Sukses

Jakarta Masuk Daftar Kota Terindah di Asia untuk Pelari

Jakarta berada di urutan ke-6, kalah dari Hong Kong dan mengungguli Osaka, Jepang, dalam daftar kota terindah di Asia untuk pelari.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta masuk daftar kota terindah di Asia untuk pelari menurut perusahaan sepatu, SportsShoes.com, berdasarkan data tagar Instagram. Ibu kota Indonesia ini berada di urutan ke-6, kalah dari Hong Kong dan mengungguli Osaka, Jepang.

Melansir The Independent Singapore, Kamis (9/6/2022), kota paling populer di Asia untuk pelari adalah Tokyo, Jepang. Disusul Seoul, Korea Selatan di posisi ke-2, lalu Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) di peringkat berikutnya.

Singapura bertengger di posisi ke-4, sementara Hong Kong menggenapi posisi lima besar. London menempati peringkat sebagai kota lari paling indah secara global, diikuti Chicago dan Boston. Nyatanya, Amerika Serikat adalah negara paling indah untuk pelari secara keseluruhan, dengan lima kota di AS masuk dalam 10 besar dunia.

Saat orang-orang turun ke jalan untuk berlari setiap hari, SportShoes.com meneliti lebih dari satu juta tagar untuk 600 kota global di Instagram untuk mengungkap lanskap kota mana yang memberi pemandangan paling indah bagi para pelari. Jumlah tagar dihitung dan dibandingkan untuk kota-kota di Inggris, AS, Australia dan Selandia Baru, Eropa, Afrika, Amerika Selatan, serta Asia.

Para Instagrammer menyiapkan kamera untuk menangkap lingkungan lari perkotaan terbaik. Tokyo, yang menduduki puncak daftar di Asia, mencatatkan 10.200 unggahan dengan bubuhan #RunTokyo.

Sementara, Seoul mencatat hampir 7.600 unggahan, sementara rute lari perkotaan Dubai yang menakjubkan mengamankan posisi selanjutnya dengan hampir 6.900 potret yang dibagikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Negara Terindah di Asia untuk Pelari

1. Tokyo, Jepang

2. Seoul, Korea

3. Dubai, Uni Emirat Arab

4. Singapura

5. Hong Kong

6. Jakarta, Indonesia

7. Osaka, Jepang

8. Kuala Lumpur, Malaysia

9. Beijing, Cina

10. Manila, Filipina

Manajer pemasaran dan e-commerce senior SportsShoes.com, Dan Cartner, mengatakan bahwa mengambil foto saat berlari atau mengunggah foto jogging dalam kelompok adalah alat yang sangat memotivasi. Ini berlaku tidak hanya bagi pelari, namun juga teman dan keluarga mereka di media sosial.

"Dengan 56 juta unggahan yang mengejutkan di bawah tagar #runalone, kami penasaran untuk mengetahui kota mana yang membagikan foto lari paling banyak di Instagram sebagai metode inspirasi untuk mendorong orang turun ke jalan dan menemukan langkah mereka sendiri!"

Ia melanjutkan, "London menempati peringkat sebagai tujuan lari paling indah di seluruh dunia, tapi penelitian kami menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia mengikat tali sepatu lari dan mengunggah foto kota mereka setelah berolahraga yang dipenuhi endorfin."

"Dari jalan-jalan romantis Paris dan Berlin, hingga kota-kota pencakar langit yang padat seperti Chicago dan Melbourne, jelas lari adalah sesuatu yang kita semua punya kesamaan dan senang berbagi di media sosial!" ia menyebut.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Tempat Paling Fotogenik di Dunia 2022

Pada April 2022, Jakarta sudah lebih dulu masuk daftar tempat paling fotogenik di dunia tahun 2022 dalam kategori "Gedung Pencakar Langit" di posisi ke-11. Daftar ini merupakan rilisan aplikasi cetak foto, Inkifi.

Dalam keterangannya mereka menulis, "Pemandangan yang sering diabaikan adalah cakrawala kota. Setiap lanskap unik di lokasinya, terbentuk dari berbagai landmark, gedung kantor, dan blok menara yang membentuk kota secara keseluruhan."

Kota New York menempati posisi teratas sebagai panorama gedung pencakar langit paling fotogenik, dengan lebih dari setengah juta unggahan di Instagram. Rumah bagi beberapa struktur paling ikonik di dunia, seperti Patung Liberty dan Empire State Building, tidak heran jika cakrawala kota ini jadi spot foto yang populer.

Sementara, gedung bertingkat Jakarta mencatat 48 ribuan unggahan di platform tersebut, berada di bawah Singapura dengan hampir 54 ribu unggahan. Jakarta pun bukan satu-satunya wakil Indonesia di daftar tersebut. Dari kategori pantai, sampai taman nasional, Negeri Khatulistiwa juga memasikan wakilnya hadir di sana.

4 dari 4 halaman

Pantai sampai Taman Nasional

Di kategori "Pantai," yang jadi wakil Indonesia adalah Pantai Kuta, Bali, yang berada di posisi ke-10 dengan catatan 641 ribu unggahan di Instagram. Itu berada di bawah Panama City Beach di Floria, Amerika Serikat, dan mengungguli Los Roques di Venezuela. Masing-masing pantai tersebut mencatatan 890 ribu dan 589 ribu unggahan di media sosial tersebut.

Nama pantai lainnya dari Indonesia juga muncul dalam daftar. Yang dimaksud adalah Pantai Echo, yang juga masih berlokasi di Bali dengan catatan 135 unggahan, dan menempati posisi ke-31. Juga, ada Pantai Canggu di peringkat ke-33 dengan hampir 116 unggahan.

Menambah panjang daftar wakil Indonesia, ada Taman Nasional Komodo (TNK) dalam kategori "Taman Nasional." Menempati peringkat ke-36, TNK mencatatkan 199 ribu unggahan di Instagram.

Di atasnya ada Taman Nasional Big Bend di Texas, Amerika Serikat, dengan catatan 199,7 ribu unggahan di platform tersebut. Sementara, TNK mengungguli Taman Nasional Nevado de Toluca di Meksiko dengan 192 ribu unggahan di Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.