Sukses

Sinopsis Serial The Summer I Turned Pretty yang Baru Saja Tayang

Musim pertama The Summer I Turned Pretty sudah tayang pada Jumat, 17 Juni 2022 di Prime Video.

Liputan6.com, Jakarta - Serial The Summer I Turned Pretty telah secara resmi menyapa para penonton. Digarap berdasarkan buku pertama dalam trilogi Summer, Jenny Han, yang juga penulis To All the Boys I've Loved Before, berperan sebagai showrunner pada adaptasi serial tersebut.

Awalnya ditulis pada 2009, ceritanya tetap utuh dengan "beberapa peningkatan yang menyenangkan," menurut TV Insider, Sabtu (18/6/2022). "Saya memikirkannya dengan berpikir bahwa itu tidak akan identik (dengan buku)," Han mengatakan.

Ia menyambung, "Saya pikir itu akan memiliki DNA yang sama. Itu akan terkait, seperti sepupu, tapi tidak identik karena formatnya sangat berbeda. Saya tahu bahwa kami harus memperluas dunia Belly jadi sedikit lebih besar, sehingga ia tidak di rumah sepanjang hari."

Sinopsisnya, lapor Pop Sugar, berupa kisah yang berpusat pada seorang gadis bernama Isabel alias Belly, sapaan akrabnya. Ia, ibu, serta saudara laki-lakinya menghabiskan setiap musim panas di rumah pantai bersama sahabat ibunya, Susannah, dan kedua putranya.

Sepanjang waktu yang bisa diingat Belly, musim panas selalu tentang pantai. Setiap musim panas itu juga ia semakin jatuh cinta pada Conrad, putra sulung Susannah. Tahun ini, bagaimanapun, adalah musim panas ketika Belly berusia 16 tahun.

Kakaknya, Steven, meninggalkan rumah pantai lebih awal untuk pergi ke perguruan tinggi, meninggalkan Belly hanya dengan Conrad dan Jeremiah, adik laki-lakinya. Meski mereka berempat selalu berteman, musim panas ini Belly terlihat jauh lebih dewasa daripada terakhir kali Conrad dan Yeremia melihatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konflik

Saat hari-hari berlalu di musim panas, Belly bertemu Cam, seorang bocah lelaki yang juga berlibur di pantai yang mengingatnya dari tahun lalu ketika mereka berada di acara akademik bersama. Perlahan, tapi pasti, ia jadi pacar musim panas Belly, tapi Belly tidak bisa melupakan perasaannya terhadap Conrad.

Di sisi lain, Conrad dan Jeremiah tampaknya tidak siap untuk membiarkan Belly kecil mereka berkencan dengan seseorang. Cam mulai memperhatikan bahwa Belly tidak sepenuhnya menyukai hubungan mereka dan ia memutuskan hubungan. Sekarang kembali ke Conrad, Jeremiah, dan Belly di rumah bersama ibu mereka, menikmati sedikit waktu terakhir mereka.

Conrad terlihat berbeda sepanjang musim panas, dan Belly ingin mengungkap alasannya. Ia mengalami ledakan kemarahan. Ia menjauh, dan tidak jadi dirinya sendiri. Ketika Yeremia mengaku punya perasaan terhadap Belly, memperingatkannya bahwa Conrad hanya akan menyakitinya, Belly menyadari bahwa inilah saatnya untuk mengambil satu halaman dari buku Yeremia dan memberi tahu Conrad bagaimana perasaannya.

 

3 dari 4 halaman

Ada Karakter Baru

Momen yang seharusnya jadi indah seketika berubah jadi ledakan emosi ketika Conrad mendorongnya pergi. Yeremia muncul dan menegur Conrad atas perilakunya, dan keduanya bertengkar. Ketika ibu Belly memecahkannya, ia dan Susannah menyadari bahwa anak laki-laki mengetahui rahasia yang mereka coba sembunyikan sepanjang musim panas.

Kanker Susannah telah kembali, dan prognosisnya tidak baik. Belly adalah yang terakhir mengetahuinya dan merasa dikhianati karena tidak diberi tahu, tapi dengan cepat mengesampingkannya untuk menghabiskan waktu di rumah pantai membuat kenangan indah.

Musim panas berakhir dan semua orang kembali ke rumah, tapi saat cerita berakhir, Belly dikejutkan kunjungan musim dingin dari Conrada. Keduanya pun pergi dengan mobilnya ke tempat yang tidak diketahui.

"Kami bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan karakter tertentu yang tidak kami dapatkan di buku, bahkan memiliki beberapa karakter baru," Han mengatakan. Sebanyak cerita berpusat pada kisah cinta rumit anak laki-laki Belly dan Beck, itu juga banyak berpusat pada hubungan Susannah dan Laurel.

4 dari 4 halaman

Elemen dari Buku yang Tidak Berubah

Lebih lanjut Han berkata, "Ini juga tentang persahabatan wanita dan kami benar-benar melihatnya melalui karakter Laurel dan Beck, persahabatan yang telah mereka bina selama beberapa dekade. Saya senang menceritakan kisah itu karena saya pikir kita tidak sering melihat orangtua di acara remaja memiliki kehidupan mereka sendiri.

Hidup mereka tampaknya sama rumit dengan Belly, yang mana terdapat tantangan dan rintangan orang dewasa untuk diatasi. "Saya ingin kedua wanita itu merasa mereka lebih dari sekadar berperan sebagai ibu atau istri, tapi memiliki kekayaan sendiri dalam hidup mereka," tambah Han.

Bahkan dengan beberapa perubahan, Han ingin pembacanya tahu ada sederet elemen dari buku yang tidak berubah. "Bagi saya, apa yang penting untuk dijaga adalah inti dari cinta segitiga," kata Han, seraya menambahkan bahwa "itu benar-benar hal yang perlu mengapung."

Di antara momen-momen yang digambarkan Han adalah api unggun dan adegan tertentu di dalam mobil bersama Belly dan Conrad. Selain itu, makan malam ulang tahun Belly dengan semua orang "penting bagi saya untuk dimiliki," tambah Han.

Musim pertama The Summer I Turned Pretty sudah tayang pada Jumat, 17 Juni 2022 di Prime Video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.