Weird Genius Siap Tampil di Festival Musik Dunia Usai Mejeng di Times Square New York

Oleh Henry pada 14 Jun 2022, 15:07 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 15:21 WIB
Weird Genius. (Foto: Instagram @weird.genius)
Perbesar
Weird Genius. (Foto: Instagram @weird.genius)

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi ini situasinya sudah mulai membaik dan sejumlah konser musik sudah banyak digelar. Salah satu grup musik yang kini semakin sering tampil di panggung musik adalah Weird Genius. Yang terbaru, mereka tampil dalam sebuah festival musik di Bandung pada akhir pekan lalu.

Grup musik EDM dan synth-pop yang beranggotakan Reza "Arap" Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu ini kerap melahirkan karya-karya yang menjadi hits bahkan mendunia. Weird Genius dibentuk pada 2016 dan sudah banyak melahirkan lagu populer mulai dari Lathi hingga DPS.

Salah satu lagu karya Weird Genius ialah lagu berjudul 'Sweet Scar' yang dirilis pada 7 September 2017 dengan menggandeng Prince Husein sebagai vokalis. Lagu ini pun menjadi booming, dan hingga kini telah dilihat hingga 91 juta kali di kanal Youtube Weird Genius.

Lagu 'Sweet Scar' berkisah tentang pengkhianatan cinta yang dialami oleh seseorang.  Dengan merilis lagu-lagu berbahasa Inggris, Weird Genius juga pernah berkolaborasi dengan musisi luar negeri, seperti dengan duo asal Belanda, Yellow Claw.

Melansir kanal Citizen6 Liputan6.com, mereka mengusung lagu baru bertajuk "Lonely" dan menggandeng salah satu finalis Indonesian Idol, Novia Bachmid. Setelah merilis lagu baru serta video lirik berjudul Lonely pada 29 April lalu, kolaborasi Yellow Claw dan Weird Genius serta Novia Bachmid juga merilis official video klip "Lonely" pada 4 Mei 2022.

Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu “Hush” bersama Reikko dengan capaian global mencapai 30 juta kali pemutaran termasuk pemutaran melalui streaming dan radio. Lagu ini juga berhasil masuk sebagai nominasi AMI Awards 2021 pada kategori Lagu Dance Terbaik.

Dua tahun lalu, mereka juga memberikan kabar membanggakan di dunia musik Tanah Air. Foto ketiga personelnya, Reza Arap, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu terpampang di New York, Amerika Serikat. Baliho digital yang menampilkan wajah mereka terpampang di Times Square New York.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ikut Bangga

Weird Genius
Perbesar
Wajah para personel Weird Genius di New York, Amerika Serikat. (Instagram @ekagustiwana)

Potret baliho tersebut diperlihatkan oleh akun Instagram resmi mereka. Melalui unggahannya, Minggu (12/7/2020), baliho tersebut terpampang berkat pencapaian jumlah pemutaran lagu "Lathi" yang sudah mencapai 100 juta kali di platform digital.

"Lathi reaches 100 million total plays online! We hope to bring our show to New York, but this will do for now. Weird Genius in Times Square...." tulis Weird Genius dalam keterangan unggahannya.

Tentu saja kabar tersebut langsung menarik perhatian publik. Tak hanya para fans, warganet pun mengaku turut bangga dengan pencapaian tersebut. "Wew bangga gw sihhhhh gokil," komentar seorang warganet.

Sementara itu, para personel Weird Genius juga ikut mengutarakan kebanggaan mereka dengan cara masing-masing. "Idk what the exact caption for this. we made it. I made it," tulis Reza Arap.

"We've never been there, but at least our photo arrived first.#WGeverywhere," ujar Eka. "Thank you to everyone who told me spending years to stay up late making music in front of my laptop would be useless. It's so useless I got into Times Square. Big shoutout to @weird.genius team, we did it ☝🏽," timpal Gerald.

 


Di Luar Perkiraan

Gabungkan Musik EDM dan Gamelan, Ini 3 Fakta Lagu Lathi Beserta Liriknya
Perbesar
Lagu milik Weird Genius berjudul Lathi, ramai dibicarakan hingga viral di media sosial. (Sumber: Instagram/@weird.genius)

Tak bisa dipungkiri, kesuksesan itu ditopang juga dengan begitu banyaknya orang yang melakukan Lathi Challenge di aplikasi Tik Tok dan semacamnya. Hal itu di luar perkiraan mereka.

"Ternyata orang-orang suka dan Tik Tok challange-nya berjalan, kita dalam waktu dua bulan 'Lathi' di YouTube judah sampai 50 juta stream, kita number one di all platform music digital, bahkan ada yang sampai enam minggu jadi itu benar di luar perkiraan," kata Gerard.

"Lathi" menjadi lagu kedua yang digarap Gerard Liu sejak ia bergabung belakangan dengan Weird Genius. "Kalau dari aku sebagai member paling baru, awalnya aku benar-benar enggak memperkirakan seberapa besar impact dari lagunya Weird Genius, Arap awalnya bilang 'Gerald sama Eka siap-siap ya lagu ini bakal jadi hits. Cuma aku enggak ngira lagunya bisa se-hits itu," kata Gerard Liu lagi.

Tentu mereka tidak merasa cepat puas dengan pencapaian membanggakan itu. Di tahun ini misalnya, mereka bakal kembali tampil di arena internasional yaitu festival musik dunia, Tomorrowland Belgia 2022.


Festival Musik EDM Terbesar

Pernah Terpampang di Times Square, Weird Genius Siap Tampil di Festival Musik Dunia
Perbesar
Pernah Terpampang di Times Square, Weird Genius Siap Tampil di Festival Musik Dunia.  foto: Instagram @weird.genius  

Tomorrowland adalah festival musik EDM terbesar di dunia yang digelar setiap musim panas. Panggung ini akan membawa bintang musik dunia berkumpul di kota Boom, Belgia.Tahun ini Tomorrowland akan digelar pada 15 Juli hingga 1 Agustus 2022 mendatang. Masyarakat Indonesia pun bisa turut merasakan euforia ini karena ada perwakilan dari Indonesia yakni Weird Genius dan DJ Sihk.

"@tomorrowland 2022 here we come!!! We can’t wait to play this legendary festival in Europe!," tulis akun @weird.genius, beberapa waktu lalu. Reza Arap juga membagikan kabar bahagia itu melalui akun Twitter miliknya @yourbae. "Weird Genius at Tomorrowland-Belgium 2022. This is for you. I love you Indonesia," tulis akun Arap.

Salah satu hal unik dari gelaran tahun ini adalah line-up besar yang mengundang lebih dari 700 musisi musik elektronik dari seluruh dunia. Penampilan para musisi EDM tersebut akan dibagi dalam 14 panggung. Musisi yang bakal memeriahkan festival ini antara lain Alesso, Above & Beyond, Nicole Moudaber, Diplo, Amelie Lens, Marshmello, Purple Disco Machine, Martin Garrix, Vintage Culture dan banyak lagi.

Festival musik tahun ini akan menjadi edisi ke-16 Tomorrowland dengan tema 'The Reflection of Love'. Acara ini biasanya digelar pada bulan Juli.Namun pada 2020 festival ini tidak digelar secara virtual karena pandemi Covid-19. Lagu 'Lathi' dari Weird Genius pada saat itu sempat masuk ke dalam DJ set list 'Yellow Claw.'

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan
Perbesar
Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya