Sukses

Makin Mengkhawatirkan, Mikroplastik Ditemukan di Salju Antartika

Para peneliti menemukan rata-rata 29 partikel per liter salju yang meleleh di Antartika.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan mikroplastik di salju Antartika yang baru jatuh. Para peneliti dari University of Canterbury di Selandia Baru mengumpulkan sampel dari 19 situs di Antartika dan masing-masing berisi pecahan plastik kecil.

Mikroplastik berasal dari erosi bahan plastik dan lebih kecil dari sebutir beras - terkadang bahkan tidak terlihat dengan mata telanjang. Para peneliti menemukan rata-rata 29 partikel per liter salju yang meleleh di Antartika, dilansir dari BBC, Kamis, 9 Juni 2022.

Mereka mengidentifikasi 13 jenis plastik yang berbeda. Namun, yang paling umum adalah polietilen tereftalat (PET), sebagian besar digunakan dalam botol minuman ringan dan pakaian. Hal ini ditemukan pada 79 persen sampel.

Dari mana mereka berasal? "Sumber yang paling mungkin dari mikroplastik di udara ini adalah stasiun penelitian ilmiah lokal," tulis peneliti Alex Aves dalam jurnal, Cryosphere. "Namun, pemodelan menunjukkan asal mereka bisa mencapai 6.000 km (3.700 mil) jauhnya."

Studi sebelumnya telah menemukan polusi mikroplastik di es laut Antartika dan air permukaan. Namun, penelitian ini adalah kasus pertama yang dilaporkan bahwa mikroplastik di salju segar.

Sebuah studi besar yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences tahun lalu mengatakan mikroplastik berputar di seluruh dunia, sering diangkut oleh debu, angin, dan arus laut Pada 2020, para peneliti menemukan mikroplastik di dekat puncak Gunung Everest. Ternyata, mikroplastik juga telah ditemukan di laut dalam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Lokal dan Lebih Luas

Mengapa temuan baru itu mengkhawatirkan? Bentuk polusi ini dapat berefek lokal dan lebih luas. "Mikroplastik dapat memiliki zat berbahaya yang menempel pada permukaannya seperti logam berat, ganggang," kata Laura Revell, profesor di Canterbury University, yang juga terlibat dalam penelitian tersebut.

"Jadi, mereka dapat menyediakan cara di mana spesies berbahaya dapat masuk ke beberapa daerah terpencil dan sensitif, yang jika tidak, tidak akan sampai di sana," kata dia. Para ahli juga mengatakan manusia menghirup dan menelan mikroplastik melalui udara, air, dan makanan.

Tidak banyak penelitian yang dilakukan mengenai dampaknya terhadap kesehatan manusia. Namun, satu studi oleh Hull York Medical School dan University of Hull tahun lalu menemukan bahwa tingkat tinggi mikroplastik yang tertelan dalam tubuh manusia berpotensi menyebabkan efek berbahaya, termasuk sel. kematian dan reaksi alergi. 

3 dari 4 halaman

Pemanasan Global

Mikroplastik juga dapat meningkatkan dampak pemanasan global. Ladang salju, lapisan es, dan gletser di seluruh dunia sudah mencair dengan cepat, dan para ilmuwan mengatakan mikroplastik berwarna gelap yang disimpan di lokasi ini dapat memperburuk keadaan dengan menyerap sinar matahari dan meningkatkan pemanasan lokal.

Hamparan salju, ladang es, dan gletser yang bersih dapat memantulkan sebagian besar sinar matahari, tetapi partikel pencemar lainnya seperti karbon hitam juga telah ditemukan di ladang es dan gletser Himalaya - dan para ilmuwan mengatakan mereka mempercepat pencairan di sana.

Gletser yang mencair dengan cepat di pegunungan di berbagai belahan dunia semakin menjadi bahaya, menyebabkan tanah longsor dan longsoran salju dan menyebabkan danau glasial meluap. Penipisan dan kemunduran gletser yang cepat juga menimbulkan ancaman bagi persediaan air dan pertanian di daerah pegunungan di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Hancurnya Gletser Antartika Barat

Dikutip dari Merdeka, hancurnya gletser Antartika Barat menimbulkan ancaman terbesar di dunia untuk menaikkan permukaan laut sebelum 2100, dan lapisan es yang menahannya dari laut bisa runtuh dalam tiga hingga lima tahun, seperti yang dilaporkan oleh para ilmuwan pada 13 Desember 2021 di pertemuan musim gugur American Geophysical Union di New Orleans.

Untuk saat ini, wilayah timur Thwaites agak stabil, mencair lebih lambat daripada gletser lainnya. Itu karena lapisan es, perpanjangan gletser yang mengambang di atas gunung bawah laut, melindunginya dari air laut yang hangat dan menahan gletser di tempatnya.

"Seperti yang terstruktur sekarang, lapisan es ini bertindak seperti bendungan. Tapi itu tidak akan lama," kata Erin Pettit, ahli glasiologi di Oregon State University, dalam konferensi pers pada pertemuan American Geophysical Union.

Dikutip dari Associated Press, pencairan gletser bertanggung jawab atas empat persen kenaikan laut secara global, menurut Suveri Antartika Inggris. Ilmuwan es Universitas Colorado Ted Scambos dari Stasiun darat McMurdo menambahkan, semakin cepat pencairan gletser terjadi. 

Gletser Thwaites yang berukuran seluas negara bagian AS, Florida, dijuluki sebagai gletser kiamat. Jika semua es mencair, ketinggian permukaan air laut bisa naik lebih dari 65 sentimeter selama ratusan tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.