Sukses

Viral Pedagang Makanan di Jepang Bangun Tenda sampai Layani Pelanggan Sendiri

Warung makanan pria itu terlihat cukup besar meski berada di pinggir jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang makanan yang cekatan tentu akan membuat pelanggan senang. Tak jarang, sikap cekatan itu juga membuat pembeli kagum. Salah satu contohnya tampak dalam unggahan akun TikTok @sailormoongalak.

Dalam unggahan itu, ia menunjukkan seorang pria penjual makanan kaki lima di Jepang yang sangat cekatan. Dari mulai membuka lapak hingga melayani pelanggan, semua dilakukan sendiri oleh pria itu.

Awalnya, ia mengeluarkan sebuah gerobak dari mobil, lalu mendorong gerobak yang akan jadi lapaknya berjualan. Setelah itu, ia mengeluarkan beberapa peralatan yang dibutuhkan dari mobilnya.

Pria ini kemudian terlihat memasang baut, memasang tenda, menata kursi, dan memasang gas. Selanjutnya, ia menyiapkan masakan yang akan dijual. Makanan tersebut ia masak sebentar dan terus dihangatkan agar bisa disajikan pada pelanggan dalam keadaan fresh dan menggugah selera.

Semua proses memasak itu benar-benar ia tangani seorang diri. Setiap prosesnya ia lakukan dengan cepat tapi tetap teliti.  Saat lapaknya sudah siap, orang-orang mulai berdatangan untuk membeli dagangannya. Kini, warung makannya terlihat cukup besar meski berada di pinggir jalan.

Ia juga melayani semua pelanggannya dengan cepat dan baik. "Sungguh etos kerja yang luar biasa ya. Semoga menginspirasi," tulis pengunggah video.

Pengunggah video ini juga menuliskan bahwa pedagang kaki lima itu membuat dirinya kagum. Kerja keras dan ketangkasannya patut diacungi jempol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cekatan

Video yang diunggah pada 13 Juni 2022 ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Di Jepang jangan ditanya soal kecekatannya. Aku salut mereka jualan sendiri kadang ramai tapi cepat nggak ada lelet-leletnya," komentar seorang warganet.

"Kalau gue belum jualan udah nyerah duluan misal harus begitu," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, video tentang pedagang makanan di pinggir jalan itu sudah dilihat lebih dari 11 juta kali dan disukai lebih dari 407 ribu kali.

Penjual makanan di pinggir jalan tentunya juga banyak dijumpai di Indonesia. Kita tentu sudah terbiasa melihat pedagang makanan di pinggir jalan. Tapi ada sebuah warung di Jakarta yang cukup unik.

Saat membeli makanan langsung di tempat, biasanya orang akan dengan mudah mendapatkan pesanannya. Pembeli akan secara langsung memberi makanan pada pelanggan. Akun TikTok @nurinwaskita membagikan video tentang penjual ayam goreng dengan metode penjualan yang unik.

3 dari 4 halaman

Warung Kerek

Sebuah warung makan sederhana di pinggir kali ini laris manis dibeli oleh pekerja kantoran di area dekat gedung-gedung pencakar langit di kawasan Jakarta Selatan. Saat itu seorang perempuan hendak membeli makanan saat istirahat siang.

Ia pun pergi besama teman-temannya ke pinggir jalan dekat kali. Di seberang kali itu terdapat warung makan yang berlokasi di sebuah perkampungan.

Untuk membeli makan di warung tersebut, pembeli perlu berteriak untuk berkomunikasi dengan penjual. Di pinggir jalan tersebut juga terpasang sebuah tali lengkap dengan ember yang terpasang.

Menu makanan yang dijual di warung itu juga diletakkan di dalam ember. Pembeli bisa memesan menu yang tertera di sana kemudian meletakkan uang di dalam ember. Setelah selesai memesan, penjual akan mengerek tali dan ember pun menghampirinya. Pelanggan pun akan menunggu makanan disiapkan.

Setelah siap, pesanan akan ditaruh kembali di ember dan dikerek menuju pembeli. Harga makanan yang dijual di warung kerek ini pun cukup terjangkau. Seporsi nasi ayam penyet hanya dibanderol dengan harga Rp15 ribu.

4 dari 4 halaman

Pakai Sekop

Beda lagi dengan seorang penjual nasi goreng di kawasan Pasar Doro, Desa Gulang Kudus, Jawa Tengah. Biasanya untuk mengaduk nasi goreng, penjual menggunakan sudu, semacam sendok besar bergagang panjang.

Beda dengan penjual ini yang juga jadi ciri khasnya. Ia menggunakan sekop untuk mengaduk nasi agar tercampur merata dengan bumbunya. Sekop biasanya digunakan untuk menggali, mengangkat, dan memindahkan material curah, seperti tanah, batu bara, kerikil, salju, pasir, atau bijih.

Kebanyakan sekop adalah perkakas tangan yang terdiri dari bilah lebar yang dipasang pada gagang berukuran sedang, ada yang berukuran kecil dan besar. Sekop yang dipakai penjual nasi goreng di Kudus tersebut terlihat berukuran kecil.

Informasi itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @Leluhurpart1610.Dalam video tersebut, penjual nasi goreng itu dengan santainya pakai sekop untuk mengaduk nasi. Para pelanggan pun sudah setiap menunggu pesanan yang tengah dimasak. Beberapa anak muda yang sedang menyantap nasi goreng terlihat ikut menyasikan aksi penjual nasi goreng tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.