Kate Middleton dan Meghan Markle Tak Saling Sapa Selama Kebaktian di Katedral St. Paul

Oleh Dinny Mutiah pada 05 Jun 2022, 07:01 WIB
Diperbarui 06 Jun 2022, 11:13 WIB
Kate Middleton dan Meghan Markle Ternyata Tak Saling Sapa Selama Kebaktian di Katedral St. Paul
Perbesar
Aaron Chown / POOL / AFP

Liputan6.com, Jakarta - Ketegangan hubungan antara Pangeran William dan Kate Middleton, serta Meghan Markle dan Pangeran Harry, terasa kental saat kebaktian untuk memperingati Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II dilaksanakan di dalam Katedral St. Paul. Kedua pasangan itu sama sekali tak terlihat berpapasan untuk sekadar bertegur sapa mengingat mereka sudah tak bertemu lebih dari setahun.

Dalam laporan The Sun, dikutip Sabtu, 4 Juni 2022, petugas istana bekerja keras selama berbulan-bulan untuk merancang alur agar Pangeran Harry dan William tidak bertemu muka. Kakak beradik itu duduk terpisah di dalam katedral dan tiba di gereja dalam waktu berbeda.

Kebaktian itu menjadi acara resmi kerajaan pertama yang diikuti pasangan Sussex bersama anggota senior kerajaan sejak mereka mengikuti Kebaktian Persemakmuran terakhir pada Maret 2020. Harry dikabarkan sangat marah karena 'disisihkan' di acara tersebut, sesaat setelah mereka mengumumkan akan mundur sebagai anggota senior kerajaan.

Selama kebaktian berlangsung, Meghan dan Harry duduk di sisi kiri katedral, terpisah dari pasangan William dan Kate yang duduk berdampingan dengan Pangeran Charles dan Camilla. Meghan dan Harry juga tercatat datang hampir 20 menit lebih awal dan William dan Kate yang tiba pada pukul 11.27 pagi, waktu setempat.

Harry terlihat sangat ceria selama kebaktian berlangsung. Ia duduk sebaris dengan sepupunya, Beatrice dan Eugenie, yang sudah hadir lebih dulu. Ia terlihat bercanda dan tertawa bersama teman-teman dan keluarga, walau ahli bahasa tubuh menyebut Harry sebenarnya menunjukkan tanda kecemasan.

Sementara, Kate dan Pangeran William disambut dengan sorak sorai dari masyarakat yang mengikuti acara itu di luar katedral. Kedatangan mereka diikuti pasangan Charles dan Camilla yang tiba paling terakhir mengikuti protokol kerajaan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Ikut Jamuan

Kate Middleton dan Meghan Markle Ternyata Tak Saling Sapa Selama Kebaktian di Katedral St. Paul
Perbesar
Meghan Markle dan Pangeran Harry menghadiri kebaktian di Katedral St. Paul untuk memperingati Jubilee Platinum Ratu Elizabeth II. (dok. Victoria Jones/Pool photo via AP)

Setelah kebaktian selesai, Harry dan Meghan meninggalkan lokasi satu menit lebih lambat dari anggota kerajaan senior. Keluarga itu juga tidak menemui William dan Kate di luar katedral, melainkan hanya sempat berbincang dengan Zara Tindall dan suaminya sebelum buru-buru masuk ke mobil.

Harry dan Meghan langsung meninggalkan London tanpa mengikuti jamuan kerajaan. Mereka tiba di Frogmore Cottage, tempat mereka menginap selama di Inggris, sebelum pukul 14.30, waktu setempat. Pasangan itu terlihat tertawa dan tersenyum lepas saat mereka duduk di kursi penumpang Range Rover.

Konflik antara William dan Harry dimulai saat William menanyai adiknya perihal hubungannya dengan Meghan. Menurut biografi Finding Freedom, William meminta Harry untuk tidak terburu-buru.

"Luangkan waktu sebanyak mungkin untukmu lebih mengenal gadis ini," ucap William saat itu.

