Mengapa Kucing Menyukai Catnip?

Oleh Putu Elmira pada 30 Jun 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 05:02 WIB
Ilustrasi Kucing
Perbesar
Ilustrasi kucing. (dok. Unsplash.com/Pacto Visual @pactovisual)

Liputan6.com, Jakarta - Kucing tak jarang menggosok, berguling, mengunyah dan menjilat daun catnip. Itu bukan hanya kesenangan berlebihan yang dipicu oleh kualitas tanaman yang memabukkan.

Dikutip dari CNN, Jumat, 17 Juni 2022, perilaku tersebut mengarah pada pelepasan senyawa tertentu yang dapat melindungi kucing dari nyamuk yang mengganggu, menurut penelitian baru di Jepang. Senyawa yang disebut iridoid dalam daun catnip (Nepeta cataria) dan tanaman silver vine (Actinidia polygama) bertindak sebagai pengusir serangga

Senyawa itu dilepaskan saat kucing menggosok tubuh mereka ke daun, demikian hal yang ditemukan tim yang sama dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu. Catnip dan silver vine adalah tanaman berbunga dengan daun aromatik yang tumbuh di banyak tempat di seluruh dunia.

Catnip kering dan daun silver vine juga digunakan dalam mainan kucing. Penelitian terbaru kelompok tersebut telah menunjukkan bahwa cara kucing menjilat dan mengunyah daun menyebabkan 10 kali lipat jumlah senyawa ini dilepaskan, dengan daun yang rusak sehingga membuat sifat pengusir serangga lebih efektif.

Dengan bantuan 16 kucing, para peneliti membandingkan respons kucing dengan daun silver vine utuh dan daun yang kusut dan disobek dengan tangan. Kucing menunjukkan minat yang lebih lama untuk berinteraksi dengan daun yang rusak dibandingkan dengan daun yang utuh.

Kemudian, untuk menguji apakah kucing bereaksi terhadap iridoid secara khusus, kucing diberi piring dengan nepetalactone murni dan nepetalactol, senyawa aktif utama dalam catnip dan silver vine. "Kucing menunjukkan respons yang sama terhadap koktail iridoid dan tumbuhan alami kecuali untuk mengunyah," kata Masao Miyazaki, seorang profesor di departemen kimia biologi dan ilmu makanan di Iwate University di Jepang, dalam rilis berita.

"Kucing menjilat bahan kimia di piring plastik dan bergesekan dan berguling di piring," lanjutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Reaksi Kucing

Ilustrasi Kucing
Perbesar
Ilustrasi Kucing (dok.Pixabay/Annette Meyer)

Ini adalah bau tanaman yang memicu perilaku tersebut, menurut penelitian. "Ketika koktail iridoid dioleskan di bagian bawah piring yang kemudian ditutup dengan penutup plastik yang dilubangi, kucing masih terlihat menjilat dan mengunyah meskipun mereka tidak bisa menyentuh bahan kimia secara langsung," kata Miyazaki.

"Ini berarti bahwa menjilati dan mengunyah adalah perilaku naluriah yang ditimbulkan oleh stimulasi penciuman iridoid," tambahnya.

Dalam kasus silver vine, merusak daun memicu pelepasan iridoid lainnya. "Nepetalactol menyumbang lebih dari 90% dari total iridoid pada daun utuh, tetapi ini turun menjadi sekitar 45 persen pada daun yang rusak karena iridoid lainnya sangat meningkat," katanya.

Ia menambahkan, "Campuran iridoid yang diubah sesuai dengan daun yang rusak mendorong respons yang jauh lebih lama pada kucing."

Pekerjaan itu mungkin membantu mengidentifikasi enzim tanaman yang dapat digunakan sebagai penolak serangga bagi manusia, kata studi tersebut. Miyazaki mengatakan bahwa catnip dan anggur perak tidak menimbulkan risiko bagi kucing dan tidak membuat ketagihan. Tanaman itu kemungkinan memberi kucing perasaan "euforia," jelasnya melalui email.


Apa Itu Catnip?

Ilustrasi Catnip
Perbesar
Ilustrasi catnip. (dok. Pixabay.com/rebeck96)

Dikutip dari PetMD, Jumat, 17 Juni 2022, catnip, atau Nepeta cataria, adalah tanaman umum yang merupakan anggota dari keluarga mint. Ini adalah tanaman yang mudah tumbuh di Amerika Utara dan memiliki dedaunan hijau muda seperti bulu dengan bunga lavender.

Daun catnip sebenarnya telah digunakan untuk membuat teh, dan bunganya dikatakan dapat meredakan batuk. Ini juga merupakan bahan utama dalam beberapa semprotan serangga alami.

Kucing memiliki organ aroma ekstra yang disebut kelenjar vomeronasal di langit-langit mulutnya. Jalur khusus ini memungkinkan aroma yang terkumpul di hidung dan mulut dibawa ke otak.

Nepetalactone adalah minyak yang ditemukan di dalam daun tanaman catnip yang dapat menyebabkan perubahan perilaku pada kucing. Untuk terkena zat ini, kucing harus mencium bau catnip.

Catnip meniru hormon seks kucing, sehingga kucing yang menikmati zat ini akan sering menunjukkan perilaku yang mirip dengan kucing betina yang sedang berahi (meskipun kucing jantan dan betina dapat mengalami efeknya). Perilaku ini dapat mencakup tanda-tanda kasih sayang, relaksasi, dan kebahagiaan yang nyata.

Kucing lain akan menunjukkan perilaku aktif, seperti main-main atau terkadang bahkan agresi. Untuk kucing yang memiliki pengalaman positif dengan catnip, dapat membantu mengurangi kecemasan dan bahkan menghilangkan rasa sakit.


Efek Samping Bila Berlebihan

Ilustrasi kucing
Perbesar
Ilustrasi kucing (dok.unsplash)

Beberapa dokter hewan merekomendasikan penggunaan catnip untuk membantu mengatasi kecemasan akan perpisahan jika kucing Anda akan sendirian di rumah untuk waktu yang lama. Tidak semua kucing akan merespons senyawa aktif dalam catnip.

Studi kedokteran hewan menunjukkan bahwa sekitar 60 persen kucing akan memiliki reaksi perilaku terhadap catnip. Jika kucing Anda tidak bereaksi terhadap catnip, Anda dapat mencoba silver vine.Ada juga bukti bahwa respons kucing terhadap catnip adalah sifat dominan yang didasarkan pada genetika.

Kucing dapat menelan catnip, dan bahkan dapat membantu saluran pencernaan mereka. Tanaman catnip sebenarnya telah digunakan pada orang-orang karena sifat antidiarenya. Dengan demikian, penting untuk mencegah kucing Anda menelan catnip dalam jumlah besar, karena ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Terlalu banyak catnip dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kucing, seperti muntah, diare, pusing, atau kesulitan berjalan. Gunakan sedikit demi sedikit, dan Anda selalu dapat mendiskusikan jumlah yang tepat untuk kucing Anda dengan dokter hewan. Catnip segar lebih manjur daripada bentuk kering, jadi Anda tidak perlu memberi kucing Anda sebanyak itu. Disarankan juga untuk menghindari minyak catnip yang sangat pekat karena potensinya.

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya