Sukses

Histori Kota Kasablanka dan BTS ARMY Indonesia Terjalin Jauh Sebelum MyBTStory

Kota Kasablanka adalah satu dari hanya empat lokasi MyBTStory, acara kolaborasi YouTube dengan BTS.

Liputan6.com, Jakarta - Euforia perilisan album antologi BTS, PROOF, pada 10 Juni 2022 kian sulit dibendung. Di tengah kemeriahan minggu Festa yang sudah jadi tradisi debut anniversay setiap tahunnya, penggemar asal Indonesia, yang juga dikenal sebagai INDOMY, kembali dikejutkan dengan kata kunci: Kota Kasablanka.

Ya, mal di bilangan Jakarta Selatan itu terpilih sebagai satu dari hanya empat lokasi pertama MyBTStory, acara yang diinisiasi YouTube, dalam rangka memeriahkan comeback pelantun lagu We are Bulletproof : the Eternal tersebut. Tapi, ini bukan pertama kalinya histori antara BTS dan ARMY Indonesia melibatkan tempat tersebut.

Kembali ke 2015, Kota Kasablanka telah jadi saksi bisu pertemuan pertama BTS dengan INDOMY dalam acara fan meeting. Bertajuk "1st SH POWER MUSIC with BTS and KM," acara tersebut berlangsung di The Kasablanka Hall pada 11 September 2015, sehari sebelum RM berulang tahun.

Acara yang telah lama ditunggu ini menerima sambutan luar biasa dari INDOMY, lapor kanal Showbiz Liputan6.com. Selain berinteraksi langsung dengan penggemar, personel BTS juga membawakan 12 lagu saat itu, dari N.O, sampai Attack on Bangtan.

Fan meeting ini sendiri diselenggarakan sebagai ucapan rasa terima kasih pada para penggemar dari beberapa negara, termasuk Indonesia. Juga, menyusul kesuksesan fan meeting BTS di Jepang yang telah lebih dulu berlangsung pada 13--20 Agustus 2015.

Belum juga dimulai, hampir 500 ARMY Indonesia telah memenuhi area acara sejak pagi. Saat itu, tidak sedikit yang mengenakan atribut seperti bando, kaus, kipas, dan light stick yang mencirikan BTS.

Fan meeting BTS kala itu memungkinkan para penggemar mendapat kesempatan untuk bertemu dan melakukan high-five dengan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Bahkan, untuk penonton dengan tiket VVIP dapat berfoto bersama dengan ke-7 personel BTS.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhir Minggu Ini

Hampir tujuh tahun setelahnya, Kota Kasablanka sekali lagi akan meninggalkan memori baru untuk ARMY Indonesia. Terlebih, ini merupakan satu-satunya lokasi acara MyBTStory di Asia. Tempat lainnya, yakni Bryant Park, New York City; Santa Monica Pier, Los Angeles; dan Bayside Marketplace, Miami, yang mana seluruhnya berlokasi di Amerika Serikat.

MyBTStory sendiri merupakan event resmi kolaborasi antara YouTube dan BTS. Sejauh ini, diketahui bahwa acara yang dimaksud ditandai dengan penempatan logo BTS berukuran besar dan berwarna ungu.

Awalnya, akun Twitter menggoda dengan berkicau, "Calling all ARMY: 34.010090, -118.496948 💜 40.753742, -73.983559 💜 25.77860, -80.18683 💜-6.22311, 106.84268 💜," yang merupakan koordinat tempat-tempat yang kemudian diungkap, Minggu, 5 Juni 2022.

Di cuitan selanjutnya, pihaknya menulis, "hai ARMY! ada sesuatu yang mengingatkan Anda pada #BTS yang muncul di lokasi ini? kirim foto dan mungkin kami akan RT." Pihaknya menambahkan bahwa "kejutan" untuk ARMY Indonesia akan datang akhir minggu ini.

"Kami akan memberi tahu kapan kapan bisa melihatnya!" tutupnya.

3 dari 4 halaman

Kembali ke Acara Musik Korea

Setelah lebih dari dua tahun, BTS kembali ke acara musik Korea dalam periode promosi comeback mereka untuk album antologi, PROOF. Pada 3 Juni, 2022, melansir Soompi, Big Hit Music secara resmi mengumumkan bahwa BTS akan tampil di acara musik untuk "comeback mereka yang sangat dinanti."

Mulai 16 Juni 2022, BTS akan mempromosikan Yet to Come, title track dari album antologi mereka yang akan datang, di sejumlah acara musik mingguan. Grup ini akan muncul di Mnet M Countdown pada 16 Juni 2022, Music Bank KBS 2TV pada 17 Juni 2022, dan SBS Inkigayo pada 19 Juni 2022, yang mana junior dari label yang sama, Yeonjun TXT, merupakan salah satu MC.

Terakhir kali BTS tampil di acara musik adalah pada Maret 2020, selama promosi untuk album Map of the Soul: 7. Sementara itu, album PROOF dan lagu utama Yet to Come akan dirilis pada 10 Juni 2022 pukul 11.00 WIB. Di periode penantian, yang bertepatan dengan minggu Festa, ARMY telah dimanjakan dengan konten video latihan menari dari lagu-lagu lama BTS sejak pekan lalu.

4 dari 4 halaman

BTS Festa

Seperti telah disinggung, BTS telah memulai perayaan untuk ulang tahun ke-9 mereka. Setiap tahun, RM dkk merayakan hari jadi debut mereka dengan "BTS Festa," acara dua minggu yang menampilkan banyak konten baru dan kejutan untuk para penggemar.

Pada 2 Juni 2022, BTS telah meluncurkan poster Festa pertama mereka, yang mengingatkan para penggemar untuk mencatat tanggal perayaan ulang tahun ke-9 grup tersebut. Tahun ini, grup tersebut akan merilis potret keluarga terbaru, rekaman latihan dari 2013 hingga 2022, koleksi selfie 2021/2022, video makan malam tim 2022, serta lagu untuk ARMY.

Pada 3 Juni 2022 tengah malam waktu Korea Selatan, mereka menandai dimulainya perayaan Festa 2022 seperti yang selalu dilakukan dengan serangkaian foto grup "potret keluarga."

Grup ini sering menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat ulang beberapa foto masa lalu mereka yang ikonis, dan tahun ini tidak terkecuali. Bidikan pertama adalah potret menggemaskan dari salah satu potret keluarga lucu mereka dari Festa 2017, sementara foto lain membawa penggemar kembali ke saat mereka memberi penghormatan pada The Beatles di The Late Show with Stephen Colbert.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.