Sukses

Sosok Seo Hyun Jin yang Sukses di Drama Why Her?, Pernah Jadi Personel Grup Vokal

Selain pintar dalam bidang akting, Seo Hyun Jin juga dikenal sebagai penyanyi dan tergabung dalam sebuah grup.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Seo Hyun Jin kembali naik daun karena aktingnya di dalam drama SBS bertajuk Why Her?. Drama terbaru itu bergenre misteri romantis yang dijadwalkan tayang di stasiun TV Korea SBS pada Jumat, 3 Juni 2022.

Dalam drama tersebut, Seo Hyun Jin berperan sebagai Oh Soo Jae yang merupakan pengacara berhati dingin yang tumbuh hampa karena hanya mengejar kesuksesan. Ia juga beradu akting dengan Hwang In Yeop sebagai mahasiswa hukum, Gong Chan.

Tidak heran jika keduanya berhasil langsung mencuri perhatian para penggemar drama Korea akan aktingnya. Terlebih lagi Seo Hyun Jin yang sudah terjun di dunia akting sejak lama.

Ia mengawali akting perdananya dalam drama berjudul Hwang Jin Yi yang tayang pada 2006. Tidak hanya itu, ia juga pernah membintangi film pertamanya Love Me Not pada tahun yang sama.

Pada 2020, Seo Hyun Jin bermain dalam drama berjudul Record of Youth. Hyun Jin juga mulai menarik perhatian setelah tampil bagus dalam drama The Duo (2011) sebagai wanita tomboi yang kemudian menjadi kisaeng atau wanita penghibur.

Namanya mendapatkan pengakuan lebih luas melalui perannya sebagai Oh Hae Young dalam drama komedi romantis Another Miss Oh (2016) . Ia juga muncul dalam sederet drama populer lain seperti Dr. Romantic (2016–2017), Temperature of Love (2017), dan The Beauty Inside (2018), film Familyhood (2016), dan Because I Love You (2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sambutan Bagus

Di tahun lalu, Hyun Jin turut membintangi drama You Are My Spring dam beradu akting dengan Kim Dong Wook, Yoon Park dan Nam Gyu Ri. Hingga akhirnya di tahun ini, ia membintangi drama Why Her? yang berhasil mengangkat kembali namanya.

Episode pertama drama Korea (drakor) tersebut mendapat sambutan bagus, bahkan episode keduanya meraih peringkat yang lebih baik lagi. Menurut Nielsen Korea, yang dilansir melalui Soompi, tayangan drama 'Why Her?' episode kedua mencetak peringkat nasional rata-rata 6,5 persen.

Sementara itu, untuk drama baru MBC 'Doctor Lawyer, yang tayang di slot waktu yang sama dengan 'Why Her?' jatuh ke peringkat nasional rata-rata 4,2 persen untuk episode keduanya.

Selain memiliki kepintaran dalam bidang akting, Seo Hyun Jin juga dikenal sebagai penyanyi. Hyun-jin yang lahir pada 27 Februari 1985 di Distrik Dobong (sekarang Distrik Nowon), Seoul, Korea Selatan digaet oleh S.M. Entertainment. a diambil untuk debut bersama grup M.I.L.K yang berada dibawah naungan SM Entertainment.

3 dari 4 halaman

Akting dan Kuliah

Dalam grup itu, ia menjadi penyanyi utama grup vokal wanita M.I.L.K pada 2001. M.I.LK. beranggotakan empat orang. Selain Hyun Jin, ada Park Hee Bon, Kim Bomi dan Bae Yumi.

Namun, grup M.I.L.K gagal meraih ketenaran karena persaingan yang sengit dengan grup-grup musik lain. Akibatnya, salah satu anggota keluar sebelum akhirnya bubar pada 2003.

Ia sempat merilis beberapa lagu sebagai penyanyi solo setelah pembubaran grup. Hingga akhirnya, ia beralih ke dunia akting pada 2006. Di tahun itu, Hyun-jin berkesempatan tampil dalam drama musikal pertamanya The Sound of Music yang ia lihat sebagai titik balik dalam karier aktingnya.

Seo Hyun Jin mulai menempuh pendidikan tinggi di Universitas Wanita Dongduk atau Dongduk Women's University (DWU) dengan mengambil jurusan musikologi. Ia memiliki tujuan agar mimpi bermusiknya tetap hidup.

Universitas tersebut khusus perempuan yang kerap disingkat dengan DWU dan didirikan oleh seorang aktivis perempuan Korea bernama Cho Dong-Shik pada 1950. DWU memiliki fokus pada bidang sosial humaniora dan seni.

4 dari 4 halaman

Raih Banyak Penghargaan

Tak heran, banyak sekali entertainer perempuan Korea seperti Hyun Jin yang berkuliah di kampus tersebut. Ada beberapa artis alumni dari kampus ini antara lain Hyerin EXID, Minah Girls Day, Jo Eun-aw Sonamo, dan masih banyak lagi.

Sejak dulu, Seo Hyun Jin telah mendapatkan penghargaan karena aktingnya seperti Korea Drama Award pada tahun 2013 dan MBC Drama Awards pada tahun 2011 dan 2012.

Ia juga pernah memenangkan penghargaan Excellence Award, Actress in Miniseries dari ajang APAN Star Awards 2016. Selama lebih dari dua dekade berkarier, Seo Hyun Jin sempat dinobatkan sebagai artis Korea paling berpengaruh versi majalah Forbes pada 2017. Selain itu, Seo Hyun Jin menyabet penghargaan dari Korea Best Star Awards pada tahun 2018.

Hebatnya lagi, perempuan berusia 37 tahun itu sempat meraih penghargaan dari SBS Drama Awards 2016 dengan empat penghargaan. Beberapa penghargaan itu yakni Excellence Awards Actress in a Genre Drama, Top 10 Stars, Best Couple (bersama Yoo Yeon Seok), dan Idol Academy Award - Best Kiss lewat perannya di drama Dr. Romantic.

Selain penghargaan sebagai aktris, Seo Hyun Jin juga meraih penghargaan sebagai Duta Kehormatan bersama Lee Je Hoon karena rajin membayar pajak. Selain itu, ia dinobatkan sebagai Korea Power Celebrity versi Forbes pada 2016. (Natalia Adinda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.