Sukses

Sederet Referensi Nostalgia BTS di Video Musik Yet To Come, Tidak Hanya dari Era HYYH

Video musik Yet To Come dirilis berbarengan dengan album antologi BTS, Proof, pada Jumat (10/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - "The past was honestly the best, but my best is what comes next," BTS telah menyudahi penantian penggemar mereka dengan secara resmi merilis album antologi Proof, sekaligus video musik lagu utama mereka, Yet To Come, Jumat (10/6/2022). ARMY, sebutan penggemar BTS, pun tidak bisa tidak merasa emosional.

Bagaimana tidak, adegan demi adegan di klip yang sudah mencatat lebih dari 16 juta penayangan setelah empat jam rilis tersebut, ARMY menemukan banyak momen sarat nostalgia. Referensinya diambil dari sederet era sejak BTS debut pada 2013 lalu, yang mana grup tersebut akan genap menandai sembilan tahun perjalanan mereka pada Senin, 13 Juni 2022.

Visualnya, bahkan sejak teaser video musik dirilis 7 Juni 2022, sudah sangat identik dengan era Hwa Yang Yeon Hwa (HYYH) alias The Most Beautiful Moment In Life, album BTS yang dirilis pada 2015. Tapi secara keseluruhan, ada juga referensi dari era lain, bahkan di periode debut RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

ARMY pun sibuk menyusun era mana saja yang jadi referensi dalam video musik Yet To Come. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya yang beredar di Twitter.

Lorong nostalgia ini dibuka gestur Jungkook yang ikonis dari HYYH On Stage: Prologue. Rekaman kemudian mengarah pada tujuh personel BTS yang duduk di tengah gurun. Formasi ini, mau tidak mau, kembali mengingatkan ARMY pada klip Just One Day. Bedanya, klip yang dirilis pada 2014 itu berlatar di sebuah studio dalam ruang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sarat Nostalgia

Nuansa serupa diteruskan Jin BTS. Kali ini, narasinya mengarah pada jaket hitam yang dipakai pelantun lagu Abyss tersebut. Potongan mode itu dinilai mirip dengan busana Jin di video klip Blood, Sweat, and Tears. "Atau bisa juga DNA (lagu BTS lainnya)," imbuh seorang pengguna Twitter. 

Visualnya kembali ke Spring Day saat Jimin muncul dengan kaus garis-garis berpadu denim jeans dan jaket, yang mana ini sudah ditandai penggemar sejak teaser video dirlis pekan ini. Disusul Suga yang disebut "selalu dekat dengan pianonya."

Di sana, idol yang juga dikenal lewat nama panggung Agust D ini terlihat beradegan dengan latar "bunga smeraldo." Seperti diketahui, blog Smeraldo secara misterius muncul sebelum BTS comeback dengan album Love Yourself: HER pada 2017.

Blog ini menjelaskan latar belakang cerita terkait bunga smeraldo fiksi, yang muncul di semesta BTS (BU). Jin juga sempat membagikan foto dengan bunga fiksi di Twitter, sebulan sebelum album dirilis. Tweet ini menyebabkan ditemukannya blog Smeraldo di Naver, yang dibuat pada 4 Juli 2017, dan sudah memiliki beberapa unggahan saat penemuannya.

Di blog asli, sembilan "cerita" pertama diunggah, tapi kemudian dihapus dan diunggah ulang pada 2018. Setelah cerita asli diunggah ulang pada 2018, hanya dua cerita baru (10 dan 11) yang ditambahkan. Selain itu, ada sedikit perubahan pada cerita 1, 8, dan 9. Blog itu kemudian tidak aktif sejak 10 Juli 2020, ketika kontennya dihapus dan diunggah kembali, dengan beberapa perubahan.

3 dari 4 halaman

Paralel Spring Day

Hingga akhirnya kontainer biru dari era HYYH kembali muncul sebagai latar belakang adegan video musik Yet To Come di bagain rap oleh RM. Bertahun lalu di pemulaan video RUN, klip memperlihatkan leader BTS itu juga menyertakan kontainer yang dimaksud dengan angka "20219" yang akhirnya jadi ikonis. Teori akan makna angka tersebut masih beredar sampai sekarang, tanpa ada konfirmasi resmi.

Sementara, busana yang dipakai RM merupakan anggukan pada tampilannya di Grammy Awards 2020. Kala itu, BTS mencatat sejarah baru dengan jadi artis Korea pertama yang manggung di perhelatan akbar dalam industri musik tersebut.

Di Grammy Awards 2020, BTS tampil bersama Lil Nas X, membawakan lagu milik rapper Amerika tersebut, Old Town Road. Seperti diketahui, pada 2019, Lil Nas X berkolaborasi dengan RM BTS dalam remix lagunya, yang diberi kode Seoul Town Road Remix.

Kembali ke video musik terbaru, J-Hope telah membuat ARMY jadi sentimental karena memperlihatkan paralel Spring Day. 

4 dari 4 halaman

Lagu Debut

Referensi Blood, Sweat, and Tears muncul lagi ketika Jin menutup mata V, yang mana adegan kemudian berubah memperlihatkan bus kuning di tengah set. Ini tentu bukan pemandangan asing bagi ARMY, mengingat bus tersebut telah lebih dulu muncul di video musik No More Dream yang dirilis sebagai lagu debut BTS.

Hingga pada adegan terakhir, ketujuh personel mereka ulang adegan di dalam bus yang sebelumnya muncul di video musik Spring Day. "Semua referensinya ... Ini benar-benar album antologi terbaik," seorang pengguna berkomentar.

Selama periode promosi comeback mereka untuk album Proof, BTS akan kembali ke acara musik mingguan Korea Selatan setelah hiatus selama dua tahun. Mulai 16 Juni 2022, menurut Soompi, BTS akan mempromosikan Yet to Come, title track dari album antologi mereka, di sejumlah acara musik mingguan.

Grup ini akan muncul di Mnet M Countdown pada 16 Juni 2022, Music Bank KBS 2TV pada 17 Juni 2022, dan SBS Inkigayo pada 19 Juni 2022, yang mana junior dari label yang sama, Yeonjun TXT, merupakan salah satu MC di acara musik tersebut. Terakhir kali BTS tampil di acara musik adalah pada Maret 2020, selama promosi untuk album Map of the Soul: 7.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.