Sukses

Penampilan Sederhana Geraldine Beldi, Guru SD yang Temukan Jasad Eril Anak Ridwan Kamil

Geraldine Beldi menemukan jenazah Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat sedang berjalan menuju tempatnya mengajar.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Geraldine Beldi jadi perbincangan. Guru SD itu yang menemukan jenazah Eril, anak Ridwan Kamil, di Sungai Aare, Bern, Swiss, Rabu, 8 Juni 2022. Saat itu ia sedang berjalan pagi menuju tempatnya mengajar dan kemudian melihat jasad Eril.

Setelah itu, menurut penuturan Ridwan Kamil, Gerladine langsung menelpon polisi dan akhirnya jenazah Eril bisa ditemukan dan diselamatkan dengan baik. “Mohon Carikan ibu guru itu,” itu arahan saya ke tim di Bern. “Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke tanah air”," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram pribadinya.

Kang Emil bersyukur, setelah menunggu hingga ia selesai mengajar, ia akhirnya bertemu dengan Geraldine. "jam 11 tadi kami bertemu dan saya haturkan rasa terima kasih saya," jelas Kang Emil.

Kepada Kang Emil, Geraldine mengatakan bahawa sebagai warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Guru tersebut memiliki dua orang anak.

"Jadi saya tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak,” tulis Kang Emil menirukan kata-kata Geraldine.

“Ibu Geraldine kalo ingin berlibur ke Indonesia, tolong kabari saya ya. Nanti semuanya saya yg urus sebagai rasa terima kasih kami,” kata Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, Eril ke Swiss niatnya mau belajar. "Akhirnya takdirnya diselamatkan oleh seorang guru pengajar yang baik hati dan sederhana," dia menambahkan. "Danke Mrs. Geraldine Beldi @geraldine_beldi. Hatur Nuhun . Terima Kasih." 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sederhana

Dalam video yang diunggah Ridwan Kamil, penampilan Geraldine Beldi tampak sederhana. Ia mengenakan baju hitam dipadu celana panjang warna senada.

Sebuah totebag hijau lumut tergantung di bahu kanannya. Ia berjabat tangan dengan Kang Emil menyampaikan duka cita atas meninggalnya Eril.

Rambutnya yang panjang pirang terlihat diikat ke belakang. Bagian depan rambutnya disibakan ke kiri, sementara rambut bagian kanannya tampak bergerak-gerak diterpa angin. Ia terlihat beberapa kali mengangguk-anggukan kepalanya saat berbicara dengan Ridwan Kamil.

Merujuk akun Instagram yang ditandai oleh Kang Emil, Geraldine Beldi baru mengunggah 10 kali. Ia memiliki 3.393 pengikut dan sebanyak 334 akun yang ia ikuti. Di bagian profil tertulis keterangan Switzerland, Nature, dan tagar #forgiveness.

3 dari 4 halaman

Seperti Wangi Daun Eucalyptus

Dalam unggahan sebelumnya, Kang Emil mengucapkan syukur atas ditemukan jenazah anaknya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi.

"ALHAMDULILLAH YA ALLAH,..," tulis Kang Emil mengawali keterangan unggahannya, Jumat, 10 Juni 2022. "Akhirnya Engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," ia melanjutkan.

Kang Emil mengatakan meski sudah lewat 14 hari, jasad Eril masih utuh, lengkap, tidak kurang satu apapun. Wajah rapi menengok ke kanan dan ia bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus.

"Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri. Maha Besar Allah, atas ijinMu,selama 14 hari Sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya. Hai Eril, saatnya kamu pulang ke tanah air, untuk menghaturkan terima kasih kepada jutaan yang mendoakanmu," Kang Emil melanjutkan.

 

4 dari 4 halaman

Eril Ditemukan

Eril dikabarkan hilang saat berenang bersama adik dan temannya di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022. Tim SAR dan kepolisian Swiss lalu bergerak mencari putra pertama Gubernur Jawa Barat itu.

Kepolisian dan tim SAR memperluas wilayah pencarian pada Jumat, 27 Mei 2022, mulai pukul 9.00 waktu Swiss, sampai waktu selesai. Namun, proses pencarian Eril di sungai sepanjang 288 kilometer itu mengalir di tiga sisi Kota Bern, tak membuahkan hasil.

Pencarian Eril tengah terkendala cuaca. Sebab, air di sungai saat ini tengah keruh akibat lelehan salju pegunungan. Pencarian tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern.

Lewat unggahannya pada 9 Juni 2022, Kang Emil menginformasikan jenazah Eril ditemukan. Jenazah akan tiba ke tanah air pada Minggu, 12 Juni 2022, dan akan dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022, di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.