Sukses

Pemberdayaan Petani Kakao Lokal dengan Pendekatan Berkelanjutan

Berkolaborasi dengan IKEA, Aneka Coklat memberdayakan petani kakao lokal untuk bisa mendapatkan pelatihan menjalankan produksi yang berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendekatan berkelanjutan telah banyak diterapkan di berbagai sektor usaha, termasuk produksi cokelat. Dalam prosesnya, langkah ini sekaligus menjadi momentum untuk memberdayakan petani kakao lokal dengan dilatih pentingnya menjalankan konsep sustainability.

Salah satu upaya tersebut turut digaungkan oleh PT Aneka Coklat Kakoa yang mendukung kesejahteraan petani kakao lokal. CEO and Founder PT Aneka Coklat Kakoa Sabrina Mustopo menyampaikan pihaknya bekerja sama langsung dengan petani untuk mewujudkan misi keberlanjutan.

"Kami memberikan pelatihan kepada petani, tergantung mereka kendalanya apa. Kadang-kadang memang kurang informasi atau knowledge tentang good agricultural practices, jadi kita kasih pelatihan tentang itu, tentang sustainability," kata Sabrina dalam acara "FIKA Bersama IKEA: Cita Rasa Aneka Coklat Penuh Kebaikan" di IKEA Jakarta Garden City, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Sabrina melanjutkan, tak sedikit petani kakao lokal yang masih kurang mengetahui pentingnya keberlanjutan. Pengetahuan ini juga berkaitan dengan proses fermentasi atau penjemuran biji kakao (postharvest practices) yang sangat berdampak pada kualitas cokelat.

"Di Indonesia sekarang masih kurang lebih 95 persen biji yang dihasilkan di Indonesia tidak difermentasi," terang Sabrina.

Ia menambahkan, kondisi biji kakao yang tidak difermentasi membuat tak sedikit orang yang merasa cokelat Indonesia kurang enak. "Bukan karena ada sesuatu yang salah dengan biji kokoa kita, cuma prosesnya saja mereka kurang bisa," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan bagi Petani Kakao Lokal

Selain postharvest practices, kendala lain yang dihadapi di lapangan adalah soal petani dengan insentif yang kurang untuk menjalankan proses itu. Berkaca dari hal tersebut, PT Aneka Coklat Kakoa sebagai perusahaan memberikan beberapa hal penting bagi para petani kakao lokal.

"Sebagai perusahaan kita memberikan mereka insentif, training dan insentif itu gunanya sangat penting," kata Sabrina.

Ia juga menerangkan pihaknya memberi pengetahuan kepada petani kakao lokal cara untuk menjalankan good agricultural practices agar produktivitas bisa naik dan kualitas produksi lebih bagus. Pihaknya juga menerangkan soal cara melakukan sustainable agriculture practices.

"Ketiga, bagaimana caranya bisa postharvest practices, yaitu fermentasi dan cara penjemuran yang bagus supaya kualitasnya bagus," ungkapnya.

Sabrina mengatakan, "Kita harus memberikan insentif juga kalau kita minta sama petani, tolong melakukan setiap langkah ini, tapi tanpa insentif itu kurang care juga sama petani." Demi mendukung peluang ekonomi bagi petani kakao dan meningkatkan ekonomi Indonesia, seluruh proses pembelian biji kakao dilakukan langsung tanpa perantara.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Bareng IKEA

IKEA Indonesia bersama PT Aneka Coklat Kakoa memperkenalkan Aneka Coklat dengan tujuh varian cokelat, tiga di antaranya adalah cokelat varian single origin yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, yaitu Bali Dark Chocolate, Sulawesi Dark Chocolate, dan Sumatera Dark Chocolate.

Aneka Coklat juga menyuguhkan empat varian unik, antara lain 70 persen Arenga Pinnata Dark Chocolate, Cinnamon Dark Milk Chocolate, Seed & Grain Sourdough Dark Milk Chocolate, dan Coffee Milk Chocolate with Creamy Coffee. Seluruh varian Aneka Coklat menggunakan bahan alami berkualitas tinggi, serta tidak mengandung pengawet buatan.

"Semuanya balik lagi ke visi IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi sebanyak mungkin orang, salah satu caranya dengan kolaborasi ini," kata IKEA Food Commercial Manager, Dita Astari Putri.

Dita menjelaskan bahwa PT Aneka Coklat Kakoa adalah satu dari 11 satu dari 11 perusahaan sosial yang didukung oleh IKEA dalam program IKEA Social Entrepreneurship. Kolaborasi ini diharapkan dapat mengajak untuk membantu lebih banyak orang.

4 dari 4 halaman

Upaya IKEA

Dita menjelaskan puhaknya ingin petani kakao lokal juga turut merasakan dampak ekonomi yang positif. "Kita berharap sebagai perantara, kita bisa bantu dengan memberikan fair trade kepada petani lokal," tambahnya.

Dikatakan Dita, pelatihan bagi petani kakao lokal juga dapat membuka lapangan kerja yang lebih banyak. Ia berharap dengan kian banyaknya toko IKEA dapat menjangkau lebih banyak orang lagi untuk bisa mendapatkan produk Aneka Coklat ini.

"Kami selalu berantusias dalam mencari kemitraan baru untuk merealisasikan visi kami, yaitu menciptakan kehidupan sehari- hari yang lebih baik bagi banyak orang. Kami percaya melalui produk ini, semakin banyak orang dapat merasakan cokelat lokal Indonesia yang unik dan berkualitas tinggi," ungkapnya.

Produk Aneka Coklat telah tersedia di seluruh toko IKEA Indonesia sejak Mei 2022 dengan harga mulai dari Rp29 ribu. Bagi pengunjung yang membeli tiga varian cokelat apapun, kecuali varian Seed & Grain Sourdough, akan mendapatkan harga spesial Rp 75 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.