20 Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2022 Versi Skytrax, Ada dari Indonesia?

Oleh Putu Elmira pada 23 Jun 2022, 14:02 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 14:02 WIB
Bandara Internasional Hamad
Perbesar
Sebuah gambar yang diambil pada 11 Januari 2021 menunjukkan penumpang berjalan di sekitar toko-toko di aula keberangkatan Hamad International Airport Qatar dekat Doha. (KARIM JAAFAR / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Hamad di Qatar dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia 2022 versiSkytrax. Hasil tersebut diumumkan saat Passenger Terminal EXPO di Paris, Prancis, 16 Juni 2022.

Melansir situs web World Airport Awards, Kamis (23/6/2022), pemenang utama lainnya termasuk Bandara Changi Singapura, yang memenangkan penghargaan untuk Layanan Staf Bandara Terbaik Dunia dan Makanan Bandara Terbaik Dunia. Lalu, ada Bandara Istanbul yang memenangkan penghargaan dalam kategori Bandara Terbaik untuk Belanja Dunia dan sebagai Bandara Paling Ramah Keluarga.

Disusul Bandara Haneda Tokyo yang meraih penghargaan sebagai Bandara Terbersih di Dunia, Bandara Domestik Terbaik Dunia, Bandara Terbaik di Asia, dan Fasilitas PRM dan Aksesibilitas Bandara Terbaik. Sedangkan Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi mendapatkan penghargaan sebagai Bandara Paling Berkembang di Dunia.

Bandara Internasional Chubu Centrair Nagoya dinobatkan sebagai Bandara Regional Terbaik Dunia, lalu Bandara Kopenhagen memenangkan penghargaan Pemrosesan Imigrasi Bandara Terbaik Dunia. Tak ketinggalan, Bandara Zurich mengulangi keberhasilannya memenangkan penghargaan Pemrosesan Keamanan Bandara Terbaik Dunia.

Chief Operating Officer di Bandara Internasional Hamad, Badr Mohammed Al-Meer, menyampaikan pihaknya sangat senang bahwa pintu gerbang utama Qatar ke dunia sekali lagi dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia di Penghargaan Bandara Dunia 2022. Ia melanjutkan, ini menambah pencapaian lainnya dalam sejarah Bandara Internasional Hamad.

"Komitmen dan keunggulan layanan kami terus menjadi tolok ukur dalam industri penerbangan berkat komitmen, dedikasi staf, dan pemangku kepentingan kami, karena kita semua menantikan tahun yang lebih cerah di masa depan," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penghargaan Bandara

Terminal 4 Bandara International Changi di Singapura. (Ilyas/Liputan6.com)
Perbesar
Terminal 4 Bandara International Changi di Singapura. (Ilyas/Liputan6.com)

Penghargaan Bandara Dunia adalah penghargaan paling bergengsi untuk industri bandara, dipilih oleh pelanggan dalam survei kepuasan pelanggan bandara global tahunan terbesar. Mereka dianggap sebagai tolok ukur kualitas untuk industri bandara dunia, menilai layanan pelanggan dan fasilitas di lebih dari 550 bandara.

Survei dan penghargaan tidak bergantung pada kontrol, pengaruh, atau masukan bandara apa pun. Analisa hasil menunjukkan korelasi yang erat dengan jumlah pelanggan yang menggunakan fasilitas bandara pada 2021 dan dengan perjalanan udara kembali dengan cepat di sebagian besar dunia.

Edward Plaisted dari Skytrax menjelaskan, "Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Bandara Internasional Hamad telah terpilih sebagai Bandara Terbaik Dunia untuk tahun 2022, mengulangi kesuksesan mereka pada tahun 2021."

Ia juga mengucapkan selamat kepada manajemen, staf, dan pemangku kepentingan di Bandara Internasional Hamad yang telah berkontribusi pada pencapaian ini untuk dua tahun berturut-turut. Sementara bandara di seluruh dunia terus terdampak pandemi sepanjang 2021, Bandara Internasional Hamad melayani 17,1 juta penumpang tahun lalu dan melanjutkan rencana ekspansinya.


