Sukses

Sinopsis Bajirao Mastani yang Dibintangi Deepika Padukone

Sinopsis Bajirao Mastani berkisah tentang kisah romantis di awal abad ke-18.

Liputan6.com, Jakarta - Bajirao Mastani merupakan sebuah film bergenre percintaan sejarah berbahasa Hindi India. Film yang diluncurkan pada 2015 tersebut disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali.

Sederet bintang India ambil bagian dalam kesuksesan Bajirao Mastani. Mereka meliputu Deepika Padukone (Mastani), Ranveer Singh (Peshwa Bajirao Ballal), Priyanka Chopra (Kashibai), Tanvi Azmi (Radhabai, ibu Bajirao), Milind Soman (Ambaji Pant Purandare), Vaibhav Tatwawaadi (Chimaji Appa, adik Bajirao), Ayush Tandon (Nana Saheb, putra pertama Kashibai dan Bajirao), hingga Mahesh Manjrekar (Chhatrapati Shahu).

Dikutip dari IMDb, Senin (20/6/2022), Bajirao Mastani berkisah tentang Bajirao I, yang bertarung dalam 41 pertempuran besar dan beberapa pertempuran kecil, dianggap tidak pernah kalah. Ia digambarkan sebagai "Ranmard", seorang pria yang dibuat dari dan untuk medan perang.

Bajirao memberi tahu saudaranya, "Ingatlah malam itu tidak ada hubungannya dengan tidur. Itu diciptakan oleh Tuhan, untuk menyerang wilayah yang dikuasai musuhmu. Malam adalah perisaimu, layarmu melawan meriam dan pedang pasukan musuh yang jauh lebih unggul."

Lahir sebagai pemimpin kavaleri, Bajirao tidak tertandingi karena keberanian dan kejeniusannya. Mastani, putri prajurit dongeng, adalah putri Raja Chattrasal dan istri Persianya Roohani Begum.

Sinopsis Bajirao Mastani juga mengisahkan karakter Mastani adalah seorang penari ahli, penyanyi, dan pejuang. Ia dikirim ke pertempuran memimpin tentara Bundelkhand.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Menarik

Dikutip dari First Post, Senin (20/6/2022), ada beberapa fakta menarik di balik Bajirao Mastani. Sebut saja sang sutradara, Sanjay Leela Bhansali belum pernah mencoba membuat film sejarah sebelumnya.

Film Devdas karyanya tampak epik dan dirancang agar tampak megah dalam kerangka waktunya. Namun karakternya fiktif tidak hanya dalam Devdas tetapi semua film Bhansali sejauh ini.

Devdas sendiri diadaptasi dari sebuah novel terkenal karya Sarat Chandra Chattopadhyay. Film ini berkisah tentang perjuangan restu orangtua akan cinta sejati. Film ini dibintangi oleh bintang papan atas Bollywood, yakni Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai, dan Madhuri Dixit.

Bhansali merancang Bajirao Mastani bahkan sebelum dia menyutradarai film pertamanya Khamoshi: The Musical. Bhansali dan Salman, sahabat karibnya pada waktu itu, menghabiskan waktu berjam-jam mendiskusikan kostum, penampilan, skala, anggaran, dan lainnya.

Setelah pasangan Aishwarya-Salman tidak dapat dicapai, Salman ingin Bhansali memilih Katrina Kaif sebagai Mastani. Faktanya, Salman secara pribadi mengajak Katrina ke rumah Bhansali dan memperkenalkannya kepada sutradara dengan mengatakan, 'Ini Mastani-mu.' Namun hal tersebut tidak terwujud.

3 dari 4 halaman

Di Balik Bajirao Mastani

Pada 2003 silam, Bhansali memutuskan untuk membuat Bajirao Mastani dengan Salman dan Kareena Kapoor. Salman merekomendasikan Bhumika Chawla sebagai istri pertama Bajirao.

Bhansali melakukan tes layar Bhumika, sayangnya, saree-nya terbakar dengan diya (penulis ini hadir di tempat kejadian). Tidak ada kerusakan yang terjadi, tetapi itu mengakhiri audisi Bhumika.

Segera setelah pasangan Salman-Kareena gagal, Salman membujuk Kareena untuk menandatangani Kyun Ki karya Priyadarshan (remake 'One Flew Over The Cuckoo's Nest' yang canggung dan berbelit-belit), sehingga membunuh sesuatu yang baru pasangan sebagai Bajirao Mastani. Bhansali menghidupkan kembali proyek tersebut 12 tahun kemudian.

Pilihannya kali ini untuk Bajirao adalah Ajay Devgn, karena latar belakang Maharashtrian. Namun Devgn meminta bayaran yang menurut orang dalam sangat mengejutkan.

Lantas, Ranveer Singh mendapatkan peran sebagai Bajirao. Selama pembuatan film "Goliyon Ki Rasleela.. Ram Leela", Bhansali tidak yakin apakah semangat Ranveer akan diterjemahkan ke dalam agresi internal prajurit.

4 dari 4 halaman

Kata Priyanka Chopra

Dikutip dari India Times, Bhansali juga sempat mendekati Daksha Sheth untuk melatih para aktor Kalaripayattu, seni bela diri India kuno. Sheth juga melatih Deepika Padukone di Kathak. Selain itu, Ranveer Singh juga mengambil pelajaran menunggang kuda dan menunggang kuda Marathi untuk film tersebut.

Ranveer Singh mencukur rambutnya untuk peran Bajirao. Ranveer juga mendapatkan banyak bobot untuk film tersebut untuk memainkan karakter Pehswa Bajirao.

Dalam persiapan untuk perannya sebagai Kashibai, Priyanka Chopra menjalani kursus pelatihan ekstensif selama 15 hari untuk mempelajari dialek Marathi yang diucapkan selama masa kenaikan Peshwa. Beberapa pilihan pertama Bhansali untuk peran ibu Bajirao adalah Shabana Azmi, Dimple Kapadia, dan Supriya Pathak. Namun, Tanvi Azmi yang akhirnya terpilih.

Pada September 2014, Bhansali mengonfirmasi bahwa Tanvi Azmi memainkan peran tersebut. Tanvi Azmi juga menjadi tampil pelontos.

Deepika Padukone terlihat melakukan adegan fisik yang berat, seperti adu pedang, memakai baju besi 20 kilogram dalam film. Deepika berhasil membawa lehenga seberat 30 kg di film sebelumnya Ram Leela.

Menurut Priyanka Chopra, perannya dalam Bajirao Mastani adalah peran yang paling melelahkan secara mental dalam hidupnya. "Saya terpengaruh secara mental. Sebagai karakter, itu adalah sesuatu yang belum pernah saya alami. Ada begitu banyak gejolak emosi. Ini adalah film abad ke-17 dan film tersulit yang pernah saya buat," kata Priyanka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.