Sukses

Daftar Kota Paling Mahal di Dunia pada 2022

Hong Kong jadi kota termahal di dunia pada 2022, bagaimana dengan kota di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan mobilitas global ECA International telah merilis daftar tahunan kota-kota paling mahal di dunia untuk ditinggali. Sekali lagi, Hong Kong berada di urutan teratas.

Perusahaan tersebut menghitung daftar kota paling mahal berdasarkan beberapa faktor, termasuk harga rata-rata kebutuhan rumah tangga, seperti susu dan minyak goreng. Selain itu juga memasukkan nilai sewa, utilitas, angkutan umum, dan kekuatan mata uang lokal, dilansir dari CNN, Kamis (9/6/2022).

Ini adalah tahun ketiga berturut-turut Hong Kong mengklaim kehormatan yang meragukan sebagai kota termahal di dunia dalam indeks ECA. Indeks tersebut secara khusus berfokus pada pekerja asing dan ekspatriat dalam peringkat mereka.

Asia termasuk sebagai benua paling mahal, dengan lima kota -- Hong Kong, Tokyo, Shanghai, Guangzhou, dan Seoul. Namun, tak ada kota di Indonesia yang masuk dalam daftar kota termahal. Sementara, Tel Aviv -- yang berada di posisi keenam -- juga diperhitungkan terhadap total Asia sehingga memberikan Asia menjdi enam dari 10 tempat di dalam daftar tersebut.

Asia juga mendapat kehormatan menjadi rumah bagi kota dengan pertumbuhan tercepat di daftar keseluruhan. Itu adalah Kolombo, kota metropolitan utama Sri Lanka, yang melonjak 23 peringkat dari 162 menjadi 149. Lee Quane, direktur regional ECA untuk Asia, menjelaskan alasan meningkatnya kehadiran China daratan pada indeks tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turun dari Daftar

"Mayoritas kota-kota China daratan di peringkat kami memiliki tingkat inflasi yang lebih tinggi daripada yang biasa kita lihat, tetapi mereka biasanya masih lebih rendah daripada di tempat lain di Asia," kata Quane dalam sebuah pernyataan. "Oleh karena itu, alasan utama kenaikan peringkat mereka adalah berlanjutnya kekuatan yuan China terhadap mata uang utama lainnya."

Lantas, kota mana saja yang peringkatnya lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya? Paris yang menduduki puncak daftar ECA di masa lalu, keluar dari 30 besar. Madrid, Roma, dan Brussels juga tak muncul dalam daftar.

"Hampir setiap kota besar di zona euro mengalami penurunan peringkat tahun ini karena kinerja euro lebih buruk dalam 12 bulan terakhir daripada dolar AS dan pound sterling Inggris," jelas Quane.

Faktor eksternal, seperti politik dan konflik internasional, juga dapat berperan. Invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi yang menyertainya ditempatkan oleh banyak negara berarti bahwa Moskow berada di tempat ke-62 dan St Petersburg mendarat di urutan ke-147.

Kota termahal di Eropa adalah Jenewa, Swiss, yang berada di urutan ketiga setelah Hong Kong dan Kota New York. Swiss menggunakan mata uang franc Swiss, bukan euro. Pandemi virus corona, tentu saja, berperan dalam rantai pasokan global dan faktor ekonomi lainnya.

3 dari 4 halaman

Peringkat Lainnya

ECA International bukan satu-satunya perusahaan yang memberi peringkat kota-kota di dunia berdasarkan perhitungan ekonomi. Economist Intelligence Unit (EIU) yang berbasis di London merilis indeks Biaya Hidup Sedunia setiap Desember.

Pada 2021, Tel Aviv mengambil hadiah untuk tempat tinggal paling mahal, dengan Paris dan Singapura berada di urutan kedua dan ketiga. Hong Kong berada di posisi kelima, di belakang Zurich. Pada 2020, Hong Kong, Zurich, dan Paris semuanya berbagi posisi nomor satu.

Kedua daftar menggunakan harga barang sehari-hari seperti bahan makanan dan bahan bakar untuk menentukan peringkat mereka. Namun, EIU mengaitkan angkanya dengan dolar AS, sehingga ekonomi yang melakukan hal yang sama -- seperti Hong Kong, misalnya -- kemungkinan besar akan mendapat peringkat tinggi.

Terlepas dari urutan kota terdaftar pada indeks yang berbeda, jelas bahwa kota-kota Asia, Eropa dan Amerika Utara jauh lebih mahal untuk ditinggali daripada negara-negara di Afrika dan Amerika Selatan.

4 dari 4 halaman

Kota Termahal di Dunia

Berikut daftar kota paling mahal di dunia untuk 2022:

1. Hongkong

2. New York

3. Jenewa

4. London

5. Tokyo

6. Tel Aviv

7. Zürich

8. Shanghai

9. Guangzhou

10. Seoul

Sebelumnya, Ashgabat di Turkmenistan yang menempati urutan pertama sebagai negara paling mahal di dunia pada 2021, sedangkan tahun sebelumnya menempati urutan kedua. Hong Kong merupakan kota dengan harga tertinggi tahun lalu dan termahal kedua tahun ini.

Krisis keuangan Turkmenistan yang sedang berlangsung, telah menyebabkan kekurangan pangan dan hiperinflasi, dikutip oleh Mercer. Itulah yang menjadi alasan biaya hidup Ashgabat meningkat drastis selama beberapa tahun terakhir.

Mungkin perubahan terbesar dari survei Mercer tahun lalu melihat Beirut naik dari kota termahal ke-45 untuk pekerja internasional pada 2020 ke harga ketiga pada 2021. Mercer menempatkan perkembangan ini pada depresi ekonomi Lebanon, yang diperburuk oleh pandemi Covid-19 dan ledakan Pelabuhan Beirut pada Agustus tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.