20 Bandara Terbaik Dunia 2022

Sunyi Sepi Bandara di Jepang Tanpa Kunjungan Turis Asing
Perbesar
Petugas berdiri di ruang kedatangan yang kosong di bandara internasional Haneda Tokyo, Selasa (30/11/2021). Jepang melarang semua warga asing memasuki negaranya mulai Selasa (30/11) hingga sebulan ke depan untuk mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 Omicron. (Philip FONG/AFP)

Lebih lanjut Plaisted mengatakan, "Sebagai Mitra Bandara Resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, kami berharap Bandara Internasional Hamad sukses dalam membantu menjadi tuan rumah acara besar ini."

Ia menyambung, "Kami mengucapkan selamat kepada semua bandara pemenang penghargaan di sini hari ini, yang dua tahun terakhir sangat sulit untuk mengatasi banyak pembatasan COVID-19 dan penurunan parah dalam permintaan perjalanan. Dengan perjalanan udara yang dengan cepat kembali ke tingkat lebih normal, tantangan bagi semua bandara sekarang adalah memberikan standar tertinggi kepada pelanggan dengan harapan perjalanan yang meningkat."

20 Bandara Terbaik Dunia 2022

1. Bandara Internasional Hamad

2. Bandara Internasional Tokyo (Haneda)

3. Bandara Changi Singapura

4. Bandara Internasional Narita

5. Bandara Internasional Incheon

6. Bandara Paris Charles de Gaulle

7. Bandara Munich

8. Bandara Istanbul

9. Bandara Zurich

10. Bandara Internasional Kansai

11. Bandara Helsinki-Vantaa

12. Bandara Internasional Chubu Centrair Nagoya

13. Bandara Heathrow London

14. Bandara Internasional Dubai

15. Bandara Schiphol Amsterdam

16. Bandara Madrid-Barajas

17. Bandara Kopenhagen

18. Bandara Internasional Guangzhou Baiyun

19. Bandara Internasional Wina

20. Bandara Internasional Hong Kong


Soekarno Hatta

Setelah tahun lalu berada di posisi 10, Skytrax umumkan Bandara Soekarno-Hatta pada 2022 berada di posisi 9 pada daftar Best Airport Staff in Asia. (Dok Angkasa Pura II)
Perbesar
Setelah tahun lalu berada di posisi 10, Skytrax umumkan Bandara Soekarno-Hatta pada 2022 berada di posisi 9 pada daftar Best Airport Staff in Asia. (Dok Angkasa Pura II)

Sementara tidak masuk peringkat global, lapor kanal Global Liputan6.com, Bandara Soekarno-Hatta tetap memastikan namanya dalam Skytrax World Airport Award 2022.

Skytrax mengumumkan bahwa Bandara Soekarno-Hatta berada di posisi 9 pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada kategori World’s Best Airport Staff di ajang yang berlangsung di Paris, Prancis, pada 16 Juni 2022.  Peringkat ke-9 pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 ini menandai naiknya Bandara Soekarno-Hatta dari pencapaian di tahun 2021 lalu yang berada di posisi ke-10.

Pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022, hanya terdapat dua bandara di ASEAN yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi. President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan daftar Best Airport Staff yang dirilis Skytrax menggambarkan bahwa kualitas staf di suatu bandara dinilai sangat baik dari sikap melayani, keramahan melayani dan efisien dalam melayani. 

"Kami sangat bersyukur di tengah tantangan hebat pandemi COVID-19 pada 2021, seluruh staf di Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang pesawat. AP II bangga dan berterima kasih kepada seluruh frontliner yang bekerja tanpa lelah dan tanpa pamrih untuk memberikan yang terbaik bagi Bandara Soekarno-Hatta dan bagi masyarakat," kata Muhammad Awaluddin, dikutip dari rilis BUMN, Senin (20/6/2022).

Infografis 16 Bandara Dibuka untuk Penerbangan Internasional
Perbesar
Infografis 16 Bandara Dibuka untuk Penerbangan Internasional (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya