Eril Anak Ridwan Kamil Titip Beli Sepatu di Spanyol untuk Satpam SMA 3 Bandung

Oleh Putu Elmira pada 16 Jun 2022, 11:06 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 11:06 WIB
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)
Perbesar
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Liputan6.com, Jakarta - Eril anak Ridwan Kamil memang telah tiada, namun sosoknya yang begitu peduli sesama akan terus dikenang bagi orang-orang terdekat. Salah satu bentuk aksi manis Eril semasa hidup adalah mempersembahkan sepasang sepatu untuk satpam SMA 3 Bandung, tempat Eril menuntut ilmu.

Kisah menyentuh ini dibagikan oleh ayahanda Eril, Ridwan Kamil melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadi pada Rabu, 16 Juni 2022. Unggahan berlatar putih tersebut disertai keterangan tulisan dengan ambar sepatu warna di bagian bawahnya diiringi dengan lagu bertajuk "Sepatu" oleh penyanyi Tulus.

Kisah itu bermula ketika Eril masih duduk di bangku SMA, Kang Emil, begitu ia akrab disapa dan sekeluarga pergi umroh. Selepas dari Tanah Suci, Ridwan Kamil melanjutkan perjalanan dengan bepergian ke Spanyol.

"Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, "Pap, titip beliin sepatu yang ini ya."" tulis Ridwan Kamil dalam keterangan unggahan menirukan permintaan putra sulungnya kala itu.

Ridwan Kamil melanjutkan bahwa ia tentunya membelikan permintaan untuk anak kesayangannya. Namun, Gubernur Jawa Barat itu sempat bertanya dalam hati dan bingung karena ukuran sepatu yang diberikan Eril berbeda.

Sepekan kemudian, Ridwan Kamil baru tahu bahwa Eril membeli sepatu tersebut bukan untuk dirinya. "Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yg jadi teman baiknya, karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya." lanjut suami Atalia Praratya tersebut.

"Mungkin sudah rejeki si satpam, yang Eril panggil "Masbro", untuk pake sepatu keren buatan Spanyol. #JejakEril," tutup Ridwan Kamil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lukisan Eril di Pemakaman

Dibawa ke Pemakaman, Lukisan Wajah Eril Ternyata Hasil Karya Zara
Perbesar
Zara anak kedua Ridwan Kamil lukis wajah sang kakak sebagai tanda cinta. (Sumber: TikTok/sorryoutoforder)

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz telah dimakamkan di Islamic Center, Cimaung, Banjaran pada Senin siang, 13 Juni 2022. Selama proses pemakaman Eril, sang adik, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara tampak menjadi sorotan publik.

Zara merupakan saksi mata, sekaligus orang terakhir yang bersama Eril sebelum ia terbawa arus dan tenggelam saat mereka berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, beberapa waktu lalu. Zara tampak begitu terpukul atas kepergian Eril untuk selama-lamanya.

Anak kedua Ridwan Kamil dan Atalia Praratya tersebut sesekali terlihat dipeluk dan dikuatkan oleh kedua orangtuanya. Kala itu, ia juga terlihat memegangi lukisan wajah Eril. Ternyata lukisan tersebut secara khusus dibuat sendiri olehnya untuk sang kakak.

Hal ini diketahui oleh akun TikTok @sorryoutoforder, yang diduga merupakan akun milik Zara. Dalam salah satu video, mengabadikan proses pembuatan lukisan tersebut yang ia dedikasikan untuk kakak terbaiknya.

"I dedicate this painting for my dear brother (Aku persembahkan lukisan ini untuk kakakku tersayang)," tulisnya dalam unggahan pada Senin, 13 Juni 2022.  Dalam keterangan video, Zara juga menuliskan pesan yang begitu menyentuh menggunakan bahasa Inggris.

"Terima kasih sudah menjadi kakak terbaik di dunia, telah menjadi sahabatku yang mendengarkan dan bercanda denganku, dan telah menjadi mentorku dalam hidup. Aku mencintaimu selalu, semoga kamu beristirahat dalam cinta A' Eril. Hormatku, adikmu tersayang, Zara," tulisnya.


Foto Eril yang Terakhir Diambil Ridwan Kamil

7 Momen Pemakaman Eril Putra Ridwan Kamil, Dikebumikan di Cimaung
Perbesar
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Foto: Dok. Instagram @ataliapr)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menampilkan potret putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril pada Minggu, 12 Juni 2022. Foto Eril yang tampak sangat mirip dengan ayahnya tersebut disertai keterangan filosifi hidupnya diiringi dengan lagu Forever Young oleh Alphaville.

"Siapa ingin menjadi bunga indah di surga diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia" Emmeril Kahn Mumtadz," demikian bunyi filosofi Eril di akun Instagram Ridwan Kamil.

Dalam foto itu, Eril terlihat mengenakan kaus putih yang dibalut dengan jas warna biru muda. Sembari tersenyum manis, anak sulung Ridwan Kamil tersebut juga tampak memakai kacamata hitam.

Ada makna menyentuh di balik potret Eril tersebut. Ridwan Kamil berbagi sepenggal kisah di balik filosofi dan potret Eril itu.

"Filosofi Hidup Eril : "berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan" Dan ini foto terganteng, foto terakhir yang saya jepret pribadi," tulis Kang Emil, begitu ia akrab disapa.


Tempat Peristirahatan Terakhir Eril

7 Momen Pemakaman Eril Putra Ridwan Kamil, Dikebumikan di Cimaung
Perbesar
Pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril anak Ridwan Kamil. (Sumber: YouTube/Liputan6)

Pada Sabtu, 11 Juni 2022, Ridwan Kamil membagikan unggahan terkait tempat peristirahatan terakhir Eril. "Dear Eril, Saatnya kamu pulang ke negeri yang menguntai jutaan doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu," tulisnya.

Ridwan Kamil melanjutkan, "Dear Eril, Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah.Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai."

Ia juga menjelaskan bahwa rumah akhir putranya berada di sebelah masjid yang bertempat di kampung sang ibunda. "Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya "terbaik". "Terbaik" adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tutup Ridwan Kamil.

Infografis 14 Hari Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 14 Hari Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya