Sukses

Cerita Atalia Soal Kesukaan Eril Anak Ridwan Kamil pada Air

Seakan sudah mendapatkan firasat jenazah putranya akan ditemukan, Atalia membagikan unggahan terbaru tentang Eril dan kecintaannya pada air.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat dan Atalia Praratya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

"Bahwa kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami KBRI bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal tentang ditemukannya jenazah yang diduga ananda Eril, pukul 06.50 pagi waktu Swiss 11.50 WIB," ujar Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022), melansir kanal News Liputan6.com.

Menurut dia, kepolisian kemudian melakukan identifikasi melalui pencocokan DNA terhadap jenazah tersebut. Hasilnya, jenazah itu dikonfirmasi sebagai Eril.

Menurut Muliaman Hadad,  jenazah anak Ridwan Kamil yang telah ditemukan sudah diizinkan diambil oleh pihak keluarga. Muliaman juga mengatakan, pihak KBRI Bern akan memastikan bahwa almarhum Eril diberikan penghormatan sesuai syariat Islam. Untuk selanjutnya, lanjut Muliaman, KBRI Bern akan terus mendampingi pihak keluarga untuk memulangkan Eril ke tanah air.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri membenarkan pihaknya telah menerima surat cuti dari Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil.

Diketahui, Kang Emil mengambil cuti untuk kembali terbang ke Swiss terkait pencarian Eril, yang dinyatakan hilang di Sungai Aare. Belum diketahui apakah ibunda Eril, Atalia juga akan mendampingi Ridwan Kamil ke Swiss.

Seakan sudah mendapatkan firasat, Atalia Praratya membagikan unggahan terbaru tentang Eril di akun Instagramnya di hari ini, Kamis (9/6/2022). "Eril dan kecintaannya pada air…yang mengantarkannya "pulang" …," tulisnya singkat dalam keterangan unggahannya.

Video kompilasi yang dibuat akun @putureza tersebut, memperlihatkan berbagai aktivitas Eril yang berkaitan dengan perairan, seperti saat berada di sebuah air terjun dan melakukan olahraga air.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengucap Syukur

Semasa hidupnya, Eril memang dikenal sangat menyukai berbagai kegiatan yang berhubungan dengan air, termasuk berenang baik di kolam renang maupun di sungai dan pantai. Unggahan itu mendapat banyak komentar dari warganet yang hampir semuanya memberikan dukungan kepada Atalia maupun keluarganya.

"Alfatihah untuk a eril kahn mumtaz🤲🏽 orang wafat sesuai kebiasaannya semoga a eril segera diketemukan aamiin🤲🏽 semangat selalu ibu🙏🏼🙏🏼🙏🏼💖," komentar seorang warganet.

"Doa terbaik buat A Eril tepat hr ini kamis sudah "kepulangannya" semoga husnul khotimah, 2 minggu telah berlalu, tapi kebaikan dan sholeh nya akan trs mengalir dan menjadi inspirasi untuk kita semua.. 🙏 🙏," komentar warganet lainnya.

Saat Eril dikabarkan sudah ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Atalia Praratya tetap mengucap syukur.  Melalui Instagram Story, Kamis (9/6/2022), Atalia mengunggah sebuah rekaman video mengenai putranya yang sudah ditemukan Ia pun menuliskan takbir atas ditemukannya jasad sang putra.

"Alhamdulillah Allahu Akbar!" tulis Atalia.  Bukan itu saja, Atalia juga memperjelas bahwa pria yang ditemukan oleh polisi maritim di sana memang adalah Eril, putranya yang telah hilang sejak 26 Mei lalu. "DNA sdh dinyatakan sama dengan saya...," tambahnya.

Di akhir kalimatnya, Atalia mengucapkan doa perpisahan dengan putra sulungnya yang berusia 22 tahun. Ia pun sudah mengikhlaskan kepergian Eril untuk selama-lamanya sebelum meninggalkan Swiss beberapa waktu lalu. "Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn...," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Rindu Tak Terbendung

Beberapa hari sebelumnya, Atalia juga membagikan unggahan untuk menyampaikan pesan sendunya bagi putra sulungnya. "Rasanya untuk menanyakan, mengapa kamu, Ril? Mengapa sekarang? Mama merasa tidak pantas, karena mama bukanlah pemilikmu yang sebenarnya. InsyaAllah kamu sudah bahagia dalam limpahan kasih Sang Pencipta," tulis Atalia dalam unggahan pada 6 Juni 2022.

Ia bahhkan menjabarkan tabiat putranya yang ceria dan suka menolong. "Tapi mengapa kamu yang ceria, lucu, ringan tangan, sabar, selalu wangi, dan tiba-tiba saja senang difoto di akhir-akhir kebersamaan kita, terus membuat dada ini sesak, dan air mata tak kunjung kering," tuturnya.

"12 hari telah berlalu. Kamu dimana? Di mana, Ril? Sini pulang," sambungnya.  Walaupun rindunya pada sang putra tak bisa dibendung, Atalia tetap mendoakan yang terbaik untuk Eril.

"Ya Allah jaga dan lindungi Eril. Limpahkan dia dengan kasih sayangMu, cukupkan kebutuhannya dan pertemukanlah kami denganya," ucapnya. Terakhir, Atalia Praratya juga menjelaskan bahwa proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz akan tetap dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Meski kami sudah ikhlas ridho menerima ketetapan Allah, namun ikhtiar pencarian masih terus dilakukan oleh otoritas Swiss, KBRI, keluarga, sahabat maupun masyarakat sampai waktu yang belum ditentukan," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Penjemputan Jenazah Eril

Sementara itu, kabar terakhir menyebutkan kalau pihak keluarga akan menyemayamkan jenazah Eril di Bandung, Jawa Barat.Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada akhir pekan ini.

"Tadi disebutkan mudah-mudahan di hari Sabtu atau hari Minggu almarhum sudah bisa di Jakarta kemudian akan dibawa ke Bandung," kata Wahyu dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022), melansir kanal Regional Liputan6.com.

Wahyu mengaku pihaknya akan menyiapkan proses penjemputan jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta. Namun, ia tak merinci soal teknis penjemputan."Kemudian proses di sana kita akan lakukan penjemputan, namun secara detail nanti akan kami informasikan kemudian kami akan secara terus menerus berkomunikasi dengan pihak bandara dan dengan pihak Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern di Swiss menyatakan bahwa jenazah Emmeril Kahn Mumtadz akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.