Menikmati Pesona Alam Desa Arborek di Papua Barat

Oleh Gilar Ramdhani pada 04 Jun 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 04 Jun 2022, 12:30 WIB
Menikmati Pesona Alam Desa Arborek di Papua Barat
Perbesar
Pulau Arborek.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara kepulauan. Salah satu pulau yang menarik para wisatawan asing (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) adalah Papua.

Ketika mendengar kata Papua yang terbesit dipikiran adalah gugusan pulau-pulau dengan keindahan panorama yang tiada tara, yaitu Raja Ampat. Pesona yang hanya kamu temukan #DiIndonesiaAja kali ini ada di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Adalah Desa Wisata Arborek.

Ini merupakan desa yang masuk 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Lalu, pesona alam apa saja sih yang bisa kamu nikmati di Desa Arborek?

Diving di Raja Ampat.
Perbesar
Diving di Raja Ampat.

Pertama, kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dengan keindahan alam bawah laut yang memesona. Pantai di sekitar Arborek yang eksotis membuatmu ingin melihat langsung panorama bawah laut yang memamerkan terumbu karang indah dan ikan-ikan cantik.

Surga bawah laut yang dapat kamu nikmati dengan snorkeling itu karena warga Desa Arborek mengembangkan bibit-bibit terumbu karang, untuk tetap menjaga kelestarian ekosistem bawah lautnya.

Kerajinan khas Arborek
Perbesar
Kerajinan khas Arborek, Raja Ampat.

Selain itu, di desa yang terletak di ujung timur Indonesia ini, kamu juga dapat melihat hasil kerajinan tangan warga Arborek, berupa anyaman berbahan dasar daun pandan, yaitu Bayay. Masyarakat di Desa Arborek juga mendapat dukungan dari Kemenparekraf untuk mengembangkan produk kreatif tersebut yang kini banyak menarik minat wisatawan untuk #BeliKreatifLokal.

Buat kamu yang penasaran dengan pesona alam dan budaya di Desa Arborek, cek video di bawah ini!

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya