Gaun Marilyn Monroe Diduga Rusak Setelah Dipakai Kim Kardashian ke Met Gala 2022

Oleh Asnida Riani pada 14 Jun 2022, 13:01 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 13:06 WIB
Kim Kardashian
Perbesar
Kim Kardashian kenakan gaun yang pernah dikenakan Marilyn Monroe pada Met Gala 1962 (dok.Instagram/@metgalaofficial/https://www.instagram.com/p/CdE8vigq6lm/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Kontroversi Kim Kardashian memakai gaun Marilyn Monroe ke Met Gala 2022 sepertinya belum mau minggir dari lampu sorot atensi publik. Yang terbaru, ia diduga telah merusak gaun termahal di dunia tersebut, menurut Page Six, Selasa (14/6/2022).

Pada Senin, 13 Juni 2022, Pop Culture mengunggah foto gaun yang dimaksud secara berdampingan, diduga sebelum dan sesudah Kim mengenakannya. Salah satu jepretan menunjukkan tanda-tanda kain meregang dan kristal yang hilang, terutama di sekitar penutup belakang gaun itu.

"Kim seharusnya tidak pernah mengenakan gaun itu sejak awal. Maksud saya ya, bagus untuk memberi penghormatan pada Marilyn, tapi ia bisa membuat gaun baru dan direplikasi. Ini adalah artefak yang tidak lekang waktu dan ikonis yang telah hancur," tulis seorang pengguna Twitter, sementara yang lain berkomentar, "Serahkan pada Kim untuk menghancurkan karya seni bersejarah."

Ada juga yang menulis, "Selamat pada Met Gala karena telah menunjukkan contoh nyata mengapa departemen konservasi seperti Institut Kostum diperlukan untuk pakaian yang signifikan secara historis."

Sementara beberapa ahli "kecewa" melihat Kim dalam gaun "sangat rapuh" Marilyn Monroe di Met, Ripley's Believe It Or Not! Museum, yang meminjamkan busana tersebut, sebelumnya mengatakan pada Post bahwa tindakan telah diambil untuk mencegah kemungkinan kerusakan.

"Ini bukan keputusan yang mudah bagi Ripley, namun, Kim Kardashian terus menunjukkan rasa hormat tertinggi untuk kesempatan dan pakaian bersejarah ini," kata Ripley dalam pernyataan pascagala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gaun Ikonis

Kim Kardashian di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)
Perbesar
Kim Kardashian di Met Gala 2022. (Evan Agostini/Invision/AP)

Lebih lanjut Ripley's mengatakan, "Dari penelitian ekstensif hingga mengikuti pedoman seperti tidak ada riasan tubuh, hanya mengenakan gaun untuk penampilan karpet merah pendek, dan sama sekali tidak membuat perubahan, ia telah jadi pelayan sejarahnya."

Saat itu, museum juga mencatat bahwa "tidak ada kerusakan" yang terjadi pada pakaian tersebut. Perwakilan Ripley tidak segera menanggapi permintaan Page Six untuk mengomentari foto-foto baru tersebut.

Gaun ikonis tersebut sebelumnya dikenakan Monroe saat menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Presiden John F Kennedy pada 19 Mei 1962. Gaun yang kemudian dikenang dalam momen "Happy Birthday, Mr. President" ini dikenakan Monroe tiga bulan sebelum ia meninggal dunia.

Didesain Jean Louis, gaun ikonis Monroe ini bernilai 12 ribu dolar AS (sekitar Rp174 juta) dan kabarnya memiliki desain sangat ketat. Tidak heran, Kim dikabarkan harus menurunkan berat badan sampai tujuh kilogram demi bisa memakainya. Selama ini, gaun tersebut disimpan di Museum Ripley's Believe It or Not!, Florida, Amerika Serikat.


Gaun Lainnya

Kim Kardashian pakai gaun lain Marilyn Monroe setelah Met Gala 2022. (dok. Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/CdOTrhNFJAe/)
Perbesar
Kim Kardashian pakai gaun lain Marilyn Monroe setelah Met Gala 2022. (dok. Instagram @kimkardashian/https://www.instagram.com/p/CdOTrhNFJAe/)

Seolah tidak cukup sekali, Kim Kardashian telah kedapatan memakai gaun Marilyn Monroe lainnya. "Untuk melengkapi malam saya setelah The Met, saya mendapat kehormatan berganti busana (memakai gaun) Marilyn Monroe (rancangan) Norman Norell yang dikenakan ke Golden Globes 1962. di mana ia menerima Penghargaan Henrietta untuk Film Favorit Dunia," Kim menulis keterangan unggahan pada 6 Mei 2022.

Perempuan 41 tahun itu melanjutkan, "Dalam pencarian saya untuk menemukan gaun manik-manik (buatan) tangan Jean Louis yang saya kenakan ke gala, saya menemukan @heritageauctions memiliki gaun berpayet hijau ikonis milik Marilyn."

Lebih kebetulan lagi, florist Kim, Jeff Leatham, memperoleh penghargaan Golden Globe Monroe sejak malam itu, menjadikannya aksesori sempurna untuk maestro mode. "Saya melihat ini semua sebagai tanda bahwa semua bintang sejajar. Ini akan selamanya jadi salah satu hak istimewa terbesar dalam hidup saya untuk dapat menyalurkan (tampilan) Marilyn dengan cara ini," tulisnya.

Ia mengakhiri keterangan unggahannya dengan berterima kasih pada Lelang Julien dan Leatham karena "membantu membuat memori ini menjadi mungkin."


Tampilan Met Gala dari Tahun ke Tahun

Kim Kardashian
Perbesar
Kim Kardashian West menghadiri Met Gala 2021 di Metropolitan Museum of Art pada 13 September 2021 di New York City. (DIMITRIOS KAMBOURIS/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/GETTY IMAGES VIA AFP)

Popularitas keluarga Kardashian dan Jenner, termasuk Kim, membuat mereka jadi "tamu wajib" Met Gala sejak 2013. Setiap anggota keluarga Kardashian selalu menggunakan pakaian glamor dan mewah saat berjalan di karpet merah Met Gala.

Di Met Gala 2013, Kim mengenakan gaun ketat bermotif bunga-bunga Givenchy. Kala itu, ia sedang hamil anak pertamanya, North West, hasil hubungan dengan rapper Kanye West yang saat itu masih berstatus kekasihnya.

Tahun-tahun setelahnya, Kim hampir pasti tampil glamor dengan tema berbeda ketika menghadiri acara tersebut. Baru pada Met Gala 2017 ia memilih tampil polos. Saat itu, Kim mengenakan gaun putih rancangan Vivienne Westwood. Penampilannya yang "terlalu sederhana" sempat menuai kritik.

Hingga akhirnya penampilan Kim berubah drastis di Met Gala 2021 yang digelar di masa pandemi COVID-19. Tampilan Kim saat itu banyak dinilai sebagai "yang paling aneh dan menghebohkan."

Page Six mencatat, Kim mengenakan busana Balenciaga serba hitam rancangan direktur kreatif rumah mode itu, Demna Gvasalia. Ia tampil dalam balutan kaus tunik, bodysuit, sarung tangan siku, dan panta leggings dengan sepatu hak tinggi built-in.

Yang jadi sorotan adalah topeng yang menutupi seluruh wajahnya. Ia pun melengkapi tampilan dengan hair extension sepanjang 190 centimeter. Penata rambut Kim, Chris Appleton, mengungkap harga rambut ekor kuda itu di Instagram Story "Ask Me Anything" bahwa itu menelan biaya 10 ribu dolar AS (sekitar Rp142 juta).  

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya