Sukses

Reaksi Atalia Praratya Dengar Kepastian Jasad Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde

Atalia mengunggah Insta Story terkait penemuan jasad Eril, putranya dengan Ridwan Kamil, di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Jasad Eril, anak Ridwan Kamil, akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, setelah proses pencarian dilakukan sejak Kamis, 26 Mei 2022. Kepastian jasad lelaki bernama lengkap Emmeril Kahn Mumtadz itu ditentukan lewat tes DNA.

Ridwan Kamil bergegas menjemput putra sulungnya ke Swiss pada Kamis pagi, ditemani seorang asistennya. Sementara, ibundanya, Atalia Praratya menunggu di Bandung. 

"Alhamdulillah, Allahu Akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan anak saya...Innalillahi wa innailaihi rojiuunn," tulis Atalia seraya mengunggah cuplikan foto jumpa pers yang dihadiri suaminya dan Dubes Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad.

Pada Rabu, 8 Juni 2022, polisi wilayah Bern melaporkan ada sesosok pria tergeletak di air di Bendungan Engehalde, Bern, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare pada Rabu 8 Juni pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di Bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch.

"Almarhum merupakan WNI (anak Ridwan Kamil) yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

Lokasi penemuan jasad dari tempat hilangnya di Sungai Aare itu cukup jauh. Dikutip dari merdeka.com, jaraknya mencapai 5,1 kilometer bila diukur dari Googlemaps. 

Dalam sebuah cuitan di Twitter, pemilik akun @prada.people memperlihatkan rute penemuan jasad Eril yang membutuhkan sekitar 16 menit bila naik mobil. "Innalillahi.. eril udah ketemu.. dari titik awal renang di Schönausteg ketemunya di bendungan engehalde.. 🥲 jauh banget," cuitnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambil Cuti

Mendengar kabar tersebut, Emil segera mengajukan cuti selama 11 hari. Ia bermaksud menjemput langsung jenazah putra sulungnya yang berniat melanjutkan pendidikan di Swiss. 

Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Jawa Barat mengungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, izin cuti Gubernur Jabar berlaku mulai 9 Juni hingga 19 Juni 2022.

"Terkait izin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting dan Alhamdulillah sudah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri mulai dari 9-19 Juni 2022," tutur Wahyu dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

Ridwan Kamil telah bertolak ke Swiss pada Kamis pagi. Pria yang akrab disapa Emil itu pergi bersama asistennya. "Sementara itu, Pak Gubernur sudah berangkat ke Swiss hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana," tutur Wahyu. 

3 dari 4 halaman

Proses Pencarian

Sebelumnya, Kepolisian Bern memastikan bahwa pencarian Eril, yang hilang di Sungai Aare, terus berlanjut. Hingga Selasa, 7 Juni 2022, pencarian telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare.

Metode pencarian setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan seluruh petugas yang terlibat pada misi pencarian, dikutip dari KBRI Bern.

Sejak Eril hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan oleh berbagai pihak di Bern. Tim layanan darurat pencarian orang hilang dari darat dan air dikerahkan menggunakan berbagai sarana. Mereka telah menggunakan lain, drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi juga digunakan.

"Polisi Maritim Bern juga memastikan bahwa berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik, untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian, seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun," kata KBRI Bern, 31 Mei 2022.

4 dari 4 halaman

Lantunan Azan

Di tengah duka kehilangan putranya, Atalia mengajak masyarakat untuk melanjutkan mimpi-mimpi pemuda berusia 23 tahun tersebut. "Mari lanjutkan mimpi-mimpi Eril untuk terus berjuang bagi kemanusiaan," ia menuliskan dalam keterangan unggahan di akun Instagram-nya, Selasa (7/6/2022).

Atalia juga mengunggah video Eril yang bergabung dalam Jabar Bergerak Zilenial. "Alasan saya bergabung dengan Jabar Bergerak Zilenial adalah karena saya ingin berdampak dan bermanfaat pada masyarakat Jawa Barat, sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah di keseharian mereka," Eril mengatakan.

Atalia juga menuliskan, "Kita tidak pernah tahu doa siapa yang mampu untuk menembus langit. Bisa jadi dari orang yang kamu bantu di dalam gelapnya malam atau yang kamu beri secara terang-terangan maupun diam-diam."

"Dari Eril kita belajar untuk tidak berhenti melakukan kebaikan di mana pun berada. Dan kebaikan itu akan kembali kepada kita dengan cara dan bentuk yang tidak kita sangka," ia menyambung. "Selamat ulang tahun Jabar Bergerak Zilenial (JBZ) yang ke 2 (6 Juni 2022)."

Semasa hidupnnya, anak Ridwan Kamil ini memang terlibat dalam segudang aksi sosial. Semangatnya sempat diceritakan Emil, begitu ia akrab disapa, melalui kicauan Twitter pada Minggu, 5 Juni 2022. Ia menulis, "Saya tahu betul, Eril jika masih ada, pasti tidak terlalu senang jika amal atau kebaikannya diceritakan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.