Sukses

Jasad Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan Sekitar 5 Kilometer dari Lokasi Tenggelam

Ridwan Kamil menjemput jasad Eril yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Proses pencarian jasad Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil, akhirnya menemukan titik terang. Kepolisian Bern berhasil menemukan tubuh tak bernyawa di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss, Rabu, 8 Juni 2022.

Berdasarkan pemeriksaan forensik yang dilakukan, dipastikan bahwa korban tewas adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang hilang di Sungi Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. "Pria berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami kondisi darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan tersebut," tulis pernyataan tersebut.

Jasad putra Gubernur Jawa Barat itu ditemukan sekitar pukul 06.50 pagi, waktu setempat. Lokasi penemuan jasad dari tempat hilangnya di Sungai Aare itu cukup jauh. Dikutip dari merdeka.com, jaraknya mencapai 5,1 kilometer bila diukur dari Googlemaps. 

Dalam sebuah cuitan di Twitter, pemilik akun @prada.people memperlihatkan rute penemuan jasad Eril yang membutuhkan sekitar 16 menit bila naik mobil. "Innalillahi.. eril udah ketemu.. dari titik awal renang di Schönausteg ketemunya di bendungan engehalde.. 🥲 jauh banget," cuitnya.

Mendengar kabar tersebut, Emil segera mengajukan cuti selama 11 hari. Ia bermaksud menjemput langsung jenazah putra sulungnya yang berniat melanjutkan pendidikan di Swiss. 

Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Jawa Barat mengungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, izin cuti Gubernur Jabar berlaku mulai 9 Juni hingga 19 Juni 2022.

"Terkait izin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting dan Alhamdulillah sudah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri mulai dari 9-19 Juni 2022," tutur Wahyu dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Berangkat

Ridwan Kamil telah bertolak ke Swiss pada Kamis pagi. Pria yang akrab disapa Emil itu pergi bersama asistennya. "Sementara itu, Pak Gubernur sudah berangkat ke Swiss hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana," turur Wahyu. 

 

Sebelumnya, Kepolisian Bern memastikan bahwa pencarian Eril, yang hilang di Sungai Aare, terus berlanjut. Hingga Selasa, 7 Juni 2022, pencarian telah mencakup sekitar 30 kilometer wilayah sungai Aare.

Metode pencarian setiap hari disesuaikan dengan kondisi Sungai Aare yang selalu berubah sesuai perkembangan cuaca. Perubahan metode ini juga selalu memperhatikan aspek keselamatan seluruh petugas yang terlibat pada misi pencarian, dikutip dari KBRI Bern.

Sejak Eril hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan oleh berbagai pihak di Bern. Tim layanan darurat pencarian orang hilang dari darat dan air dikerahkan menggunakan berbagai sarana. Mereka telah menggunakan lain, drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi juga digunakan.

"Polisi Maritim Bern juga memastikan bahwa berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik, untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian, seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun," kata KBRI Bern, 31 Mei 2022.

3 dari 4 halaman

Permintaan Keluarga

 

 

Fokus pencarian pada 2 Juni 2022 adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta patroli di area antara Schwellenmaetelli hingga Wohlensee. Upaya pencarian intensif akan terus dilanjutkan pada Jumat, 3 Juni 2022, dengan tambahan dukungan anjing pelacak.

Ridwan Kamil beserta Atalia masih memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare. Rute yang ditempuh mereka termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia.​

Pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss terus dilanjutkan oleh paman Eril, Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada Rabu, 1 Juni 2022. Keluarga pun melepas Eril dengan menyatakan meninggal dunia. 

Ridwan Kamil terlihat melantunkan azan di tepi Sungai Bern sebelum ia memimpin shalat gaib untuk jasad Eril yang saat Kamis, 2 Juni 2022, belum ditemukan. "Lantunan Azan seorang ayah, semoga sampai, didengar oleh sang anak seperti dulu ketika dilahirkan," begitu bunyi keterangan yang menyertai video berdurasi empat detik itu.

 

4 dari 4 halaman

Limpahan Kasih Sayang

Pesan penuh cinta yang mampu membuat banyak mata orang berkaca-kaca saat mengikuti perkembangan pencarian Eril. "Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya..," tulis Atalia menyapa putranya itu. "Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada…," sambung Atalia.

Atalia melanjutkan bahwa Eril tidak akan kedinginan, kelaparan, atau kekurangan apapun. Ia berharap Eril akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia, dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

"Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat," kata Atalia.

Atalia mengutip pernyataan Wali Kota Bern, “The city of Bern will forever be deeply connected to us…” "Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas, Atalia, Aare river, juni 2022."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.