Gaun Marilyn Monroe Ternyata Sudah Rusak Sebelum Dipakai Kim Kardashian?

Oleh Asnida Riani pada 16 Jun 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 17:05 WIB
FOTO: Kim Kardashian Dianggap Merusak Gaun Marilyn Monroe
Perbesar
Kim Kardashian menghadiri Met Gala 2022 di The Metropolitan Museum of Art, New York City, Amerika Serikat, 2 Mei 2022. Banyak netizen kecewa dan menuliskan komentar miring pada Kim Kardashian setelah dianggap merusak gaun Marilyn Monroe. (Dimitrios Kambouris/Getty Images for The Met Museum/Vogue/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Awal pekan ini, Kim Kardashian kembali berada di tengah arus kontroversi ketika ia diduga merusak gaun Marilyn Monroe yang dikenakannya ke Met Gala 2022. Pada Senin, 13 Juni 2022, Pop Culture mengunggah foto gaun yang dimaksud secara berdampingan, diduga sebelum dan sesudah Kim mengenakannya.

Salah satu jepretan menunjukkan tanda-tanda kain meregang dan kristal yang hilang, terutama di sekitar penutup belakang gaun termahal di dunia itu. Tapi, mengingat foto "sebelum" yang digunakan dalam perbandingan itu diambil ketika dilelang pada 2016, enam tahun sebelum Kim memakainya, beberapa orang mempertanyakan apakah perempuan berusia 41 tahun itu "satu-satunya penyebab kerusakan tersebut."

Selain diambil dalam pencahayaan lebih baik, dokumentasi "sebelum" berasal dari video lelang, di mana Ripley membeli gaun Marilyn Monroe dengan harga hampir 5 juta dolar AS, melansir Buzzfeed, Kamis (16/6/2022). Seorang pengguna TikTok pun telah menarik perhatian ke video unggahan Ripley untuk mendokumentasikan fitting Kim.

Itu tampaknya membuktikan bahwa kristal telah hilang dari gaun itu, bahkan sebelum Kim mencobanya. Dalam bidikan gaun yang tersisa saat digantung, kekurangan yang sama terlihat seperti pada foto terbaru dari lemari besi, meski dalam cahaya yang jauh lebih bagus.

"Kerusakan sudah ada bahkan sebelum Kim Kardashian mengenakan gaun itu, atau setidaknya mencoba," klaim pengguna media sosial itu sambil fokus pada tangkapan layar dari video. "Ini adalah cuplikan gaun yang dibagikan Ripley ketika Kim pergi berkunjung dan mencobanya untuk pertama kali.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ternyata Sudah Rusak?

FOTO: Kim Kardashian Dianggap Merusak Gaun Marilyn Monroe
Perbesar
Kim Kardashian menghadiri Met Gala 2022 di The Metropolitan Museum of Art, New York City, Amerika Serikat, 2 Mei 2022. Kim Kardashian memakai gaun Marilyn Monroe ke Met Gala 2022 yang digelar bulan lalu. (Dimitrios Kambouris/Getty Images for The Met Museum/Vogue/AFP)

Lebih lanjut pengguna itu menggarisbawahi, "Rhinestones-nya hilang, klemnya berantakan, dan bahkan tidak ditutup. Jadi, bagaimana kita tahu bahwa gaun itu tidak terlihat seperti ini (foto 'sesudah') saat dijepit atau ditutup?"

Dari situ, tidak sedikit warganet yang setuju dengan anggapan tersebut. Salah satunya menuliskan, "Orang-orang selalu mencari cara untuk membenci Kim. Kecemburuan bukanlah sesuatu yang bagus!"

Yang lain bertanya, "Mereka benar-benar berpikir itu akan terlihat persis sama setelah bertahun-tahun?" sementara ada juga yang berkomentar, "Video yang menunjukkan gaun itu dalam kondisi sempurna juga difilmkan pada 2016. Sudah lebih dari enam tahun sejak difilmkan,"

"Kain robek 100 persen karena sudah tua dan klemnya ditutup,” yang lain menanggapi. "Saya hanya berharap pencahayaan di kedua foto itu sama sehingga kita bisa benar-benar melihat perbedaan yang nyata." Ada juga warganet yang mengatakan bahwa gaun itu sebenarnya adalah tanggung jawab Ripley, yang tidak pernah meninggalkan Kim sendirian dan setuju untuk meminjamkan padanya.


Langkah-Langkah Keamanan

Kim Kardashian
Perbesar
Kim Kardashian kenakan gaun yang pernah dikenakan Marilyn Monroe pada Met Gala 1962 (dok.Instagram/@metgalaofficial/https://www.instagram.com/p/CdE8vigq6lm/Komarudin)

Wakil presiden lisensi dan penerbitan museum, Amanda Joiner, sebelumnya berbagi langkah-langkah keamanan ekstrem yang diambil untuk melestarikan gaun Marilyn Monroe itu dalam sebuah wawancara dengan Daily Beast. "Kami pada dasarnya banyak berbincang dengan Kim dan timnya. Juga, menempatkan banyak persyaratan dengan keamanan dan penanganan gaun itu," jelasnya, 5 Mei 2022.

Ia menyambung, "Gaun itu tidak pernah berada di tangan Kim sendiri. Selalu ada perwakilan Ripley yang mendampingi. Kami selalu memastikan bahwa setiap saat kami merasa bahwa gaun itu dalam bahaya robek atau kami merasa tidak nyaman tentang apa pun, kami selalu mengatakan bahwa kami tidak akan melanjutkan ini."

Terlepas dari itu, beberapa ahli "kecewa" melihat Kim dalam gaun "sangat rapuh" Marilyn Monroe di Met. "Ini bukan keputusan yang mudah bagi Ripley. Namun, Kim Kardashian terus menunjukkan rasa hormat tertinggi untuk kesempatan dan pakaian bersejarah ini," kata Ripley dalam pernyataan pascagala.


Dipakai Beberapa Menit

Kim Kardashian Met Gala 2022
Perbesar
Meski tak mengikuti model rambut Marilyn Monroe, namun transformasi Kim Kardashian total dengan blonde hair color. (Foto: Instagram @kimkardashian)

Lebih lanjut Ripley's mengatakan, "Dari penelitian ekstensif hingga mengikuti pedoman seperti tidak ada riasan tubuh, hanya mengenakan gaun untuk penampilan karpet merah pendek, dan sama sekali tidak membuat perubahan, ia telah jadi pelayan sejarahnya."

Saat itu, museum juga mencatat bahwa "tidak ada kerusakan" yang terjadi pada pakaian tersebut. Gaun ikonis tersebut sebelumnya dikenakan Monroe saat menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Presiden John F Kennedy pada 19 Mei 1962.

Gaun yang kemudian dikenang dalam momen "Happy Birthday, Mr. President" ini dikenakan Monroe tiga bulan sebelum ia meninggal dunia. Didesain Jean Louis, gaun ikonis Monroe ini bernilai 12 ribu dolar AS (sekitar Rp174 juta) dan kabarnya memiliki desain sangat ketat.

Tidak heran, Kim dikabarkan harus menurunkan berat badan sampai tujuh kilogram demi bisa memakainya. Selama ini, gaun tersebut disimpan di Museum Ripley's Believe It or Not!, Florida, Amerika Serikat. Di Met Gala 2022, Kim hanya memakainya selama "beberapa menit" sebelum berganti mengenakan gaun replika segera setelah meninggalkan karpet merah.

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya