips Murah Pergi ke Bali dari Surabaya, Tak Sampai Rp100 Ribu
Perbesar
Warganet Bagikan Tips Murah Pergi ke Bali dari Surabaya, Tak Sampai Rp100 Ribu.  foto: TikTok @muhammadezrap

Beberapa waktu lalu, seorang warganet di TikTok juga sempat membagikan tips liburan di Bali. Bukan tentang tips perjalanan murah, tapi tips liburan murah selama seminggu di Bali.

Banyak orang yang mengurungkan niatnya berlibur ke Bali karena khawatir biaya yang dibutuhkan akan sangat besar. Mereka beranggapan biaya liburan ke Bali termasuk mahal. Padahal, ada cara tersendiri untuk bisa liburan hemat ke Bali ala backpacker. Tips itu dibagikan akun TikTok @septyarani.

Dalam unggahannya, pemilik akun bernama Devi Nikola ini mengungkap cara liburan ke Bali selama seminggu meski uang yang dimiliki terbatas dan dilakukan di masa pandemi Covid-19. Dalam unggahan pada 27 Agustus 2021, Devi merangkum tips liburan murah ke Bali selama seminggu, yaitu:

1. Naik bus

Untuk menuju Bali, Anda bisa menggunakan moda transportasi selain pesawat. Dalam video tersebut, wanita ini memilih untuk naik bus dari Kediri dengan harga tiket Rp285 ribu. Ia juga membayar Rp100 ribu untuk tes antigen, sehingga uang yang dikeluarkan totalnya adalah Rp385 ribu.

 


2. Sewa Homestay

4 Tips Liburan Murah Selama Seminggu di Bali
Perbesar
4 Tips Liburan Murah Selama Seminggu di Bali. foto: TikTok @ septyarani

Sampai di Bali, Devi menyewa homestay seharga Rp500 ribu untuk satu minggu. Di homestay tersebut tersedia dapur dan kulkas sehingga ia bisa masak untuk menghemat biaya makan.

3. Sewa motor

Untuk transportasi selama di Bali, Devi memilih menyewa motor selama satu minggu. Biaya yang dikeluarkan untuk sewa motor adalah Rp400 ribu. Bepergian dengan motor dianggap lebih murah dan menghemat waktu. Tentunya jangan lupa untuk mengenakan helm dan memakai masker.

4. Berkunjung ke sejumlah wisata murah dan gratis

Devi memilih destinasi wisata yang tak perlu membayar tiket masuk. Ia datang ke Pantai Jimbaran, juga Pantai Kuta dan hanya perlu membayar Rp2.000 untuk parkir motor.

Ia juga berkunjung ke Pantai Melasti dengan membayar Rp10 ribu per orang. Devi juga pergi ke Bedugul dan masuk lewat kafe dengan membeli minuman.

Unggahan mendapat banyak komentar yang sebagian besar mengaku mendapat inspirasi untuk liburan ke Bali. "Thanks kak infonya...bisa nabung dulu lah buat honeymoon ala backpacker...murah tapi berkesan," komentar seorang warganet.

Infografis Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya