Pindah ke Rumah Baru, Jangan Lewatkan 10 Daftar Perkakas Wajib Ini!

Oleh Gilar Ramdhani pada 17 Jun 2022, 17:34 WIB
Diperbarui 20 Jul 2022, 00:03 WIB
Pindah ke Rumah Baru, Jangan Lewatkan 10 Daftar Perkakas!
Perbesar
Ilustrasi pindah rumah. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Pindah ke rumah baru yang lebih nyaman dan luas pasti menjadi momen yang dinantikan setiap rumah tangga, entah pasangan baru atau yang sudah lama menikah. Ketika waktu ini datang, ada salah satu hal yang tidak luput dari perhatian rumah tangga yakni kemampuan kita dalam memasang, memperbaiki hingga membuat karya sendiri di rumah.

Untuk melakukan berbagai aktivitas itu, kita membutuhkan peralatan pertukangan atau dikenal perkakas. Ada banyak jenis dan bentuk, tapi minimal kamu perlu daftar perkakas ini ada di rumah. Bukan cuma untuk yang pindahan rumah, kamu yang ingin renovasi dan dekorasi baru juga perlu.

1. Obeng

Perkakas pertama yang wajib dimiliki adalah obeng. Bukan hanya berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan baut, alat ini punya banyak fungsi untuk urusan terkait perabotan rumah. Ada banyak jenis, tapi minimal kamu harus punya obeng plus atau kembang dan minus. Jika ingin lebih lengkap, kamu bisa mencari satu paket yang berisi bagian kepala obeng dengan ragam jenis.

2. Baut dan Sekrup

Sudah ada obeng, maka jangan lupa untuk stok baut dan sekrup. Keduanya memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Baut memiliki ulir tidak penuh dan kepalanya biasanya berbentuk segi enam. Baut juga dilengkapi dengan mur. Sementara itu, sekrup ulirnya penuh dan bagian kepalanya terdapat guratan untuk obeng plus atau minus. Kalau pakai sekrup, tidak perlu lagi dipasang mur.

3. Mesin Bor

Mesin ini akan memudahkan kita ketika akan membuat lubang pada bidang seperti dinding, kayu dan lainnya. Kamu bisa memilih bor manual, listrik dan bertenaga baterai.

Perkakas
Perbesar
Perkakas/Alat Pertukangan. (Shutterstock)

4. Palu dan Paku

Benda ini seperti pasangan yang tidak dapat dipisahkan, wajib ada di setiap rumah. Umumnya ada tiga jenis paku yang diperlukan seperti paku kayu, beton dan paku payung. Selanjutnya, kamu tinggal memasang paku-paku tersebut dengan palu. Urusan memasang atau menempelkan benda-benda di dinding jadi lebih mudah.

5. Tang

Tang memudahkan kamu untuk mencabut paku, memotong kawat dan kabel serta melepaskan baut yang biasanya berbentuk segi empat atau enam.


Perkakas Selanjutnya

Perkakas
Perbesar
Perkakas/Alat Pertukangan. (Shutterstock)

6. Kunci Inggris

Kunci Inggris sendiri berfungsi untuk melepas atau memasang mur atau baut yang dapat disetel menyempit atau melebar sesuai dengan ukurannya.

7. Gergaji

Gergaji menjadi alat utama untuk urusan potong memotong benda, dar kayu, pipa, maupun besi. Minimal kamu bisa memiliki gergaji satu dan dua sisi, karena ini sering yang dibutuhkan untuk urusan rumah tangga sederhana.

8. Gunting Baja Ringan

Untuk memotong benda yang lebih keras dan tebal, seperti seng, kawat dan semacamnya diperlukan gunting baja ringan. Jangan pakai gunting biasa, karena bisa merusak gunting kamu sendiri.

 


Alat Pengukur

9. Penggaris Besi

Penggaris besi bisa diandalkan untuk membuat garis di dinding atau pola pada kayu untuk kaki-kaki meja agar presisi. Minimal kamu bisa sediakan penggaris ukuran 30cm.

10. Meteran

Untuk skala pengukuran yang lebih panjang, kamu Bentuknya yang ringkas karena pita seng akan tergulung ke dalam, sehingga mudah digunakan. Alat ini penting sekali bila kamu berniat untuk membeli perabotan dan ingin menyesuaikan dengan kondisi rumah.

Segera lengkapi daftar perkakas tersebut untuk urusan rumah tangga yang lebih mudah. Pesan secara online di marketplace favorit kamu.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya