Sukses

Biksu Asal Korea Selatan Jadi Salah Satu Chef Paling Dihormati di Asia

Biksu Korea Selatan Jeong Kwan adalah penerima Icon Award dari Asia's 50 Best Restaurant.

Liputan6.com, Jakarta - Jeong Kwan bukanlah biksu pada umumnya. Setelah latihan meditasi pagi dan sarapan, dia merawat kebunnya di dalam Baekyangsa, sebuah kuil di Taman Nasional Naejangsan yang indah, selatan Seoul, Korea Selatan.

Dilaporkan CNN Travel,  Jeong menerima Icon Award dari Asia's 50 Best Restaurant. Ia dipilih lebih dari 300 anggota akademi penghargaan. Ia dinilai tokoh kuliner yang memengaruhi dan menginspirasi orang lain secara positif.

"Saya sangat terhormat menerima penghargaan itu. Seperti yang Anda ketahui, saya adalah seorang biksu, bukan chef terlatih. Sangat menyenangkan mendengar bahwa orang-orang di seluruh dunia tertarik dengan masakan Korea," kata Jeong Kwan.

"Bahkan dengan penghargaan seperti itu, saya harus tetap rendah hati dan tidak membiarkan kesombongan masuk ke dalam hati saya. Keikhlasan yang tulus adalah cara saya menyapa setiap orang yang saya temui," dia menambahkan.

Chef itu mengabdikan dirinya untuk agama Buddha pada 1974. Meskipun begitu, ia mengaku masih merasa seperti remaja di hati, meski usia dan spiritualitasnya telah berkembang.

Ketika Jeong Kwan berusia 17 tahun, ibunya meninggal. Ia sangat berduka dan setelah 50 hari kematian ibunya, Jeong pergi ke kuil.

“Di sana, saya bertemu dengan biksu lain yang menjadi keluarga baru saya. Saya menemukan pencerahan dan kegembiraan dalam mempraktikkan agama Buddha. Saya kemudian memutuskan bahwa di sinilah saya ingin menghabiskan sisa hidup saya, mempraktikkan agama Buddha," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masakan Kuil

Pada 2013, Jeong Kwan memutuskan untuk membuka pintu kuil bagi pengunjung. Dengan begitu, dia dapat terhubung dengan orang-orang yang ingin belajar tentang agama Buddha, terutama melalui masakannya.

"Makanan kuil adalah penghubung yang menyatukan energi fisik dan mental. Ini tentang memaksimalkan rasa dan nutrisi dari bahan nabati dengan bumbu terbatas atau tambahan bumbu," katanya.

Bagi Jeong, masakan kuil adalah bagian dari praktik Buddhis-nya dan perjalanan menemukan jati diri. Orang-orang yang memasak dan orang-orang yang memakan makanan kuil semuanya dalam perjalanan untuk mencari tahu siapa dirinya. "Saya pikir masakan kuil Korea menghubungkan orang-orang bersama dan akan terus memainkan peran itu."

Semua hidangan Jeong Kwan adalah vegan dan dibuat tanpa bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang. Makanannya dibuat dengan bahan organik segar serta saus dan hidangan yang difermentasi seperti pasta kacang dan kimchi -- semuanya ditanam atau dibuat di kuil. Tidak ada menu yang ditetapkan, dia bekerja dengan produk segar apa pun yang dipanen hari itu sehingga hidangannya sangat bervariasi.

 

 

3 dari 4 halaman

Seimbangkan Unsur-Unsur Dalam Tubuh

Jeong Kwan percaya bahwa makanan dapat membantu menyeimbangkan unsur-unsur dalam tubuh kita dengan mengembalikan kelembapan atau menurunkan suhu tubuh ke keadaan yang harmonis. Salah satu contohnya adalah doenjang -- pasta kacang fermentasi Korea -- yang sering digunakan biksu untuk menciptakan keseimbangan ini dalam makanannya. Tapi, membuat doenjang adalah proses yang panjang.

Dia dan penghuni kuil lainnya memulai dengan merebus dan menumbuk kedelai pada November 2021. Kemudian, adonan dicetak menjadi meju -- bata kedelai -- untuk dikeringkan dan disimpan. Pada April 2022, air asin ditambahkan ke meju. Pada Mei 2022, para biksu di kuil memisahkan air asin -- yang pada tahap ini sekarang kecap -- dari pasta kacang.

"Jika Anda datang berkunjung, Anda akan melihat bagian kuil tempat kami menyimpan semua bahan tradisional -- pasta dan saus -- di dalam pot. Semuanya saya beri label sehingga sangat tertata. Ini adalah tempat yang sangat indah," kata Jeong Kwan, matanya berbinar saat dia berbicara tentang makanannya.

"Pasta kacang tahun ini sangat enak karena cuacanya sempurna. Siang hari sangat cerah dan masih cukup dingin di malam hari." Dia memiliki toples kecap, pasta kacang, dan lobak yang telah diseduh dalam stoples selama lebih dari dua dekade sekarang. Ini adalah ciptaannya yang paling berharga di kuil.

"Aku akan membawa mereka jika aku harus pindah ke kuil lain suatu hari nanti," canda Jeong Kwan. "Ini adalah karya alam. Sungguh ajaib bagaimana dengan memfermentasi, Anda mengubah energi dari bahan aslinya. Lobak yang dipetik tidak lagi memiliki energi lobak tetapi mereka telah memasukkan energi dari saus yang difermentasi dan kemudian mereka menyelaraskan tubuh kita ."

 

4 dari 4 halaman

Kekhawatiran Ayah

Jeong Kwan menyadari bahwa dia memiliki hasrat untuk makanan sejak usia muda, ketika dia melihat ibunya memasak. Pada 1994, dia memutuskan untuk sepenuhnya mendedikasikan dirinya untuk memasak di kuil.

"Bagi saya, makanan sangat penting. Ini bisa membawa hubungan yang kuat antara orang-orang," kata Jeong Kwan.

Salah satu kenangannya yang paling berharga adalah kunjungan bait suci dari ayahnya."'Mengapa kamu ingin tinggal di sini -- Kamu bahkan tidak bisa makan daging di sini?'" dia mengingat pertanyaannya.

"Saya membuat hidangan jamur untuknya dan setelah dia mencicipinya, dia berkata, 'Saya belum pernah mencicipi sesuatu yang begitu lezat. Jika kamu bisa makan sesuatu yang begitu lezat di sini, saya tidak akan mengkhawatirkanmu untuk tinggal di kuil.'"

Tapi tidak semua kenangan terbaiknya tentang makanan terjadi di dapurnya sendiri. Jeong Kwon telah dapat menikmati beberapa makanan yang luar biasa saat bepergian ke luar negeri. Suatu kali di restoran Paris Alain Passard, chef Prancis terkenal dengan nama yang sama memasak makanan vegan untuknya.

"Saat saya sedang makan, saya merasa seperti ini adalah makanan saya. Tidak ada penghalang dalam makanan. Ini sangat nyaman dan saya merasa sangat seperti di rumah sendiri," kata biksu itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.