Penulis biografi itu, Omid Scobie dan Carolyn Durand mengatakan frase 'gadis ini' sontak memancing kemarahan Harry. Hubungan dua putra Putri Diana itu semakin memburuk ketika Meghan menuduh staf istana merundungnya. 

William "mengusir Harry" setelah pertengkaran hebat ketika dia mengetahui tuduhan Meghan. Kemarahan di antara mereka begitu besar, sampai-sampai William memisahkan rumah tangganya sepenuhnya dari rumah Harry, kata ahli kerajaan.


Kunjungan ke Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry dan Meghan Markle di rangkaian acara Platinum Jubilee dari Ratu Elizabeth II
Perbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle di rangkaian acara Platinum Jubilee dari Ratu Elizabeth II. Keduanya beranjak dari St Paul's Cathedral. Dok: AFP/Youtube

Sementara sang kakak sibuk menyelesaikan tugas kerajaan, Harry dan Meghan dikabarkan segera menemui Ratu Elizabeth II. PageSix melaporkan, pasangan itu membawa serta anak mereka, Archie dan Lilibet, menemui nenek buyut mereka.

Keduanya sebenarnya sudah sempat mempertemukan Lilibet dengan Ratu Elizabeth II sesaat setelah mendarat di London pada Rabu, 1 Juni 2022. Pasangan itu kembali menemui ratu di Kastil Windsor pada Jumat sore, beberapa jam sebelum Lilibet merayakan ulang tahun pertamanya.

Keluarga kerajaan dikabarkan akan merayakan pertambahan umur balita itu dengan pesta tertutup pada Sabtu, 4 Juni 2022. Hal itu bisa dilakukan karena ratu membatalkan rencana menghadiri acara pacuan kuda Epsom Derby karena masalah kesehatan.

Sang ratu juga tak menghadiri acara kerajaan setelah tampil di Trooping the Colour pada Kamis, 2 Juni 2022. Ia merasa 'tidak nyaman' setelah menghadiri acara untuk memperingati 70 tahun ia berkuasa. 

Lilibet selama ini belum pernah bertemu dengan Ratu Elizabeth karena tinggal di beda benua. Ia lahir di Amerika Serikat, setelah orangtuanya memutuskan untuk mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

 


Low Profile

Hadiri Parade Trooping the Color, Meghan Markle Tampil Menawan Berbalut Gaun Warna Biru Navy
Perbesar
Meghan Markle dan Pangeran Harry tampak menghadiri parade Trooping the Color meski tak tampil di pawai dan balkon istana. Intip potret penampilannya berikut inI! (Twitter/@scobie).

Selama di Inggris, Meghan dan Harry sedapat mungkin berada jauh dari sorotan publik. Itu demi menghindari drama tak perlu seperti yang terjadi selama ini. Seorang sumber kepada Daily Mail mengatakan para petugas istana 'sangat menyadari' ini. Mereka lalu membuat rencana untuk memastikan Sussex hanya akan menghadiri acara dengan interaksi minimal antar-bangsawan senior lainnya di depan umum.

Ditanya apakah pasangan itu akan muncul di acara lain akhir pekan ini, baik sendiri atau bersama anak-anak mereka, sumber itu mengatakan, "Saya benar-benar tidak mengharapkan mereka dalam segala hal."

Kehadiran mereka telah "dikontrol dengan hati-hati" sejak saat Ratu mengirim mobil untuk menjemput mereka dari pesawat pribadi mereka. Scobie, yang bersahabat dengan Meghan, mengatakan kepada BBC Breakfast bahwa "orang-orang yang dekat dengan pasangan itu" mengatakan mereka "ingin bersikap sejauh mungkin dari sorotan kamera selama perjalanan ini". Buktinya, pasangan Harry dan Meghan tak didampingi kameramen. 

Sementara hubungan dengan William dan Kate masih tampak tegang, sebaliknya tampaknya berjalan dengan baik. Keluarga Sussex telah memperkenalkan bayi Lilibet kepada nenek buyutnya, dan diyakini mereka juga menghabiskan waktu bersama Charles dan Camilla.

 

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur
Perbesar
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya