Sukses

Shah Rukh Khan dan Sederet Bintang Bollywood Dinyatakan Positif Covid-19

Shah Rukh Khan positif Covid-19 setelah menghadiri acara ulang tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Shah Rukh Khan dinyatakan positif Covid-19 setelah tes pada Minggu, 5 Juni 2022. Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee berharap superstar Bollywood itu cepat sembuh.

"Brand Ambassador kami, Shahrukh Khan, telah terdeteksi positif Covid-19. Mohon doa untuk pemulihannya. Semoga sehat Shahrukh! Kembalilah secepatnya!" cuit Mamata Banerjee pada Minggu, 5 Juni 2022, dikutip dari laman NDTV, Senin (6/6/2022).

Kabar tersebut muncul beberapa hari setelah ia mengumumkan film terbarunya Jawan. Film yang disutradarai Atlee tersebut dikabarkan akan tayang pada Juni 2023.

Kabar Shah Rukh positif terkena virus tersebut muncul sehari setelah aktor Kartik Aaryan mengonfirmasi dirinya mengidap Covid-19. Aktor Aditya Roy Kapur juga dinyatakan positif Covid-19. Pada Mei 2022, aktor Akshay Kumar tidak dapat melakukan perjalanan ke Festival Film Cannes 2022 setelah dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, pada Sabtu, 4 Juni 2022, Shah Rukh Khan dan sejumlah artis ternama India hardir pada ulang tahun sutradara Karan Johar di Mumbai. Dari sejumlah artis yang hadir disebut positif Covid-19.

Selain Shah Rukh Khan, Aishwarya Rai, Kareena Kapoor, Ananya Panday, dan Janhvi Kapoor hadir pada acara ulang tahun di Yash Raj Film Studio tersebut. Pada Sabtu, 4 Juni 2022, hampir 10 hari kemudian, dilaporkan bahwa sebanyak 50 tamu yang hadir terinfeksi Covid-19. Namun, sebuah laporan, akhir pekan lalu, mengatakan kabar tersebut tidak benar, lapor Hindustan Times.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kantor untuk Fasilitas Karantina

Diketahui, Shah Rukh Khan merupakan sosok yang gigih melawan Covid-19. Ia dan istrinya, Gauri, pernah menawarkan kantor pribadi mereka pada Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) sebagai fasilitas karantina tambahan. Gedung empat lantai di kawasan Khar West, Mumbai itu dilengkapi fasilitas karantina untuk anak-anak, perempuan, dan orang tua.

Khan melakukan aksi tersebut melalui sejumlah perusahaan dan yayasannya, yakni Kolkata Knight Riders, Red Chillies Entertainment, Meer Foundation, dan Red Chillies VFX.

"Kami awalnya memfokuskan usaha kami di tiga kota, yakni Mumbai, Kolkata, dan New Delhi, dengan kesadaran bahwa ini adalah permulaan dan kami siap berkontribusi dengan cara apa pun di masa depan," tutur bintang Dilwale ini dalam pernyataan tertulisnya.

Kolkata Knight Riders dan Meer Foundation juga menyiapkan 50 ribu Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis. Ini adalah hasil kolaborasi dengan pemerintah Bengal Barat dan Maharashtra. Mereka juga berkampanye meningkatkan kesadaran atas bahaya COVID-19, dan mengajak orang lain untuk ikut berdonasi.

3 dari 4 halaman

Siapkan Paket Makanan

Meer Foundation bersama Ek Saath - The Earth Foundation, bekerja sama menyediakan makanan bagi 5.500 keluarga di Mumbai. Kegiatan tersebut dilaksanakan lebih dari sebulan.

Di samping itu, pihaknya mendirikan dapur yang akan mengirim dua ribu paket makanan setiap hari. Makanan tersebut kemudian disalurkan untuk membantu keluarga dan rumah sakit yang kebutuhan hariannya tak terpenuhi.

Meer Foundation juga bekerja sama dengan Roti Foundation, menyediakan tiga paket makanan untuk 10 ribu orang per hari selama setidaknya satu bulan. Roti Foundation sendiri merupakan yayasan yang didirikan mantan petinggi polisi Maharashtra, D. Sivanandhan. Bersama kepolisian Mumbai, yayasan ini menyediakan makanan untuk masyarakat ekonomi lemah.

Tak hanya makanan, Meer Foundation akan menyediakan kebutuhan hidup pokok dan sembako selama setidaknya sebulan untuk 2.500 pekerja harian di sekitar wilayah Delhi. Upaya ini adalah hasil kerja sama Meer Foundation dengan Working People’s Charter.

4 dari 4 halaman

Dituduh Tak Keluarkan Donasi

Sebelumnya, Shah Rukh Khan sempat dituding tak ikut berperan serta menyalurkan donasi terhadap wabah virus corona yang melanda India. Tuduhan keras tersebut datang dari warganet yang penasaran akan aksi sang aktor.

Hal tersebut terjadi lantaran Khan tak mengumumkan bantuan yang sudah disumbangkan seperti selebritas India lain. Namun, ia telah membuktikan bahwa tuduhan dari warganet tidak benar melalui aksi bantuannya kepada masyarakat Mumbai tersebut.

Selain itu, hujatan di media sosial yang ditujukan pada Shah Rukh Khan karena sebelumnya sempat beredar kabar  bahwa sang aktor justru memberi sumbangan pada Pakistan. Padahal, warga India sendiri sangat membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak, termasuk dari Shah Rukh Khan.

Namun, lagi-lagi, aksi yang dilakukan di bawah sederet yayasannya mematahkan tuduhan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.